5 Tips Menggunakan Pelumas Ramah Sperma agar Cepat Hamil

Pelumas ramah sperma tidak menghambat pergerakan sperma menuju sel telur

1 Mei 2023

5 Tips Menggunakan Pelumas Ramah Sperma agar Cepat Hamil
Unsplash/Dainisgraveris

Penggunaan lubrikan atau pelumas memang membuat seks terasa lebih menggairahkan dan menyenangkan. Pelumas juga penting digunakan ketika mencoba untuk hamil. Sebab, berhubungan seks untuk hamil terkadang terasa kurang menyenangkan. 

Vagina bisa kering ketika berhubungan seks. Itulah sebabnya, dibutuhkan pelumas yang telah diuji kandungannya dan mendapat sertifikat layak edar. Penggunaan pelumas yang salah justru bisa mengurangi peluang untuk hamil. 

Berikut ini Popmama.com merangkum pedoman penggunaan pelumas ramah sperma yang tepat, sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan.

1. Gunakan pelumas ramah sperma layak edar

1. Gunakan pelumas ramah sperma layak edar
Unsplash/Dainisgraveris

Untuk meningkatkan peluang untuk hamil, Mama perlu menggunakan pelumas yang dirancang khusus agar ramah kesuburan. Artinya, pelumas tidak akan menghambat pergerakan sperma menuju sel telur. 

Pelumas ramah kesuburan biasanya disebut pelumas ramah sperma. Peredarannya pun telah mendapat izin dari lembaga terkait, sehingga tidak membahayakan ketika sedang berhubungan seks. 

Editors' Pick

2. Ciri-ciri pelumas ramah sperma

2. Ciri-ciri pelumas ramah sperma
Unsplash/Deon Black

Syarat utama pelumas ramah sperma, yakni tidak mengandung paraben atau pewangi. Perlu diketahui bahwa kandungan paraben dan pewangi ternyata bisa menghambat pergerakan sperma hingga membunuh sperma sebelum menembus sel telur. 

Tak hanya itu, pelumas ramah sperma harus memiliki pH netral (pH kurang dari 7) agar tidak merusak sperma maupun sel telur. Kandungan endotoksin dalam pelumas juga harus rendah. Tujuannya agar tidak ada bakteri yang dihasilkan selama berhubungan seks.

Kandungan endotoksin yang tinggi dapat membahayakan fungsi sperma dan sel telur. 

3. Pedoman memilih pelumas ramah sperma

3. Pedoman memilih pelumas ramah sperma
Unsplash/Johnschno

Meskipun telah mengetahui ciri-ciri pelumas ramah sperma, Mama masih perlu memeriksa kandungan pelumas dalam kemasannya. Pilihlah pelumas dengan pH kurang dari tujuh dan mengandung osmolalitas lebih dari 400 mOsm/kg.

Pelumas ramah sperma memang tidak sepenuhnya bisa membuat perempuan hamil. Tetapi, pelumas ramah sperma tidak membahayakan fungsi sperma maupun sel telur.

Dengan begitu, peluang kehamilan pun tetap tinggi. Mama dan pasangan pun memiliki hak untuk menggunakan pelumas ramah sperma atau tidak ketika berhubungan seks. 

4. Jangan gunakan minyak sebagai pelumas

4. Jangan gunakan minyak sebagai pelumas
Pexels.com/Dainis Graveris

Selama ini, Mama mungkin mendengar mitos yang menyebut minyak bisa digunakan sebagai pelumas. Tetapi, jangan percaya mitos tersebut. 

Pasalnya, minyak rumah tangga mengandung peroksida beracun dan bahan-bahan kimia yang membahayakan vagina. Penggunaan minyak sebagai pelumas justru membuat vagina kering dan terasa sakit ketika berhubungan seksual.

Itulah sebabnya, jangan gunakan minyak sebagai pelumas atau segera bersihkan vagina apabila terlanjur menggunakan minyak sebagai pelumas. 

5. Rekomendasi pelumas ramah sperma

5. Rekomendasi pelumas ramah sperma
Freepik/rawpixel.com

Salah satu pelumas kesuburan yang bisa meningkatkan peluang hamil, yakni BabyDance Fertility Lubricant. Pelumas jenis ini bisa meningkatkan kenyamanan saat berhubungan seksual sekaligus membantu program hamil. 

BabyDance bisa membantu pergerakan sperma menuju sel telur. Tak hanya itu, pelumas jenis ini juga mempertahankan jumlah cairan di vagina sehingga vagina mama tidak cepat kering ketika berhubungan seksual. 

Nah Ma, itulah pedoman penggunaan pelumas untuk meningkatkan peluang kehamilan. Hal penting yang perlu diingat, yakni perhatikan kandungan pelumas dalam kemasan dan hindari penggunaan pelumas-pelumas dari bahan-bahan yang membahayakan. 

Baca juga:

The Latest