Bacaan Doa saat Menghadapi Kesulitan Rumah Tangga

Yuk, selalu berikhtiar dan tetap mengamalkan doa di bawah ini!

28 Januari 2022

Bacaan Doa saat Menghadapi Kesulitan Rumah Tangga
Pexels/Thirdman

Banyak yang bilang bahwa rumah tangga merupakan sebuah seni tersendiri. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai cara masing-masing dalam menjalani rumah tangganya.

Tak jarang memang setelah menikah, banyak cobaan yang menghampiri, bahkan mesti disikapi dengan komunikasi yang intens serta kesabaran.

Selain itu, pasangan suami istri bisa membaca doa untuk meminta pertolongan Allah dalam menjalani kesulitan berumah tangga.

Jika sedang mencari doa untuk menghadapi kesulitan rumah tangga, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara lebih detail. 

Editors' Picks

Membaca Surat Ar-Ra’d ayat 11

Membaca Surat Ar-Ra’d ayat 11
Pixabay/cahiwak

Dikala sedang kesulitan, selain berdoa, sebaiknya tetap berusaha untuk mencoba menyelesaikan masalah yang ada bersama pasangan.

Perlu diingat bahwa Allah akan mengubah suatu kaum, jika kaumnya sendiri yang berusaha mengubahnya terlebih dahulu. Berikut doa yang bisa dibaca, yakni:

Lahu mu'aqqibatum mim baini yadaihi wa min khalfihi yahfazunahu min amrillah, innallaha la yugayyiru ma biqaumin hatta yugayyiru ma bi`anfusihim, wa iza aradallahu biqaumin su`an fa la maradda lah, wa ma lahum min dunihi miw wal

Artinya:

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Membaca Surat Al-Baqarah ayat 216

Membaca Surat Al-Baqarah ayat 216
Pexels/Timur Weber

Ketika dirasa kesulitan dalam menjalin hubungan dengan pasangan, bahkan ketika karakter masing-masing berbeda satu sama lain, cobalah untuk tetap bersabar. 

Terkadang masalah yang banyak bisa menganggu pikiran dan aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa Allah SWT melihat setiap perjuangan kita dalam menjalani bahtera rumah tangga. 

Sama seperti ayat di bawah ini yang bisa dibaca ketika sedang merasakan keraguan di dalam diri pasangan:

Kutiba 'alaikumul-qitalu wa huwa kur-hul lakum, wa 'asa an takrahu syai`aw wa huwa khairul lakum, wa 'asa an tuhibbu syai`aw wa huwa syarrul lakum, wallahu ya'lamu wa antum la ta'lamun

Artinya:

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Membaca Surat Al-Insyirah ayat 5-6

Membaca Surat Al-Insyirah ayat 5-6
Unsplash/Ed Us

Mungkin beberapa pasangan mengalami kesulitan komunikasi pada saat awal pernikahannya, namun jangan cepat putus asa dalam menghadapi masalah. 

Yakinkan kepada Allah bahwa di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang akan menjadi solusi terbaik. Bisa juga membaca surat ini saat sedang salat.

Fa inna ma'al-'usri yusra, Inna ma'al-'usri yusra

Artinya:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Tetap semangat dan bersabar dalam menjalin hubungan rumah tangga, ya. Jangan ragu untuk selalu mengamalkan doa di atas demi rumah tangga yang awet dan harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk