Kenapa Laki-Laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan?

Laki-laki masih bisa tertarik pada perempuan lain, meski telah menjajaki sebuah komitmen pernikahan

23 November 2021

Kenapa Laki-Laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan
Unsplash/Deemwave

Kesetiaan dibutuhkan dalam sebuah hubungan percintaan demi mempertahankan ikatan bersama pasangan. Artinya, kedua belah pihak hanya boleh berhubungan dengan satu orang pasangan. Namun, ada kalanya laki-laki bisa membuka diri dan mencintai lebih dari satu perempuan.

Fenomena mencintai lebih dari satu orang sebenarnya normal terjadi. Akan tetapi, fenomena tersebut umumnya dialami oleh laki-laki hingga menyebabkan perselingkuhan. Lantas, apa yang menyebabkan laki-laki bisa mencintai lebih dari satu perempuan dalam hidupnya?

Simak rangkuman penjelasan dari Popmama.com kali ini yuk, Ma!

Laki-Laki Tertarik pada Visual

Laki-Laki Tertarik Visual
Unsplash/Alexisrbrown

Saat menjalin hubungan dengan satu perempuan, rasa ketertarikan laki-laki kepada perempuan lain dianggap akan hilang begitu saja. Namun, nyatanya laki-laki masih bisa tertarik pada perempuan lain meski telah menjajaki sebuah komitmen, baik pacaran maupun berumah tangga. 

Sebab, ketertarikan laki-laki pada perempuan merupakan insting alami yang akan tetap ada. Insting tersebut tidak akan hilang meski laki-laki sudah berkomitmen.

Ketika laki-laki melihat perempuan lain, maka otak mereka akan memproses informasi visual dan membuat penilaian instan yang dijadikan dasar ketertarikannya. 

Editors' Picks

Insting Mencintai Didasari oleh Dorongan Bawah Sadar Otak

Insting Mencintai Didasari oleh Dorongan Bawah Sadar Otak
Unsplash/Mimithian

Insting laki-laki mencintai lebih dari satu perempuan didasari oleh dorongan bawah sadar otak mereka. Hal ini merupakan warisan manusia zaman purba yang menganggap seks sebagai aktivitas untuk berkembang biak guna melestarikan keturunan. 

Itulah sebabnya, banyak pakar yang menilai bahwa mencintai dua perempuan atau lebih merupakan hal yang wajar. Hal ini sama dengan ketika laki-laki menyukai dua rasa es krim sekaligus, yakni rasa cokelat dan stroberi. Laki-laki menyukai es krim rasa cokelat karena mendapatkan sensasi yang berbeda dibanding es krim rasa stroberi, begitu juga sebaliknya. 

Hal yang sama pun berlaku pada perasaan laki-laki. Laki-laki bisa mencintai perempuan lain ketika ia menemukan sifat yang tidak ia temukan pada pasangannya. Di sisi lain, ia mendapatkan kepuasan batin dengan menjalin hubungan dengan dua perempuan atau lebih.

Mencintai Dua Perempuan atau Lebih sebagai Sebuah Pelampiasan

Mencintai Dua Perempuan atau Lebih sebagai Sebuah Pelampiasan
Unsplash/Johanmouchet

Mencintai dua perempuan atau lebih juga dapat dianggap sebagai pelampiasan dalam sebuah hubungan. Laki-laki mungkin terjebak dalam sebuah hubungan membosankan dan tidak mendapatkan hubungan emosional yang lebih. 

Oleh karena itu, ia mencari pelampiasan untuk mendapatkan ikatan emosional yang lebih, sehingga perasaan cintanya bisa tumbuh kembali. Namun di sisi lain, ia juga tidak ingin lepas dari hubungan yang membosankan dengan pasangan aslinya. 

Tips agar Tidak Terjebak dalam Perselingkuhan

Tips agar Tidak Terjebak dalam Perselingkuhan
Unsplash/Gardnerjorge

Meski mencintai lebih dari satu perempuan dianggap sebagai hal yang wajar, laki-laki perlu membuat batasan yang jelas untuk mengendalikan perasaannya. Memang tidak ada rumus tertentu untuk memantapkan hati memilih perempuan yang tepat. Namun, semua keputusan akan bergantung pada diri sendiri. 

Laki-laki harus menentukan pilihan agar tidak terjebak dalam perselingkuhan. Sebab, perselingkuhan bisa menimbulkan trauma bagi korban maupun pelaku. 

Laki-laki perlu memahami kebutuhan dirinya sendiri, termasuk tipe perempuan seperti apa yang bisa dijadikan pasangan hidup. Ketika telah memantapkan hati berkomitmen dengan satu perempuan, maka laki-laki perlu menjaga komitmen tersebut meski terkadang masih tertarik dengan perempuan lain. 

Mencintai lebih dari satu perempuan memang sesuatu yang wajar bagi laki-laki. Namun, logika dan hati perlu dilibatkan untuk memilih perempuan mana yang bisa membuat bahagia dan perempuan yang hanya menarik secara visual atau sebagai pelampiasan saja. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.