5 Cara Cerdas Menghadapi Ibu Mertua yang Manipulatif

Orang yang manipulatif biasanya senang menghasut orang lain

13 Januari 2022

5 Cara Cerdas Menghadapi Ibu Mertua Manipulatif
Freepik/pressfoto

Apakah mertua mama mirip dengan karakter menyebalkan yang biasa muncul di sinetron? Kalau begitu, sepertinya Mama menjalani kehidupan pernikahan yang tak mudah dan penuh dengan tantangan. 

Semua istri tentunya menginginkan seorang mama mertua yang baik hati dan penuh kasih sayang, namun beberapa perempuan harus terjebak dengan mama mertua yang pintar, licik dan terkesan manipulatif.

Untuk menyikapinya, Mama tentu harus melangkah dengan sangat hati-hati saat berada di sekitar mertua. Jika salah sedikit, siap-siap untuk terkena amarah besarnya.

Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara cerdas menghadapi mama mertua yang manipulatif. Dilansir dari Times of India disimak rangkumannya yuk, Ma!

1. Menyakinkan mertua mengenai posisinya

1. Menyakinkan mertua mengenai posisinya
Freepik/Prostooleh

Sebagian mertua mungkin diam-diam berpikir bahwa Mama telah menggantikannya sebagai sosok perempuan nomor satu dalam kehidupan putranya. Hal ini bisa menciptakan konflik besar di antara kalian berdua.

Hal yang harus Mama lakukan, yakni berusaha menyakinkan mertua bahwa posisi sejauh ini masih sangat berpengaruh dalam kehidupan putranya. Ini terlepas dari keberadaan Mama sebagai seorang istri.

Dari kejadian yang ada, Mama pun menjadi lebih memahami bahwa seiring bertambahnya usia yang diinginkan semua perempuan adalah sebuah kepastian akan identitas dan posisi mereka.

Editors' Picks

2. Mencoba sering mengobrol tentang segala hal

2. Mencoba sering mengobrol tentang segala hal
Freepik

Ini mungkin terdengar melelahkan, tetapi dapat membantu Mama untuk jangka waktu panjang nantinya. Cobalah untuk sering-sering mengobrol dengan mertua mengenai setiap hal-hal kecil yang terjadi di rumah. 

Semakin Mama mencoba lebih sering untuk mengobrol dengan mertua, maka kalian berdua akan semakin lebih akrab dan saling jujur satu sama lain. Terkadang, Mama juga bisa berpura-pura setuju dengannya untuk mendapatkan sisi baiknya. 

3. Mengatasi perselisihan dengan cara yang cerdas

3. Mengatasi perselisihan cara cerdas
womanitely.com

Jika terjadi perselisihan yang tidak terkendali antara Mama dan mertua. Pertama, Mama harus tenang dan jangan menjawabnya dengan lantang.

Biasanya mertua sering kali menolak untuk mendengarkan cerita dari sudut pandang Mama. Maka dari itu, tidak ada gunanya mencoba membuat mereka mengerti. Pada saat seperti itu, sebaiknya Mama pura-pura mengangkat panggilan telepon yang mendesak dan tinggalkan ruangan. 

4. Merayakan hari istimewanya bersama

4. Merayakan hari istimewa bersama
Pexels/Andrea Piacquadio

Kejutan di perayaan hari ulang tahunnya dan kartu ucapan sederhana cukup membuat mertua mama terharu. Sebab ia akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan, apalagi dengan menantunya sendiri. 

Sesekali Mama juga bisa mengajaknya pergi dan menghabiskan waktu bersama, misalnya melakukan spa atau makan bersama di luar. 

5. Jangan melibatkan suami saat terjadi konflik

5. Jangan melibatkan suami saat terjadi konflik
Freepik/bearfotos

Ketika Mama mulai mengeluhkan kelakukan mertua kepada suami, hati-hati hal tersebut bisa membuat mama mertua semakin marah. Dia tidak hanya merasa terancam oleh posisi Mama dalam keluarga. Bisa-bisa mertua mama juga akan mencoba menjelek-jelekkanmu di depan suami.

Sebelum hal buruk terjadi, alangkah baiknya jangan libatkan suami saat terjadi pertengkaran dengan mertua. Cobalah kendalikan situasi dengan berbicara pelan-pelan dengan mertua. Jika tetap tak mau mendengarkan beri dia waktu untuk memahami Mama.

Nah, Ma itulah cara cerdas menghadapi ibu mertua yang manipulatif. Semoga hubungan Mama dan mertua selalu akur ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.