Demi Seks Berkualitas, 5 Cara Antisipasi Stres Pasangan saat Bercinta

Stres bisa datang dan pergi, tapi bisa diantisipasi dengan cara ini

2 Agustus 2021

Demi Seks Berkualitas, 5 Cara Antisipasi Stres Pasangan saat Bercinta
Freepik/jcomp

Apakah Mama pernah melihat suami menjadi lebih pemurung dan mudah tersinggung jika di rumah? Jika iya, mungkin suami sedang dilanda stres dan sedang mengalami masalah yang belum sempat diceritakan.

Stres yang tidak kunjung ditangani dengan baik bisa berimbas pada semua aspek kehidupan. Ini dapat berdampak buruk terhadap hubungan di rumah, pekerjaan dan kehidupan seks.

Padahal, jika sedang stres, maka tingkat keintiman seks menjadi kurang. Kehidupan seks pun akan bermasalah, bahkan menjadi sulit memuaskan satu sama lainnya di atas ranjang.

Sebagai seorang istri, adakalanya suami perlu dibantu untuk mengatasi dan mengantisipasi stres ini.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi stres pasangan, sehingga tidak berpengaruh pada hasrat dan kualitas seks saat sesi bercinta.

1. Prioritaskan tidur lebih cepat

1. Prioritaskan tidur lebih cepat
Freepik/drobotdean

Kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang merupakan salah satu penyebab terjadinya stres, sehingga bisa menggangu keseimbangan hormonal.

Hormon ini yang berpengaruh jika kualitas tidur yang rendah, sehingga akan berdampak pada mengurangi kadar testosteron. Selain itu, mampu mengacaukan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Perlu diketahui bahwa orang yang secara konsisten tidur kurang dari enam jam setiap malamnya, maka lebih rentan terhadap keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat tinggi.

Bagi laki-laki, hal ini juga bisa mengarah dan berdampak mengacaukan kadar testosteron. Maka dari itu, diusahakan tidur lebih cepat dan mengurangi begadang apalagi untuk hal-hal yang dirasa kurang penting.

Sebelum mulai stres karena kurang tidur, penting sekali untuk mempriotitaskan tidur cepat. Ini dilakukan demi menjaga kadar testosteron dan kualitas seks yang baik.

Editors' Picks

2. Berhenti bekerja, setidaknya dua jam sebelum tidur

2. Berhenti bekerja, setidak dua jam sebelum tidur
Freepik/senivpetro

Faktor stres bisa juga timbul dari pekerjaan yang mungkin belum selesai, padahal sudah waktunya istirahat. Ini juga termasuk seringnya bekerja di rumah atau work from home yang berpotensi mengacaukan waktu istirahat.

Dikarenakan waktu bekerja di rumah terkesan fleksibel, sehingga kebanyakan orang mengerjakannya pada malam hari. Padahal itu tidak baik untuk dilakukan, lho!

Jam di malam hari merupakan waktu yang tepat untuk istirahat. Cobalah untuk membuat komitmen bahwa malam sebaiknya tidak terlalu sering dipakai untuk bekerja.

Daripada terus berada di depan laptop, lebih baik tidur teratur di waktu yang tepat. Demi kebiasaan positif ini terlaksana dengan baik, maka usahakan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai dengan waktunya.

3. Tidak menggunakan barang-barang elektronik setelah pukul 10 malam

3. Tidak menggunakan barang-barang elektronik setelah pukul 10 malam
Pixabay/Free-Photos

Saat mencoba tertidur disarankan untuk tidak menggunakan ponsel, tablet, laptop atau alat elektronik jenis apapun. Kebiasaan ini perlu rutin dilakukan, apalagi kalau sudah di atas pukul 100 malam.

Ini jelas berpengaruh pada pola tidur yang sebaiknya dijaga dan diperhatikan dengan baik. Jika dilanggar, maka bisa menggangu produksi dopamin karena seringnya menatap layar ponsel atau alat elektronik lainnya.

Simpan semua barang yang berkaitan dengan alat eletronik, lalu mulailah tertidur. Percayalah, jika itu bisa diterapkan dengan baik dan konsisten tentu akan berpengaruh pada seks yang intim bersama pasangan.

Daripada melihat orang lain di aplikasi Instagram dan Facebook, alangkah lebih baik jika waktunya dipakai untuk berpelukan pasangan dan tertidur di sampingnya. Kondisi tersebut jua bisa membuat pasangan merasa lebih nyaman.

4. Usahakan untuk menjaga kamar pada suhu yang sejuk

4. Usahakan menjaga kamar suhu sejuk
Pexels/Andrea Piacquadio

Memang ketika cuaca sedang dingin, tidur kadang lebih nyenyak. Ini ternyata bukan hanya isapan jempol belaka, lho.

Hanya saja perlu diingat bahwa jangan tidur dalam keadaan AC menyala, apalagi saat tidur tidak mengenakan pakaian. Hal tersebut justru bisa membuat kesehatan menurun.

Jika tinggal di daerah yang panas, tak ada salahnya tidur dengan pasangan dalam keadaan telanjang. Apabila kondisi cuaca sedang dingin, cobalah tidur dengan selimut tebal dan hangat agar lebih nyenyak.

5. Pastikan jangan simpan ponsel berdekatan dengan tempat tidur

5. Pastikan jangan simpan ponsel berdekatan tempat tidur
Pexels/Lisa Fotios

Nah, ini nih bisa jadi salah satu penyebab mengapa tidur lebih sulit. Hal yang sering terjadi, yakni kita selalu tergoda dengan dunia maya di media sosial atau aplikasi lainnya.

Ini mungkin terjadi karena sudah menjadi sebuah kebiasaan. Apalagi sebagian orang merasa perlu mengecek dulu semua media sosial miliknya, sehingga baru bisa tidur.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa kebiasaan tersebut sangat tidak baik. Kebiasan buruk tersebut justru akan memicu stres, bahkan kondisi kesehatan bisa menjadi lebih buruk. Ingatlah bawha otak kita butuh istirahat, maka simpan ponsel lebih jauh dari jangkauan tempat tidur.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Mama perhatikan ketika ingin mengantisipasi suami stres di rumah. Apalagi pada akhirnya bisa berdampak buruk pada kehidupan seks yang intim.  

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.