TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Alasan Tidak Menceritakan Sakitnya Melahirkan pada Ibu Hamil

Sebaiknya jangan ceritakan tentang rasa sakit saat melahirkan pada ibu hamil.

18 Desember 2018

Alasan Tidak Menceritakan Sakit Melahirkan Ibu Hamil
babyology.com.au

Rasa sakit melahirkan memang hanya dapat diketahui oleh perempuan yang pernah mengalaminya saja. Oleh karena itu tidak jarang perempuan yang tengah hamil anak pertama bertanya-tanya mengenai hal ini pada perempuan lain yang sudah pernah melahirkan.

Namun, kerap kali jawaban yang diberikan justru membuat si ibu hamil ketakutan.

Buruknya, situasi ini sebenarnya justru bisa meningkatkan risiko pada saat persalinan berlangsung. Penulis buku berjudul “The Positive Birth Book”, Milli Hill, menjelaskan apa yang terjadi saat ibu melahirkan.

Editors' Picks

1. Hal yang terjadi saat ibu melahirkan

1. Hal terjadi saat ibu melahirkan
bbc.com

- Jeda di Setiap Kontraksi

Banyak perempuan yang merasa penasaran mengenai apa yang terjadi pada waktu jeda di antara kontraksi. Menurut Milli, pada jeda tersebut mama tidak akan merasakan sakit.

Berdasar pada pengalamannya sendiri, beberapa perempuan mengatakan bahwa pada waktu jeda tersebut biasanya akan timbul perasaan senang yang bercampur dengan semangat.

- Prosentase Rasa Sakit

Selama 8 jam proses persalinan ibu hanya akan merasakan 23% rasa sakit, sisanya sebanyak 77% tidak merasakan sakit. Pada proses persalinan yang lama, biasanya akan memakan waktu sampai dengan 36 jam.

Akan tetapi mama tetap mempunyai 60% waktu jeda antar kontraksi di mana mama ternyata tak merasakan sakit sama sekali, begitu tulis Milli.

2. Menceritakan sakitnya melahirkan bisa menimbulkan rasa takut

2. Menceritakan sakit melahirkan bisa menimbulkan rasa takut
youtube.com/Life of Dad

Pada proses persalinan, pikiran mama bisa sangat memengaruhi. Sebagai contoh, beberapa dokter anestesi akan menceritakan mengenai para ibu yang berpikir jika ia sudah diberikan suntikan epidural (obat pengurang rasa sakit), namun, sebenarnya dokter tersebut belum memberikannya.

Mama kemudian dapat menjalani kontraksi berikutnya dengan lebih baik, bahkan tidak merasakan rasa sakit melahirkan.

Inilah yang juga terjadi ketika seseorang menceritakan proses persalinan. Saat mama mendengar cerita dari para ibu yang pernah melahirkan tentang melahirkan itu sakit, kalimat ‘menyakitkan’ dan ‘sangat kuat’ kerap kali diucapkan berulang-ulang.

Hal ini menunjukkan jika sensasi yang di rasakan bisa sangat jauh berbeda dengan kenyataannya.

Sebab, mama sendiri pastinya tidak akan mampu untuk mengungkapkan sensasi yang mama alami saat persalinan dengan kata-kata.

Cara seorang ibu melahirkan diperlakukan pada saat persalinan pun dapat menjadi penyebab mengapa persalinan terasa menyakitkan. Penny Simkin, seorang pakar persalinan mengatakan jika kalimat yang diucapkan kepada mama juga akan memengaruhi sakit yang mama alami.

Terdapat perbedaan besar pada kata ‘menderita’ dan ‘sakit’.

3. Merasa tidak dihargai saat melahirkan

3. Merasa tidak dihargai saat melahirkan
christushealth.org

Jika mama merasa depresi atau perasaan negatif lain saat proses persalinan, Mama mungkin kerap kali dianggap berespektasi terlalu tinggi mengenai proses persalinan.

Semua kesalahan ditimpakan pada Mama, hingga semua orang yang terlibat dalam proses persalinan tersebut tidak dianggap bertanggung jawab.

Selama ini, pesan yang akan disampaikan mengenai proses persalinan selalu menyatakan jika Mama akan mengalami rasa sakit melahirkan, maka Mama seharusnya merasa takut, jangan membuat rencana tentang apapun, jangan berespektasi terlalu tinggi, karena semuanya memang di luar kuasa Mama.

Sudah saatnya kebiasaan ini diubah. Berikan berbagai pesan dan kesan yang positif pada ibu hamil yang akan melahirkan, sehingga perempuan-perempuan tangguh itu bisa merasa kuat, lebih percaya diri, hingga mampu melewati persalinan dengan sangat baik.

Dukungan dan pemberian semangat terutama dari suami, dokter kandungan, dan orang-orang di sekitar yang terlibat dalam proses persalinan bisa sangat membantu segala prosesnya.

Melahirkan merupakan proses yang bertaruh nyawa demi kelahiran sang buah hati. Jadi, stop menceritakan mengenai rasa sakit saat melahirkan pada ibu hamil yang tengah menunggu kelahiran anak pertamanya.

Sebaliknya, ceritakan perasaan bahagia yang tak terkira saat akhirnya dapat menggendong sang buah hati supaya menimbulkan semangat dan kepercayaan di dalam diri.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk