10 Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar yang Efektif

Rasa sakit pasca operasi memang menyiksa. Lakukan 10 tips ini untuk mempercepat proses penyembuhan.

27 Juni 2021

10 Tips Pemulihan Pasca Operasi Caesar Efektif
Pexels/rawpixel.com

Banyak mama yang memilih proses persalinan secara caesar karena pertimbangan medis dan alasan lainnya.

Proses melahirkan dengan caesar hanya memerlukan waktu yang singkat dan minim rasa sakit. Meski demikian pasca persalinan akan terasa sangat sakit bahkan sulit sekali untuk bergerak.

Proses pemulihan yang cukup lama dibandingkan persalinan pervaginam menjadi salah satu kekurangan persalinan secara caesar.

Hal tersebut dikarenakan luka di dalam perut cukup dalam dan luka tersebut harus dijahit per lapisan perut sehingga proses pemulihan luka pun jadi cenderung lama.

Karena proses pemulihan pasca operasi caesar ini terbilang tidak sebentar maka Mama harus melakukan 10 tips pemulihan setelah operasi caesar yang telah Popmama.com rangkum berikut ini:

1. Jaga asupan nutrisi tetap seimbang

1. Jaga asupan nutrisi tetap seimbang
Pexels/Trang Doan

Setelah proses melahirkan caesar, luka akan terasa sangat sakit. Oleh karena itu agar proses regenerasi sel dan penyembuhannya semakin cepat maka Mama harus menjaga asupan nutrisi tetap seimbang.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin serta makanan dengan kalori yang cukup tinggi. Telur dan ayam dapat menjadi salah satu menu wajib setiap harinya agar luka bekas caesar segera mengering.

2. Rawat luka operasi sebaik mungkin

2. Rawat luka operasi sebaik mungkin
Pexels/Pixabay

Saat hendak pulang ke rumah, dokter biasanya akan menutup luka bekas operasi caesar dengan menggunakan plester anti air. Hal ini dilakukan agar Mama tetap dapat mandi dengan nyaman tanpa perlu khawatir luka bekas operasi menjadi basah karena terkena air.

Setelah 7 hari, Mama dapat mengunjungi dokter untuk kontrol bekas luka. Apabila dirasa luka luar telah cukup kering maka dokter akan membuka plester anti air. Mama harus merawat dan menjaga kebersihan luka dengan cairan antiseptik atau salep yang di resepkan oleh dokter.

3. Banyak bergerak

3. Banyak bergerak
Pexels/Jeshoots

Luka yang dihasilkan dari operasi caesar memang menyakitkan sehingga membuat Mama sulit sekali untuk bergerak. Tetapi dengan berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat luka cepat sembuh dan malah membuat tubuh menjadi kaku.

Berusahalah untuk melawan rasa sakit dengan banyak bergerak. Mulailah untuk perlahan bangkit dari posisi berbaring ke posisi duduk.

Setelah 24 jam pasca caesar Mama dapat belajar berdiri dengan dibantu Papa maupun saudara. Pertama kali menginjakkan kaki di lantai memang sangat menyiksa, tetapi kuatkanlah keteguhan hati Mama agar cepat bisa mengurus si Kecil dengan baik.

4. Cukup minum air mineral

4. Cukup minum air mineral
Pexels/rawpixel.com

Agar tubuh sehat dan luka segera sembuh maka Mama disarankan untuk banyak minum air mineral minimal sebanyak 8 gelas sehari. Tujuannya yaitu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta memperlancar produksi ASI. Dengan begitu si Kecil pun akan terpenuhi nutrisinya dan berat badan Mama akan segera menurun akibat pemberian ASI eksklusif selama minimal 6 bulan.

Editors' Picks

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

5. Gunakan pakaian nyaman longgar
Freepik/wayhomestudio

Selama masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar, Mama sebaiknya memilih pakaian yang nyaman dan longgar. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan akibat pakaian yang terlalu ketat.

Dress berbahan katun dan rayon yang memiliki bukaan menyusui dapat menjadi pilihan tepat untuk Mama.

6. Jangan membawa beban berat

6. Jangan membawa beban berat
Pexels/Josh Willink

Seorang wanita yang telah mengalami operasi caesar sebaiknya tidak membawa beban yang berat, terlebih bila sedang dalam masa pemulihan.

Membawa beban yang berat akan membuat nyeri pasca operasi semakin bertambah sehingga dapat memperlambat proses penyembuhan.

7. Jangan berhubungan seks terlebih dulu

7. Jangan berhubungan seks terlebih dulu
Pexels/Rosie Ann

Tubuh mama masih mengalami luka baik di bagian luar maupun dalam. Oleh karena itu sebaiknya jangan berhubungan seks terlebih dulu.

Tundalah hingga masa nifas selesai dan organ seksual mama tidak lagi mengeluarkan darah. 

8. Istirahat yang cukup

8. Istirahat cukup
Pexels/Pixabay

Saat proses pemulihan berlangsung, Mama sebaiknya memiliki cukup waktu untuk beristirahat minimal selama delapan jam per hari agar kondisi tubuh segera pulih.

Meski idealnya seperti itu tapi sangat sulit sekali dijalankan terlebih bila tidak ada kerabat yang bisa dimintai bantuan. Tipsnya adalah beristirahat saat si Kecil tertidur.

Rekrutlah asisten rumah tangga yang pulang pergi untuk membantu membereskan rumah sehingga Mama dapat fokus hanya untuk kebutuhan mengurus si Kecil.

9. Posisi menyusui yang nyaman

9. Posisi menyusui nyaman
Pexels/Pixabay

Mama dapat meminta saran dari bidan/dokter dan perawat untuk posisi menyusui yang nyaman sehingga dapat meminimalkan rasa sakit pasca operasi caesar. Mama dapat pula menggunakan alat bantu bantal menyusui agar lebih nyaman.

10. Konsultasi ke psikolog jika diperlukan

10. Konsultasi ke psikolog jika diperlukan
Freepik/Pressfoto.ru

Tidak sedikit Mama yang mengalami baby blues pasca persalinan. Hal ini dapat diakibatkan oleh rasa lelah yang berlebih dan stress yang memuncak akibat bayi yang terus menerus menangis.

Pemicu semacam itu dapat membuat situasi hati mama yang tadinya bahagia menjadi sedih dan depresi.

Gangguan psikologis pada Mama harus ditangani dengan baik, apalagi jika sudah pada taraf baby blues berat bahkan bisa menimbulkan trauma psikologis hebat hingga menimbulkan masalah kejiwaan.

Kalau Mama sering menangis, punya pikiran yang mengganggu dan dirasa berbahaya maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

Terbuka pada suami dan keluarga agar mereka pun dapat membantu dan menyikapi masalah ini secara bijak. Merekrut baby sitter dapat menjadi salah satu solusinya agar Mama tidak kelelahan dan memiliki cukup waktu beristirahat.

Setelah satu bulan, kondisi mama biasanya akan membaik jika dibarengi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang berimbang.

Nah, itulah 10 tips pemulihan pasca operasi caesar yang perlu Mama lakukan agar proses penyembuhan berlangsung cepat dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Apabila ada pikiran yang mengganggu jangan ragu untuk mengajak Papa berbicara sehingga masalah yang ada dapat teratasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.