TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Ciri Suami yang Sedang Menyembunyikan Sesuatu

Curiga suami sedang menyembunyikan sesuatu? Kenali ciri-cirinya lebih lanjut!

14 Agustus 2022

7 Ciri Suami Sedang Menyembunyikan Sesuatu
Freepik/freepik

Dalam menjalin hubungan, kepercayaan menjadi faktor yang sangat penting. Kebohongan dalam suatu hubungan dapat merusak kepercayaan atau bahkan meruntuhkan jalinan asmara, terutama dalam bahtera rumah tangga.

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan memiliki insting yang kuat bila terhadap pasangannya. Namun, bila Mama merasa ragu apakah suami sedang menyimpan rahasia atau tidak, ada baiknya perlu memastikan dahulu sebelum mengungkapkan pada pasangan.

Salah satu cara untuk mendeteksi apakah suami sedang berbohong dengan melihat pada tanda-tanda tertentu. Meski kebiasaan setiap orang berbeda, namun terdapat beberapa hal yang “umum” dilakukan oleh suami yang sedang menyembunyikan sesuatu lho, Ma.

Lantas, apa saja ciri-ciri yang nampak pada suami saat sedang menyembunyikan sesuatu? Kali ini Popmama.com telah merangkum ciri suami yang menyembunyikan sedang sesuatu.

Yuk Ma, disimak!

1. Mendadak tertutup akan topik tertentu

1. Mendadak tertutup akan topik tertentu
Freepik/wavebreakmedia_micro

Bila suami mendadak menjadi tertutup terhadap topik tertentu atau bahkan mengalihkan topik pembicaraan, maka hal ini bisa menjadi salah satu ciri bahwa ia sedang disembunyikan sesuatu.

Terutama bila suami memberikan informasi yang minim atau bahkan tidak memberi tahu sama sekali mengenai keberadaannya, bahkan terkait apa yang sedang mereka lakukan. Hal ini dapat menjadi pertanda terbesar bahwa ada yang ditutupi oleh suami nih, Ma.

2. Menceritakan terlalu detail

2. Menceritakan terlalu detail
Freepik/DCStudio

Sebaliknya, menceritakan detail secara berlebihan juga bisa menjadi pertanda yang patut dicurigai. Hal ini umumnya dilakukan oleh orang yang sedang berbohong guna mengurangi risiko kecurigaan pasangan.

Tentunya hal ini hanya berlaku dalam kondisi yang kurang wajar atau terasa aneh ya, Ma. Seperti misalnya ketika Mama menanyakan pertanyaan sederhana, namun suami menjawab dengan menjabarkan detail-detail yang tidak terlalu penting.

Editors' Picks

3. Menghindar dan jarang menghabiskan waktu bersama

3. Menghindar jarang menghabiskan waktu bersama
Freepik/freepik

Umumnya, terdapat perasaan bersalah pada diri orang yang sedang berbohong. Besar kemungkinan ketika suami berbohong, mereka akan menghindar untuk menghabiskan waktu bersama Mama.

Selain karena rasa bersalah, menghindar juga menjadi cara untuk menjaga rahasia yang sedang disimpan. Hal ini karena menghabiskan waktu bersama dapat meningkatkan potensi terbongkarnya rahasia secara tidak sengaja.

4. Melarang pasangan mengecek ponselnya

4. Melarang pasangan mengecek ponselnya
Freepik/wayhomestudio

Ponsel pribadi memang menjadi privasi bagi masing-masing individu meskipun telah menikah. Meski begitu, seharusnya isi ponsel bukan menjadi sesuatu yang terlarang untuk dilihat oleh pasangan masing-masing.

Hal yang patut Mama curigai, yakni ketika suami menggunakan ponsel secara mengendap-endap, menggunakan pada waktu-waktu tertentu atau bahkan enggan menjawab bila ditanya mengenai sosok yang sedang dihubungi.

5. Perubahan pada kebiasaan seks

5. Perubahan kebiasaan seks
Freepik/jcomp
Ilustrasi air mani tidak keluar saat seks tetap bisa bikin hamil

Perubahan pada kebiasaan seks juga bisa mencari pertanda bahwa suami sedang berbohong lho, Ma.

Seperti misalnya menjadi enggan berhubungan karena menghindari Mama atau sebaliknya, bahkan tak jarang sangat aktif mengajak bercinta untuk menutupi kecurigaan.

Bila terjadi perubahan kebiasaan seks yang drastis dan tiba-tiba, maka hal ini patut dicurgai. Terutama bila diiringi oleh tampaknya ciri-ciri lain. 

6. Lebih sibuk dengan pekerjaannya

6. Lebih sibuk pekerjaannya
Freepik/LipikStockMedia

Menyibukkan diri dengan pekerjaan bisa menjadi pengalihan perhatian yang besar ketika seseorang sedang berbohong. Dengan begitu, mereka dapat menghindari rasa bersalah yang dirasakannya.

Hal ini menjadi ciri-ciri yang perlu dicurigai bila perubahan terjadi secara besar dan janggal daripada biasanya. Misalnya, bila umumnya suami lembur satu kali dalam seminggu, kini lembur menjadi lebih dari tiga kali dalam seminggu.

7. Sering melakukan gaslighting

7. Sering melakukan gaslighting
Freepik/freepik

Seseorang yang bohong akan cenderung memperkuat pertahanan dirinya. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan gaslighting atau memanipulasi secara verbal. Gaslighting dapat berdampak buruk bagi kondisi emosional mama.

Misalnya ketika Mama mengungkapkan kegelisahan dan kecurigaan yang dirasakan, justru suami memberikan respons yang menyudutkan Mama seperti “Itu hanya perasaan kamu” atau “masalahnya bukan aku, tetapi perasaan kamu”.

Itulah ciri-ciri suami yang sedang menyembunyikan rahasia. Bila Mama melihat ciri-ciri seperti di atas, segera bicarakan dengan pasangan. Perasaan curiga dalam hubungan bisa berdampak negatif pada diri sendiri, lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk