5 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan

Turun berat badan setelah melahirkan? Bisa kok!

26 Juni 2020

5 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan
unsplash/ The Honest Company

Selama hamil kemudian bahkan hingga melahirkan, berat badan mama akan bertambah. Ini adalah hal yang wajar. Meski bukan hal yang aneh, banyak mama yang menginginkan berat badannya kembali normal setelah melahirkan.

Keinginan untuk memiliki tubuh yang langsing seringkali dibarengi dengan kekhawatiran terutama bagi Mama yang masih menyusui. Hal ini membuat Mama bertanya-tanya: bagaimana caranya menurunkan berat badan tanpa mengurangi produksi dan kualitas ASI yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si Kecil.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum cara sehat menurunkan berat badan setelah melahirkan dan saat menyusui. Simak yuk, Ma!

1. Minum 8 gelas air sehari

1. Minum 8 gelas air sehari
unsplash/The Honest Company

Air sangat baik bagi Ibu menyusui dan tentunya baik saat Mama sedang berusaha menurunkan berat badan. Minum air yang cukup bisa mengatur sirkulasi, pencernaan, pengaturan suhu tubuh, alur nutrisi, dan produksi ASI, serta membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Terdengar sederhana, namun mencukupi kebutuhan cairan kadang terlupakan.

Editors' Picks

2. Perbanyak makanan bernutrisi tinggi

2. Perbanyak makanan bernutrisi tinggi
unsplash/Dave Clubb

Perbanyak makan buah, sayur, lemak sehat, dan protein tanpa lemak. Sebisa mungkin jauhi makanan yang digoreng, mengandung kolesterol tinggi, dan makanan cepat saji. Selain bisa menurunkan berat badan, cara ini juga bisa memberikan nutrisi yang baik bagi si Kecil.

3. Olahraga intensitas sedang

3. Olahraga intensitas sedang
unsplash/ Laura Fuhrman

Dilansir dari healthline, setelah melahirkan, perlu enam hingga delapan minggu untuk bisa kembali berolahraga dengan nyaman. Setelah memasuki waktu tersebut, Mama bisa mulai berolahraga.

Apa saja olahraga yang aman untuk perempuan pasca persalinan? Mama bisa melakukan yoga, jogging, atau olahraga bodyweight untuk menurunkan berat badan dan memperbanyak produksi ASI.

4. Tidur cukup

4. Tidur cukup
unsplash/ Dakota Corbin

Tidur cukup memang agak sulit mengingat Mama sudah punya bayi. Tapi, Mama tetap harus tidur cukup untuk kesehatan mama. Tidur sama pentingnya dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

Dengan tidur cukup, Mama bisa mengontrol tekanan darah, membuat otot rileks, menurunkan berat badan, dan mengatasi stres yang sering terjadi pasca melahirkan.

5. Sering menyusui bagus untuk memperbanyak jumlah ASI

5. Sering menyusui bagus memperbanyak jumlah ASI
unsplash/ The Honest Company

Saat menyusui, tubuh mama membutuhkan lebih banyak kalori daripada biasanya. Hal ini karena ASI diproduksi dari nutrisi yang masuk ke tubuh mama. Namun, menyusui juga akan membakar kalori. Jadi  sambil olahraga dan makan sehat, sering menyusui si Kecil juga bisa menurunkan berat badan.

Itu dia cara sehat menurunkan berat badan setelah melahirkan dan saat menyusui. Langkah yang terpenting saat menurunkan berat badan adalah sabar.

Jangan paksakan diri mama jika memang tubuh tidak kuat karena Mama baru saja mengalami perubahan besar pada tubuh mama. Berilah waktu sebanyak-banyaknya untuk memulihkan tubuh mama setelah sembilan bulan hamil. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.