7 Fakta Pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno, Banyak Ancaman

Asmirandah dan Jonas Rivanno pernah mengalami masalah keuangan hingga mendapat banyak ancaman

17 Desember 2021

7 Fakta Pernikahan Asmirandah Jonas Rivanno, Banyak Ancaman
Instagram.com/jonas.rivanno

Perjalanan cinta Asmirandah dan Jonas Rivanno nyatanya tidak semanis di film. Sebelum menikah, pasangan ini memang jarang diterpa gosip miring, masa pacaran mereka terlihat manis-manis saja sehingga membuat banyak orang iri dengan keharmonisannya.

Meski tampak baik-baik saja, nyatanya banyak rintangan dan cobaan yang mereka lalui bersama, terutama saat akan menikah. Asmirandah dan Jonas juga sempat dihujat banyak orang lantaran mempermainkan agama.

Seperti yang kita tahu, sebelum menikah mereka memang menjalin hubungan berbeda agama, Asmirandah adalah seorang Muslim, berbeda dengan Jonas yang memeluk agama Kristen.

Jonas bahkan dikabarkan pernah mengikuti keyakinan Asmirandah, namun saat akad digelar, acara tersebut dianggap tidak sah atas permintaan Asmirandah karena nyatanya Jonas masih meyakini agama semula.

Penuh dengan cobaan, seperti apa ya kisah perjalanan pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno? Berikut Popmama.com rangkum ulasan selengkapnya!

1. Pernikahan mereka sempat dibatalkan

1. Pernikahan mereka sempat dibatalkan
Instagram.com/jonas.rivanno

Pernikahan Asmirandah tidak mendapat restu dari sang Papa, Anton Zantman. Namun, Anton mengatakan dirinya tidak mau lagi ikut campur dengan kehidupan Asmirandah karena dirasa putrinya itu sudah dewasa dalam menentukan pilihan hidup.

Perbedaan keyakinan membuat kisah cinta Asmirandah dan Jonas Rivanno semakin runyam. Jonas pernah dikabarkan telah mengikuti agama yang dianut Asmirandah. Hal tersebut terungkap beberapa saat sebelum pernikahan mereka berlangsung.

Namun, saat itu akad nikah yang digelar pada 17 Oktober 2013 resmi dibatalkan oleh Pengadilan Agama Kota Depok pada sidang putusan PA Depok karena ternyata setelah satu pekan masuk Islam, Jonas kembali beribadah sesuai agama sebelumnya.

Dalam Undang-Undang telah diatur bahwa seorang suami atau istri bisa mengajukan pembatalan pernikahan karena kasus penipuan. Pernikahan ini pun dibatalkan atas permintaan Asmirandah.

2. Memutuskan untuk menikah di Singapura

2. Memutuskan menikah Singapura
Instagram.com/jonas.rivanno

Setelah melakukan kesalahan tersebut, akhirnya Asmirandah dan Jonas Rivanno memutuskan untuk menikah secara benar di hadapan Tuhan. Meski begitu, mereka harus membatalkan pernikahan sebelumnya dulu dan memberi jeda sebelum akhirnya menikah secara sah di Gereja.

Melalui kanal YouTube Daniel Mananta Network, Asmirandah dan Jonas mengatakan bahwa saat itu tempat dan waktu mereka memang tidak tepat untuk menikah di Indonesia. Sehingga jalan terbaik bagi keduanya adalah menikah di negeri tetangga, Singapura.

“Kita mikir mungkin tempat dan waktunya nggak tepat kalau kita menikah di Indonesia saat itu. Akhirnya kita mutusin nikah di luar negeri,” ujar Jonas.

Editors' Picks

3. Saat akan menikah, Asmirandah dan Jonas Rivanno mengalami masalah keuangan

3. Saat akan menikah, Asmirandah Jonas Rivanno mengalami masalah keuangan
Instagram.com/jonas.rivanno

Masalah lain datang menghampiri Asmirandah dan Jonas Rivanno saat akan menikah. Namun, hal tersebut tidak membuat keduanya mundur dari rencana pernikahan yang mereka impiKan

“Yang jadi masalah saat itu kita nggak ada kerjaan, nggak ada pemasukan, jadi uang kita pada saat itu ada 3M, alias lima ribu lima ratus lima puluh rupiah. Intinya uangnya ngepas saat itu,” tutur Jonas.

Lebih lanjut, aktor kelahiran 20 Maret 1987 itu menjelaskan bahwa ia dan Asmirandah berangkat ke Singapura tanpa membawa apa-apa. Di sana mereka mengurus semua surat yang dibutuhkan demi menyerahkan perizinan untuk memberi tau pihak setempat bahwa keduanya ingin menikah.

“Kita datang ke sana ngurusin semuanya sama surat-surat, istilahnya perizinan ngasih tahu kalau kita mau nikah. Kita datang ke sana kita kira uang kita cukup untuk bayar permitnya dulu, biar dijadwalin gitu buat nikah. Pas sampai sana ternyata bukan karena uang kita yang nggak cukup, tetapi bayarnya nggak boleh pakai cash. Jadi ada kartu khusus gitu,” jelas Jonas.

4. Asmirandah dan Jonas Rivanno selalu mengandalkan Tuhan atas cobaan yang didapatkan

4. Asmirandah Jonas Rivanno selalu mengandalkan Tuhan atas cobaan didapatkan
Instagram.com/jonas.rivanno

Asmirandah sendiri mengaku bahwa masalah-masalah yang dialaminya dengan Jonas Rivanno di awal pernikahan. Momen tersebut memang sudah cukup sulit bagi mereka. Banyak perbedaan dan pertentangan yang harus dilewati dengan cara beradaptasi agar bisa terbiasa.

“Jadi pas aku mutusin nikah sama Vano sampai akhirnya dihujat banyak orang, aku mikir kalau ini konsekuensi yang harus aku jalanin tapi aku yakin Tuhan pelihara aku sama Vano, serta pernikahan kita,” kata Asmirandah.

Perempuan kelahiran 5 Oktober 1989 itu merasa bersyukur karena kuasa Tuhan selalu mengiringi dirinya dan sang suami dalam melewati berbagai cobaan yang ada.

“Tuhan selalu ada sama kita. Jadi aku nggak peduli sama perkataan orang karena perkataan orang nggak punya kuasa atas aku. Tapi kita yang berkata-kata, perkataan kita itu yang berkuasa atas diri kita sendiri. Karena kita juga punya tuhan yang punya kuasa atas diri kita,” sambungnya.

5. Banyak ancaman yang mengintai keduanya

5. Banyak ancaman mengintai keduanya
Instagram.com/jonas.rivanno

Banyak ancaman yang mengintai Asmirandah dan Jonas Rivanno usai keduanya resmi menjadi pasangan suami istri.

“Jujur aja pada saat itu ada banyak ancaman, bahkan sampai ada ancaman yang 'oke lo coba-coba bikin resepsi di Jakarta, kita akan bongkar acaranya' dan lain sebagainya. Kita tau kita salah, tapi kita nggak mau cari masalah sama mereka,” curhat Jonas.

Tidak hanya itu, rupanya pasangan ini juga pernah mendapat ancaman bom ketika mereka akan memberikan kesaksian di Kebaktian Kebangkitan Rohani (KKR).

“Jadi satu hari sebelum KKR, orang sana sudah nemuin bom di bawah panggung. Waktu pas mereka ngomong, kita dengar sempat kaget, rasa takutnya juga ada. Muka mereka juga serius banget,” ujar Asmirandah.

Meski merasa terancam, Asmirandah dan Jonas justru tetap melanjutkan niat mereka untuk melakukan kesaksian. Jonas mengatakan bahwa kematian adalah suatu kehormatan, sehingga tidak ada alasan bagi keduanya untuk berhenti di tengah jalan.

“Pas tau itu, saya bilang ke mereka kalau kematian adalah kehormatan. Karena ketika kita sedang melayani Tuhan, itu adalah suatu kehormatan buat kita,” ungkap Jonas.  

6. Tuhan memberikan jalan bagi mereka di detik-detik penutupan

6. Tuhan memberikan jalan bagi mereka detik-detik penutupan
Instagram.com/jonas.rivanno

Meski jalan yang dilalui tidak semulus diinginkan, namun Jonas Rivanno menyatakan jika Tuhan memiliki peranan penting dalam menyatukan dirinya dan sang istri.

“Waktu Tuhan memberkati kita itu benar-benar mepet sama deadline. Jadi acara (pernikahan) di hari Minggu, Sabtu di Singapura libur, jadi pembayaran harus di hari Jumat. Tapi di hari Jumat mereka cuma buka setengah hari karena tutupnya jam 12, dan Tuhan sediakan berkatnya jam 12 kurang 15,” tutur Jonas.

Lebih lanjut ia menjelaskan jika sebelum jam 12 kurang 15, keduanya sama sekali tidak punya apa-apa. Bayar sepeser pun tidak bisa karena mereka mengalami masalah keuangan pada saat itu. Tepat sebelum dapat keajaiban, Jonas dan Asmirandah hanya bisa berlutut dan berdoa.

“Waktu sebelum dapat itu kita cuma berdoa dan berlutut, kita berpikiran jika Tuhan memang mau persatukan kita, pasti Tuhan kasih berkatnya dan ternyata akhirnya Tuhan kasih jalan buat kita,” tambahnya.

7. Pernikahan pernah diramalkan tidak langgeng

7. Pernikahan pernah diramalkan tidak langgeng
Instagram.com/asmirandah89

Dahulu beredar sebuah berita yang meramalkan jika rumah tangga Asmirandah dan Jonas Rivanno akan berakhir di tahun 2015. Menanggapi itu, keduanya tetap mensyukuri segala hal yang terjadi dalam hidup mereka. Pasangan ini percaya bahwa pernikahan mereka akan bertahan hingga seribu tahun lamanya.

Ramalan tersebut seolah hanya bualan belaka karena buktinya sekarang rumah tangga Asmirandah dan Jonas masih langgeng dan harmonis. Kebahagiaan keduanya semakin lengkap setelah dikaruniai seorang putri bernama Chloe Emanuelle Van yang lahir tepat di hari Natal 25 Desember 2020 lalu.

Wah, salut banget deh buat Asmirandah dan Jonas Rivanno. Meski melalui banyak cobaan, namun pasangan ini berakhir saling menguatkan dan selalu mengandalkan Tuhan di setiap langkah mereka.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk