Dipercaya Mampu Menambah Keintiman, Ini 5 Manfaat Puasa Seks!

Cobalah bersama pasangan dan rasakan manfaatnya!

16 Oktober 2020

Dipercaya Mampu Menambah Keintiman, Ini 5 Manfaat Puasa Seks
Freepik/lookstudio

Banyak orang yang mengira bahwa pasangan yang sering melakukan hubungan seks berarti memiliki kualitas hubungan yang baik pula. Namun sayang, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Ada satu hal yang bisa membuat kualitas seks lebih baik dan semakin menggairahkan, yakni dengan melakukan puasa seks.

Ya, sesuai dengan namanya, puasa seks adalah berhenti sejenak dari aktivitas seksual sekaligus menahan keinginan bercinta dengan jeda waktu tertentu.

Dengan menjalani puasa seks, rupanya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pasangan suami istri untuk meningkatkan kualitas hubungan.

Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 ulasan lengkapnya.

1. Membangun keintiman baru 

1. Membangun keintiman baru 
Freepik/cookie_studio

Ketika pasangan suami istri sudah menjalani hubungan yang cukup lama, maka seks bisa saja menjadi sebuah rutinitas biasa. Akhirnya, aktivitas seks bersama pasangan pun akan menjadi hambar.

Jika sudah demikian, saatnya kamu dan pasangan beristirahat sejenak dari hubungan seksual. Di jeda waktu ini, kalian bisa lebih reflektif. Memikirkan kembali hubungan seks yang membara dan memulai kembali membangun keintiman yang saling menyenangkan. 

Editors' Picks

2. Berkesempatan untuk mengeksplor aktivitas sensual lainnya 

2. Berkesempatan mengeksplor aktivitas sensual lainnya 
bertsbarges.com
joker with card

Berhenti sejenak dari hubungan intim, membuat pasangan suami istri memiliki kesempatan sempurna untuk mengeksplorasi aktivitas sensual lainnya yang mungkin tidak kalah romantis.

Kalian bisa melakukan hal-hal kecil yang sensual seperti pijatan, pelukan, atau hanya sekadar foreplay. Menunjukan rasa cinta tidak melulu harus dengan seks, bukan?

3. Lebih menghargai hubungan seksual 

3. Lebih menghargai hubungan seksual 
Freepik/cookie_studio

Setelah melakukan puasa seks dan tiba saatnya kembali melakukan, kalian pasti akan lebih menghargai pasangan. Jeda waktu yang diberikan membuat kalian lebih memahami keinginan pasangan.

Puasa dari berhubungan seks membuat kamu dan pasangan kembali bercinta dengan membara. Kamu dan pasangan juga bisa memesan hotel hingga makan malam romantis berdua untuk membangun suasan yang lebih intim.

4. Meningkatkan keharmonisan pasangan 

4. Meningkatkan keharmonisan pasangan 
Freepik

Hubungan seks yang mungkin mulai terasa biasa saja dapat mempengaruhi keharmonisan pasangan. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengambil jeda sejenak dari aktivitas seksual.

Efek positifnya dapat memberikan kesempatan kepada kamu dan pasangan untuk fokus pada koneksi emosional dan mental. 

“Segala sesuatu dapat menjadi kacau dan membingungkan ketika kamu berhubungan seks sepanjang waktu,” ungkap Audrey Hope, pakar hubungan selebritas terkenal pada Bustle

5. Lebih dekat secara emosional  

5. Lebih dekat secara emosional  
Pexels/Jonathan Borba

Mungkin kamu pernah merasa bahwa pasangan adalah teman terbaik yang pernah dimiliki. Salah satu cara terbaik untuk menggali hal ini adalah dengan puasa seks.

Sangat menyenangkan jika kamu dan pasangan memiliki waktu berdua untuk fokus pada banyak hal yang disukai, misal membahas buku menjelang tidur. 

"Saya sering merekomendasikan pasangan untuk tidak melakukan hubungan seks untuk fokus pada kedekatan emosional dan persahabatan dalam hubungan," ujar Dr. Wyatt Fisher, psikolog berlisensi. 

Nah, itulah kelima manfaat puasa seks pada pasangan suami istri. Apakah kamu dan pasangan mampu melakukannya? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.