6 Hal yang Harus Dilakukan Jika Teman Menceritakan Perselingkuhannya

Seseorang yang berselingkuh biasanya akan menceritakan perbuatannya kepada teman terdekat

24 November 2021

6 Hal Harus Dilakukan Jika Teman Menceritakan Perselingkuhannya
Unsplash/Priscilladupreez

Perselingkuhan memang tidak dibenarkan untuk dilakukan dalam hubungan, meskipun pelaku perselingkuhan mempunyai berbagai alasan. Namun, menghadapi perselingkuhan tidak semudah yang dibayangkan, terutama jika teman dekat mama yang melakukannya.

Mama ingin pura-pura tidak mengetahui atas apa yang dilakukannya demi menjaga hubungan pertemanan, tetapi di sisi lain ada keinginan untuk melarang teman melakukan perbuatan tersebut. Perlu diketahui bahwa secara umum, seseorang yang berselingkuh akan menceritakan perbuatannya kepada teman terdekat. 

Lantas, apa yang harus Mama lakukan ketika mendengarkan cerita teman dekat yang berselingkuh? Bagaimana Mama harus merespons cerita teman dekat tersebut? 

Untuk membantu Mama, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa reaksi yang sebaiknya dilakukan ketika mengetahui teman dekat selingkuh

1. Mendengarkan ceritanya 

1. Mendengarkan ceritanya 
Unsplash/Katietreadway

Hal pertama yang perlu dilakukan, yakni mendengarkan cerita teman mama secara keseluruhan. Biarkan teman mama menceritakan perbuatannya tanpa menghakimi atau menyalahkan. 

Mendengarkan cerita teman dekat yang selingkuh penting dilakukan karena ia telah percaya bahwa Mama merupakan orang yang tepat untuk menjaga rahasianya. Biarkan teman mama menceritakan perselingkuhannya dari sudut pandangnya sendiri. 

2. Dengarkan terlebih dahulu tanpa perlu menghakimi

2. Dengarkan terlebih dahulu tanpa perlu menghakimi
Unsplash/Courtneymcook

Selama mendengarkan ceritanya, jangan buru-buru menarik simpulan atau menghakimi teman mama. Mama perlu mengetahui terlebih dahulu latar belakang permasalahannya dan memahami apa yang sebenarnya terjadi. 

Prioritas pertama yang perlu dilakukan, yakni sebisa mungkin membuat teman merasa nyaman untuk meluapkan kisah perselingkuhannya. Meski Mama tidak pernah membenarkan soal perselingkuhan, namun tetap harus jadi pendengar yang baik selama teman sedang bercerita.

Editors' Picks

3. Memberitahu ketidaknyamanan sebagai pendengar

3. Memberitahu ketidaknyamanan sebagai pendengar
Unsplash/Omarlopez1

Ketika teman mama sedang menceritakan perselingkuhannya, maka tidak ada salahnya untuk memberitahu rasa tidak nyaman yang sedang Mama rasakan. Memberitahu ketidaknyamanan akan mengurangi rasa canggung ketika harus menanggapi cerita teman. 

Mama bisa mengucapkan kalimat seperti, “maaf apabila saya merasa canggung dan tidak bisa menanggapi dulu, sebab saya harus mengetahui duduk permasalahannya terlebih dahulu.”

Memberitahu ketidaknyamanan tanpa menghakimi teman akan memberikan waktu bagi Mama untuk menenangkan pikiran, bahkan bisa memberikan rasa nyaman bagi teman.

4. Mencari tahu penyebab selingkuh

4. Mencari tahu penyebab selingkuh
Unsplash/Wildlittlethingsphoto

Perselingkuhan merupakan sebuah permasalahan yang rumit dalam hubungan percintaan. Mama tidak dapat mendengarkan cerita perselingkuhan dari satu sisi saja. Mama harus mengetahui alasan perselingkuhan dari pelaku maupun korban. 

Apabila Mama tidak mengenal korban, maka Mama bisa mencari tahu penyebab perselingkuhan dari teman dekat mama yang berstatus pelaku perselingkuhan. Cobalah untuk mengajukan pertanyaan seperti “mengapa kamu berselingkuh?” atau “apa yang kamu butuhkan dari saya untuk mengatasi masalahmu?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu teman merenungi perbuatannya dan alasannya berselingkuh. Meski tidak mengetahui penyebab selingkuh secara menyeluruh, Mama bisa mengetahui sudut pandang teman tentang perselingkuhan. 

5. Menetapkan batasan dalam pertemanan

5. Menetapkan batasan dalam pertemanan
Unsplash/Priscilladupreez

Meski bersikap tidak ingin menghakimi, bukan tidak mungkin teman dekat mama menunjukkan respons yang tidak menyenangkan. Teman dekat mama bisa saja tidak merasa bersalah atas perbuatannya atau justru membenarkan perselingkuhan. 

Apabila Mama mulai merasa tidak nyaman dan belum siap mendukung teman yang berselingkuh, Mama sebaiknya segera menetapkan batasan pertemanan. Mama bisa memberitahu teman untuk tidak melakukan kontak sementara waktu selama perselingkuhan itu terjadi. 

Selain itu, Mama juga bisa meminta teman berhenti menceritakan perselingkuhannya. Di sisi lain, Mama tetap berjanji untuk menjaga rahasia soal perselingkuhannya.

Biarkan teman dekat mama memecahkan masalahnya sendiri soal perselingkuhan tanpa campur tangan orang lain. 

6. Tidak terlalu ikut campur

6. Tidak terlalu ikut campur
Unsplash/Dsan_nowsay

Hal yang perlu diingat ketika menanggapi perselingkuhan, yakni jangan sampai terlalu mencampuri masalah hubungan percintaan mereka. Meski Mama menentang perselingkuhan, namun Mama tidak berhak ikut campur dalam hubungan percintaan mereka. 

Apabila Mama terlalu menghakimi teman, maka bisa saja akan memberikan saran yang salah. Sebaliknya, jika Mama mendukung teman, maka secara tidak langsung telah membenarkan soal perselingkuhan. Perlu diingat bahwa bukan tugas Mama untuk mencari jalan keluar atas masalah percintaan teman.

Bantuan yang Mama bisa berikan berupa waktu untuk mendengarkan cerita perselingkuhannya. Selebihnya, biarkan teman mama menyelesaikan sendiri masalah percintaannya.

Semoga informasi terkait reaksi yang sebaiknya dilakukan ketika mengetahui teman dekat selingkuh ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.