Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Perbedaan Adegan Romantis Film Balada Si Roy dan Dilan 1990

Balada Si Roy dan Dilan 1990 sama-sama menyuguhkan kisah romantis di bangku SMA

25 Januari 2023

7 Perbedaan Adegan Romantis Film Balada Si Roy Dilan 1990
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Balada Si Roy kini sedang tayang di bioskop tanah air. Film garapan sutradara Fajar Nugros ini dibintangi oleh sederet bintang muda, seperti Abidzar Al Ghifari sebagai Roy, Febby Rastanty sebagai Ani, dan Bio One sebagai Dullah.

Menariknya, film Balada Si Roy juga menyuguhkan kisah cinta di zaman SMA layaknya film fenomenal Dilan 1990 yang sempat booming di tahun 2018 silam. Balada Si Roy mengambil latar tempat di Serang, Banten tahun 1980-an.

Sedangkan, seperti judulnya, Dilan mengambil latar tahun 1990-an di Bandung. Sama-sama sukses bikin penontonnya baper, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa perbedaan adegan romantis film Balada Si Roy dan Dilan 1990.

1. Menyamakan kecepatan kendaraan yang dinaiki agar bisa sejajar dengan pujaan hati

1. Menyamakan kecepatan kendaraan dinaiki agar bisa sejajar pujaan hati
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Selain bercerita tentang pencarian jati diri karakter utamanya, Balada Si Roy juga menampilkan cukup banyak adegan romantis antara Roy dan Ani. Pendekataan Roy terhadap Ani juga bisa dibilang cukup terang-terangan.

Roy tidak ragu untuk menyamakan kecepatan sepedanya agar bisa sejajar dengan Ani yang diantar pulang menggunakan mobil. Meski berbeda, adegan tersebut membuat beberapa penonton teringat dengan adegan di mana Dilan melambatkan jalan motornya agar bisa menyamai langkah kaki Milea.

2. Berbeda dengan Dilan, Roy menyukai siswi lain di sekolahnya

2. Berbeda Dilan, Roy menyukai siswi lain sekolahnya
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Film Balada Si Roy tidak hanya menyuguhkan adegan romantis antara Roy dan Ani saja. Diceritakan, Roy juga terpikat dengan siswi baru bernama Dewi (Sitha Marino). Beberapa kali Roy merayu Dewi untuk mendekatinya.

Namun, pendekatan yang dilakukannya itu tidak berhasil lantaran Dewi harus pindah ke luar kota. Berbeda halnya dengan Dilan yang hanya mengincar dan menyukai Milea seorang. Bahkan, Dilan juga menuliskan puisi untuk Milea demi mengutarakan perasaan cintanya.

Editors' Picks

3. Mengantarkan pujaan hati ke rumah setelah pulang sekolah

3. Mengantarkan pujaan hati ke rumah setelah pulang sekolah
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Banyak orang meyakini bahwa kisah cinta semasa SMA selalu meninggalkan pengalaman yang berkesan. Tak heran, hal tersebut membuat banyak film romantis yang mengambil latar di zaman SMA, seperti Balada Si Roy dan Dilan 1990.

Dalam salah satu adegan, terlihat di mana Roy mengantarkan Ani pulang ke rumahnya menggunakan sepeda. Berbeda halnya dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) yang membonceng Milea (Vanesha Prescilla) menggunakan motor andalannya.

4. Menangis di dalam kamar untuk melampiaskan perasaan sedih

4. Menangis dalam kamar melampiaskan perasaan sedih
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Awalnya, pendekatan yang dilakukan Roy terhadap Ani berjalan begitu lancar. Apalagi, Roy mampu mengimbangi permainan catur papa dari Ani (Kiki Narendra), sehingga membuat keduanya semakin dekat.

Sayangnya, hal itu tidak berlangsung lama karena papanya Ani melarang Roy untuk mendekati putrinya. Mendengar hal tersebut, Ani yang memang sudah menyukai Roy sejak lama merasa sakit hati dan berlari untuk menangis di dalam kamarnya.

Lalu dalam film Dilan 1990, ada adegan yang memperlihatkan saat Milea menangis di dalam kamarnya usai membaca surat dari Dilan, lelaki yang disukainya. Adegan menangis dua aktris muda Indonesia ini sukses membuat penontonnya ikut terbawa suasana emosional.

5. Romantis di bawah guyuran hujan

5. Romantis bawah guyuran hujan
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa film romantis menyuguhkan adegan romantis antara aktor dan aktris di bawah guyuran hujan. Lagi-lagi, terdapat perbedaan dua pasangan dari dua film berbeda ini ketika menghadapi hujan yang datang secara tiba-tiba.

Sukses bikin penontonnya bersemu, Roy memilih untuk melindungi Ani agar tubuhnya tidak terkena basah dari guyuran air hujan. Berbeda dengan Dilan dan Milea yang justru menghadapi hujan bersama.

Milea pun semakin mengeratkan pelukannya pada tubuh Dilan ketika berboncengan.

6. Roy dan Milea yang sama-sama populer di sekolahnya

6. Roy Milea sama-sama populer sekolahnya
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Meski terhitung murid baru, namun Roy bisa dibilang cukup populer di sekolahnya. Apalagi, ia ditaksir oleh sejumlah murid perempuan yang secara terang-terangan merayunya, salah satunya adalah Wiwik (Zulfa Maharani).

Roy yang memang tidak tertarik kepada Wiwik berulang kali berusaha mengabaikannya. Begitu pula dengan Milea, ia termasuk siswi baru, namun telah disukai oleh beberapa murid laki-laki yang tidak ragu memberikannya hadiah saat ulang tahun.

7. Perbedaan latar adegan romantis

7. Perbedaan latar adegan romantis
YouTube.com/IDN Pictures/Falcon

Adegan romantis antara Roy dan Ani kebanyakan dilakukan di luar sekolah, seperti di pantai, di rumah Ani, dan tempat-tempat dengan pemandangan menakjubkan lainnya yang mereka kunjungi bersama.

Berbeda dengan Dilan dan Milea yang lebih banyak melakukan adegan romantis ketika masih berada di lingkungan sekolah. Meski belum pernah ada kata cinta terucap, namun warga sekolah pun menyadari bahwa ada perasaan spesial yang terjalin antara Dilan dan Milea.

Nah, jadi itu dia ulasan terkait perbedaan adegan romantis film Balada Si Roy dan Dilan 1990. Mama sudah menonton kedua film ini belum?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk