TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Sering Simpan Rahasia

Menyimpan rahasia bisa menyebabkan kecurigaan dan komunikasi dalam hubungan menjadi renggang

22 September 2022

5 Cara Menghadapi Pasangan Sering Simpan Rahasia
Unsplash/Bermixstudio

Setiap orang memiliki rahasia dalam hidupnya, misalnya pengalaman traumatis di masa lalu, kekecewaan pada pasangan, hingga kebiasaan yang dianggap aneh oleh orang lain. Rahasia kerap kali disalah artikan sebagai privasi, padahal kedua hal tersebut memiliki perbedaan. 

Privasi adalah sesuatu yang berhubungan dengan hak dan urusan diri sendiri, sedangkan rahasia adalah informasi yang sengaja disembunyikan karena berkaitan dengan orang lain. Beberapa orang mau berkata jujur dan menyampaikan rahasianya pada pasangan, namun banyak pula yang memilih menyimpan rahasia untuk diri sendiri. 

Walau rahasia kecil dan terkesan sepele yang disimpan, hal tersebut bisa mengikis keharmonisan dalam hubungan percintaan atau hubungan rumah tangga. Pasalnya, menyimpan rahasia bisa menyebabkan kecurigaan dan komunikasi mulai renggang. 

Lantas, bagaimana cara menghadapi pasangan yang sering menyimpan rahasia? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara menghadapinya. 

1. Membangun komunikasi

1. Membangun komunikasi
Unsplash/Amyjoyhumphries

Komunikasi diperlukan untuk menjaga kekompakan dan keharmonisan dalam hubungan rumah tangga. Cobalah untuk membangun komunikasi dengan pasangan agar dia mau menyampaikan setiap rahasia yang ia simpan sendiri. 

Tentunya memancing pasangan untuk menyampaikan rahasia hidupnya memang tidak mudah, apalagi jika itu berkaitan dengan peristiwa traumatis di masa lalu. 

Mama bisa mencoba memancing pasangan dengan membicarakan rahasia yang Mama simpan terlebih dahulu. Ketika pasangan mulai percaya pada Mama, maka ia akan menyampaikan rahasia yang disimpan selama ini. 

Editors' Picks

2. Memberikan waktu untuk pasangan

2. Memberikan waktu pasangan
Unsplash/Tronle_sg

Walau Mama mulai merasa tidak nyaman karena pasangan yang selalu menyimpan rahasia, jangan pernah memaksa pasangan untuk menceritakan rahasianya. Mama perlu memilih kapan waktu terbaik untuk menanyakan pada pasangan soal rahasia yang selama ini disimpan. 

Apabila pasangan belum ingin menceritakannya, maka Mama perlu memberikan sedikit waktu untuk pasangan. Biarkan pasangan berpikir dengan kepala dingin terlebih dahulu.

Mama hanya perlu membiasakan diri untuk bersikap terbuka dan jujur satu sama lain, sehingga pasangan bisa percaya dan nyaman untuk menceritakan rahasianya. 

3. Tidak menghakimi pasangan

3. Tidak menghakimi pasangan
Unsplash/Tinaflour

Walau pasangan masih berusaha menyimpan rahasia, jangan langsung menghakimi sifat pasangan tersebut. Cobalah untuk memposisikan diri Mama pada pasangan, apakah Mama akan mudah menyampaikan rahasia atau tidak, apakah Mama memiliki rahasia yang tidak ingin diceritakan atau tidak. 

Apabila jawabannya memang iya, maka Mama perlu memahami sikap pasangan dan tidak memperdebatkan hal itu lagi. Selama rahasia yang disimpan pasangan tidak memengaruhi hubungan, maka Mama tidak perlu membesar-besarkan masalah tersebut. 

4. Berpikir positif

4. Berpikir positif
Unsplash/Krakenimages

Berpikir positif bisa menenangkan hati mama yang sedang kesal karena pasangan selalu menyimpan rahasia. Cobalah untuk berpikir positif pada rahasia yang sedang disimpan pasangan. Mungkin saja rahasia itu adalah kejutan yang sedang disiapkan untuk Mama. 

Kemungkinan lainnya, yakni rahasia tersebut sengaja disimpan agar tidak menyakiti hati mama atau merusak keharmonisan hubungan. Jadi, wajar saja jika pasangan sering menyimpan rahasia karena ia ingin melihat Mama bahagia. 

5. Ungkapkan kecurigaan pada pasangan

5. Ungkapkan kecurigaan pasangan
Unsplash/Wflwong

Ada kalanya Mama merasa curiga pada rahasia yang sedang disimpan oleh pasangan. 

Mama perlu curiga apabila pasangan menyimpan rahasia dengan menunjukkan perubahan perilaku seperti menghindari obrolan mengenai subjek tertentu, lebih banyak diam, memiliki kebiasaan baru yang mencurigakan, dan mulai protektif pada ponsel. 

Rahasia yang disertai perilaku-perilaku tersebut biasanya mengarah pada perselingkuhan. Oleh karena itu, cobalah untuk menyampaikan kecurigaan pada pasangan agar tidak terjadi keretakan hubungan. Jika pasangan menyangkal kecurigaanmu dan tetap menjaga rahasia, maka Mama perlu mencari bukti-bukti untuk menjawab kecurigaan tersebut. 

Rahasia dalam hubungan percintaan atau hubungan pernikahan tidak selalu membahayakan hubungan itu sendiri. Apabila rahasia yang disimpan pasangan tidak memengaruhi hubungan, maka Mama tidak perlu membesar-besarkan masalah tersebut. 

Sebaliknya, apabila rahasia itu mulai menyebabkan keretakan hubungan atau kecurigaan. Cobalah untuk membangun komunikasi dengan pasangan atau mencari bukti-bukti untuk menjawab kecurigaan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk