Eksklusif: Acha Septriasa Cerita Peran Suami yang Saling Melengkapi dalam Pola Asuh Anak

Acha Septriasa dan Vicky Kharisma kompak dan memberikan yang terbaik untuk mengasuh dan memastikan tumbuh kembang sang Anak

10 September 2020

Eksklusif Acha Septriasa Cerita Peran Suami Saling Melengkapi dalam Pola Asuh Anak
Popmama.com/Aveline Gunawan

Sebagai seorang Mama, Acha Septriasa ingin memberikan pola asuh terbaiknya kepada anaknya, Bridgia Kalina Kharisma (3). Salah satu poin yang sangat penting diajarkan dari Acha kepada anaknya yang akrab disapa Brie adalah soal kejujuran.

“Saya mendorong anak harus belajar jujur, itu penting. Saya sendiri tidak pernah berbohong kepada dia bahkan untuk hal-hal yang kecil. Misalnya, saya jelaskan akan pulang jam berapa dan hal-hal lain seperti akan syuting dan bepergian. Walaupun bikin dia sedih, tapi its better for her to know the truth,” jelas Acha dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Berbagi peran dalam pengasuhan anak kepada sang Suami dipandang oleh Acha sangat penting. Menurutnya, peran Papa dalam mendidik dan mengasuh anak bersama Mama akan membuat anak juga memiliki karakter yang lengkap.

Bagaimana cerita Acha tentang sang Suami dalam mengasuh Brie? Berikut Popmama.com rangkum cerita Acha Septriasa yang menjadi Millenial Mama of The Month September 2020!

1. Ingin selalu beri anak masakan rumah, Acha ajari suami masak

1. Ingin selalu beri anak masakan rumah, Acha ajari suami masak
Popmama.com/Aveline Gunawan

Salah satu hal unik yang diceritakan Acha mengenai pola asuh anak adalah ia ingin Brie selalu menyantap masakan rumah. Sejauh ini, Acha selalu berusaha memberikan anaknya hasil masakannya.

Namun, kadang kesibukannya sebagai aktris membuatnya tidak sempat masak makanan Brie. Agar tetap memberikan gizi seimbang untuk Brie, Acha mengajari suaminya untuk masak makanan dengan resep yang mudah.

“Saat lagi syuting di luar negeri, Vicky di Australia. Saya mengajarkan Vicky masak, dulu masak makanan-makanan yang memang ada yang instan. Tidak menampik, kita juga masih makan nugget dan lainnya kalau sedang butuh dan dia harus makan cepat. Cuma sekarang sudah bisa buat makanan rumah dan sandwitch isi,” tutur Acha.

Editors' Picks

2. Acha dan Suami saling melengkapi dalam pola asuh kepada Brie

2. Acha Suami saling melengkapi dalam pola asuh kepada Brie
Popmama.com/Aveline Gunawan

Acha mengaku ia bukan tipe Mama yang harus menuntut sempurna sosok suami. Acha bersyukur karena suaminya, Vicky Kharisma sangat mendukung penuh pola asuh terbaiknya kepada Brie.

Sebagai seorang Papa, Acha melihat sosok Vicky sudah bertindak sebagai seorang Papa yang tepat. Ia menyebut suaminya selalu memiliki tindakan yang jelas untuk mengasuh Brie bersama dirinya.

“Kadang tidak dalam kata-kata, tapi dia berusaha menunjukkan dan dia belajar dari kesalahan,” jelas Acha.

Acha juga menyebut pola asuh yang ia terapkan dengan suaminya ini saling melengkapi satu sama lain. Sehingga mereka kompak dan bekerja sama untuk mendidik Brie di Negeri Kanguru itu.

3. Vicky adalah sosok Papa yang ingin dekat dengan anak perempuannya

3. Vicky adalah sosok Papa ingin dekat anak perempuannya
Popmama.com/Aveline Gunawan

Ada satu hal yang membuat Acha terpukau dengan suaminya. Disebutkan kalau Vicky adalah sosok Papa yang ingin sangat dekat secara emosional dengan anak perempuannya.

“Vicky hadir sebagai sosok Papa yang melengkapi pola asuh Brie. Dia adalah Papa yang ingin dekat dengan anak perempuannya,” jelas Acha.

Acha dan Vicky berusaha selalu terbuka berdiskusi dengan sang Suami terkait pola asuh. Bahkan sebagai anak, Brie juga turut serta jika memang ada hal yang membuat dirinya merasa ada hal yang tidak nyaman dengan orangtuanya. "Misalnya, jika Brie sedang membaca, lalu saya atau suami memnanggilnya, Brie akan bilang kalau dia sedang membaca, jadi kita harus menghargai pilihannya,"

“Yang penting kalau misalnya ada yang kurang tepat di hati, kita ingin komunikasi langsung dan terbuka. Jadi, anak juga jadi tahu bahwa yang terbaik itu misalnya seperti ini,” tuturnya.

4. Belajar ‘menabung’ banyak hal, tak hanya materi

4. Belajar ‘menabung’ banyak hal, tak ha materi
Popmama.com/Aveline Gunawan

Bentuk kebahagiaan terbesar tentunya adalah kenangan dan memori indah sebagai keluarga. Oleh karenanya, Acha sebagai Mama juga ingin bisa terus belajar seiring tumbuhnya Brie. Tak hanya itu, ia dan Vicky memandang jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

“Dia selalu ajarkan untuk ‘I am here’ jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan, dan untuk selalu bisa menabung banyak hal untuk kemudian hari. Dari segi materi, pengalaman, dari segi kesempatan, serta kemauan,” tuturnya.

Sebagai suami, Vicky juga mendukung segala hal yang Acha lakukan dalam karier dan dirinya sebagai pribadi yang mandiri. Hal ini karena Vicky sebagai suami dan Papa bagi Brie berusaha untuk selalu hadir secara fisik dan emosional untuk keluarganya.

“Pokoknya suami mendukung sekali kalau saya ada kesibukan baru. Banyak deh hal-hal yang kalau kamu pengen lakukan, ya lakukan,” ungkap Acha.

5. Banyak sisi Vicky yang tampil serba bisa di depan Brie

5. Banyak sisi Vicky tampil serba bisa depan Brie
Popmama.com/Aveline Gunawan

Sebagai seorang Papa, Vicky ingin selalu jadi yang terdepan untuk memberikan segala hal kepada putrinya. Diungkapkan Acha kalau Vicky memiliki berbagai sisi yang selalu ia tampilkan kepada Brie.

Papa Vicky juga selalu mendukung aktivitas Brie dan bertindak sebagai Papa yang kuat dan melindungi anaknya tersebut.

“Dia Papa yang ingin kelihatan selalu memanjakan anak, selalu mendukung anak, atau Papa yang lebih kayak kelihatan strong di depan anaknya, semua itu berjalan natural saja seiring pertumbuhan Brie,” ujar Acha.

Itulah tadi Acha Septriasa yang membagikan cerita pola asuhnya yang didukung oleh sang Suami. Sebagai orangtua yang tinggal di negeri orang, Acha dan Vicky selalu menerapkan pola asuh yang menurutnya cocok untuk sang Anak. Sebagai orangtua, pasangan ini selalu mendukung bakat dan aktivitas kreatif sang Anak.

#MillennialMama of the Month Edisi September 2020 – Acha Septriasa

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Shalsabilla Nursyah
Photographer - Aveline Gunawan 

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Acha Septriasa
Millennial Mama

Acha Septriasa

"Menjadi Mama membuat saya lebih matang"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.