Penting! 5 Cara Ini Mendukung Kesehatan Mental pada Anak

Kesehatan mental itu penting diperhatikan lho, Ma!

25 Oktober 2018

Penting 5 Cara Ini Mendukung Kesehatan Mental Anak
Unsplash/Jyotirmoy Gupta

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga tentu memiliki masalah di dalam hidupnya. Usianya yang masih kecil terkadang membuatnya belum bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Saat ditunda untuk diselesaikan masalah-masalah yang terjadi pada si Anak pun bisa membuat dirinya merasa depresi. 

Saat Mama mengetahui si Anak mulai terlihat memiliki masalah atau terjadi perubahan perilaku, ada baiknya untuk segera membantunya. Perlu disadari kalau kesehatan mental itu sama pentingnya seperti kesehatan pada fisik.  

Bentuk dukungan yang Mama berikan terhadap permasalahaan mental si Anak perlu dinomorsatukan. Anak-anak yang kurang mendapatkan perhatian orangtuanya justru menjadikan masalahnya beban tersendiri bahkan ada usaha untuk menyelesaikan masalah dengan jalan pintas.  

Untuk Mama yang ingin memberikan dukungan ke si Anak dalam menjaga kesehatan mental, berikut beberapa tips dari Popmama.com yang bisa dilakukan. 

1. Mencoba metode ‘emotional volcano’

1. Mencoba metode ‘emotional volcano’
Unsplash/Bruno Naschimento

Melalui metode ‘emotional volcano’ si Anak bisa menggambarkan sebuah gunung api di papan tulis, kemudian Mama bisa menjelaskan kepadanya kalau setiap orang memiliki perasaan yang berbeda-beda di sepanjang hari. Namun, dalam mengungkapkan perasaan semua orang bisa memilih antara menahan atau justru mengeluarkan emosinya seperti gunung merapi yang sedang meletus. 

Menurut Hurley, dirinya mencatat bahwa ada banyak orangtua yang menganggap perilaku ini sebagai akibat penumpukkan dari berbagai macam masalah. Padahal inti permasalahanya yaitu saat sebuah ledakan emosi yang tidak bisa ditangani. 

Untuk itu, sebelum terlambat pemahaman mengenai metode ‘emotional volcano’ penting untuk diajarkan. Ini bisa berguna agar anak-anak bisa lebih terbuka dan berbicara mengenai perasaan yang sedang dihadapinya. Metode ini juga akan membantu si Anak dalam melepaskan beban mereka satu demi satu agar permasalahannya cepat selesai. 

Editors' Picks

2. Memberikan contoh dan perhatian melalui sebuah kebiasaan

2. Memberikan contoh perhatian melalui sebuah kebiasaan
Freepik

Anak mama di rumah sering bermain game atau sosial media nggak nih?  

Jika iya, si Anak tentu akan memicu efek berbahaya terhadap perilaku, suasana hati, jadwal tidur hingga kesehatan secara keseluruhan. 

Sebagai orangtua, Mama juga perlu menjadi panutan dalam memberikan contoh dan perhatian si Anak. Dengan begitu anak-anak yang diberikan perhatian lebih akan merasa nyaman, sehingga ia dapat mengekspos dan lebih bercerita mengenai masalah yang sedang dihadapinya. 

Anak yang terbiasa bercerita dapat membantu dirinya mengungkapkan segala permasalahan yang sedang terjadi padanya. Jika ini terus dilakukan, ia akan terhindar dari depresi bahkan stres karena tidak bisa menyelesaikan segala permasalahan di hidupnya.  

Baca juga: Jangan Diabaikan! 5 Tanda Penyakit Mental Ini Bisa Dialami Anak-Anak

3. Mengajari anak meditasi

3. Mengajari anak meditasi
Freepik

Pernah menerapkan meditasi untuk menenangkan si Anak dari segala permasalahan hidupnya belum nih, Ma? 

Perlu Mama ketahui nih kalau meditasi sangat baik karena mampu memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meditasi sendiri sangat bermanfaat untuk si Anak baik secara fisik dan mental. Meditasi menjadi cara yang paling mudah dalam mengatasi kecemasan dan tingkat stres akibat permasalahan hidup. 

Penerapan meditasi secara teratur bisa membantu kesehatan mental si Anak lebih terjaga dan membuat pikiran menjadi tenang. Meditasi menampilkan berbagai gerakan hingga pelatihan saat bernapas. Metode ini juga bisa melatih ia untuk latihan bersyukur. 

Jika Mama ada waktu luang, tidak ada salahnya untuk melakukan meditasi bersama. 

4. Berusaha menenangkan perubahan perilaku anak 

4. Berusaha menenangkan perubahan perilaku anak 
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Si Anak yang memiliki masalah tentu akan terlihat perubahannya seperti perubahan ekspresi atau perilaku. Sebagai orangtua, Mama harus secara otomatis menafsirkan ekspresi wajah anak-anak. Ada baiknya bisa memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan permasalahan yang sedang terjadi. 

Perlu Mama tahu kalau sebenarnya begitu penting dalam menenangkan kondisi kejiwaan anak-anak. 

Mama bisa berusaha memberikan kontak fisik berupa pelukan atau sebuah ciuman. Lewat kehangatan pelukan yang diberikan Mama, si Anak akan mendapatkan perasaan yang nyaman. 

Baca juga: Ini Cara Tepat Menenangkan Anak Mama yang Cemas dan Panik

5. Mendorong untuk menulis sebuah diari

5. Mendorong menulis sebuah diari
Unsplash/Hannah Olinger

Menjadi orangtua memang tidak mudah bahkan cenderung akan ada masa-masa sulit saat si Anak sedang menghadapi masalah. Dalam memproses stres atau trauma yang terjadi pada anak-anak memang tidak mudah, orangtua perlu melakukan berbagai cara demi menyelesaikan permasalahannya. 

Saat sedang menghadapi sebuah masalah terkadang anak-anak kurang bisa berpikir dalam menyelesaikan permasalahannya. Namun, si Anak memiliki keinginan untuk berjuang agar masalahnya benar-benar terselesaikan.  

Mama bisa membantu menyelesaikan permasalahan si Anak dengan berbagai metode, salah satunya mengajarkan dirinya untuk menulis sebuah diari. Dengan menulis, ia secara bebas dapat menuangkan segala perasaan hingga harapan mengenai permasalahan yang sedang dihadapinya. 

Tetap semangat agar si Anak memiliki kesehatan mental yang baik dan tentunya positif. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.