Jaga Kesehatan, Ini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi saat Menyusui

Cara alami dan tentunya mudah untuk dilakukan

13 Juli 2021

Jaga Kesehatan, Ini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi saat Menyusui
Pexels/Wendy Wei

Kolesterol tinggi memang suatu kondisi yang sering dialami oleh beberapa orang, tak terkecuali ibu menyusui. Salah satu penyebabnya karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, misalnya seperti jeroan, kulit ayam, seafood, dan masih banyak lagi. 

Normalnya, kadar kolesterol yang ada dalam darah itu tidak melebihi 200 mg/dL (miligram/deciliter). Jika lebih dari angka itu, maka dapat dikatakan kadar kolesterol tinggi. Saat mengalaminya, muncul berbagai keluhan seperti pegal dan nyeri. Risiko yang lebih berbahaya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Kondisi hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi ini menjadi sebuah tantangan untuk para ibu menyusui. Pasalnya, mereka tidak dapat mengonsumsi sembarangan obat untuk dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Untuk itu, Mama tidak perlu khawatir. Mulai sekarang konsumsilah makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Nah, Popmama.com akan merangkum cara menurunkan kolesterol tinggi saat menyusui, seperti di bawah ini.
 

1. Hindari makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi

1. Hindari makanan memiliki kadar kolesterol tinggi
Unsplash/Joshua Hoehne

Mungkin seringkali Mama tidak menyadari selama ini telah mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. 

Memang, makanan berlemak jahat ini terlihat sangat lezat dan menggiurkan sehingga kita seringkali mengabaikan kesehatan tubuh. 

Makanan seperti gorengan, jeroan, kulit ayam, makanan cepat saji, martabak manis, telur, keju dan susu adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol semakin meningkat.

Sebaiknya, untuk sementara Mama menghindari makanan tersebut ya, agar kadar kolesterol bisa kembali normal. 
 

Editors' Picks

2. Memperbanyak konsumsi sayur

2. Memperbanyak konsumsi sayur
Unsplash/Sharon Pittaway

Sayuran juga tentunya dapat menurunkan kadar kolesterol lho, Ma. Kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran membantu mendorong kolesterol menjadi kembali normal. 

Sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kangkung, kale, dan kubis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang ada dalam sayuran hijau, mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Sehingga dapat mencegah pengumpulan kolesterol di dalam darah. 

Wortel, kentang, dan kacang polong juga dapat membantu Mama yang memiliki kolesterol tinggi. Ketiga sayuran tersebut mengandung serat yang dapat memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan. Sehingga, kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa diturunkan. 
 

3. Bisa diselingi dengan konsumsi buah

3. Bisa diselingi konsumsi buah
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Buah apa yang menjadi favorit mama? Kalau Mama menyukai alpukat, sangat tepat sekali untuk membantu menyingkirkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat memiliki kandungan lemak baik dan serat, dua nutrisi yang dapat membantu turunkan lemak jahat dan meningkatkan lemak baik. 

Mama dapat juga berkreasi dengan menjadikan buah tersebut dalam penyajian di jus. Seperti jus pisang dan jus jambu. Buah pisang dan jambu kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan mengandung pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol. 

Konsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil yang baik ya, Ma. 
 

4. Mengonsumsi oatmeal

4. Mengonsumsi oatmeal
Unsplash/Alex Motoc

Buat Mama yang suka mengonsumsi oatmeal, sangat beruntung nih. Ternyata, oatmeal juga dapat menurunkan kolesterol yang tinggi dalam tubuh lho, Ma. 

Oatmeal adalah salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol karena tinggi beta-glukan, yaitu serat larut atau serat lembut dan lengket yang menyerap air.

Nah, serat larut ini menurunkan kolesterol jahat dengan cara membentuk lapisan lengket di usus kecil, yang menghalangi kolesterol memasuki aliran darah. 

Mama dapat kreasikan oatmeal dengan menambahkan berbagai buah-buahan juga lho, misalnya seperti pisang, stroberi, ataupun sekedar menambahkan madu dan kayu manis pada oatmeal. 
 

5. Melakukan olahraga ringan bagi ibu menyusui

5. Melakukan olahraga ringan bagi ibu menyusui
Unsplash/Andrew Tanglao

Bagi Mama yang selalu lupa melakukan olahraga karena sibuk mengurus si Kecil, usahakan untuk melakukan olahraga ya, Ma. Sebab, olahraga juga menjadi salah satu cara untuk Mama yang memiliki kolesterol tinggi. 

Dilansir dari Mayo Clinic, aktivitas fisik  yang tidak terlalu berat dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Dengan cara seperti jalan cepat setiap hari, bersepeda, dan berenang dapat membantu perlahan menurunkan kolesterol yang tinggi. 

Itulah berbagai cara untuk menurunkan kolesterol tinggi saat menyusui. Pastikan Mama selalu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari agar kesehatan mama dan bayi tetap terjaga.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.