TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Buah Ceri Bisa Berikan Manfaat untuk Kesehatan Pasca Persalinan, Lho!

Yuk, makan buah ceri yang rendah kalori dan penuh dengan serat!

30 September 2022

Buah Ceri Bisa Berikan Manfaat Kesehatan Pasca Persalinan,
Unsplash/Quaritsch Photography

Setelah melalui proses melahirkan, apakah Mama memakan buah-buahan?

Nah, salah jenis buah yang sebaiknya dimakan yakni buah ceri. Buah yamg berwarna merah tua dan kaya antioksidan ini bisa memberikan khasiat yang menyehatkan bagi tubuh, lho.

Itu karena buah ceri rendah kalori dan penuh dengan serat, vitamin, mineral dan nutrisi lain yang baik. Termasuk kandungan kalium, magnesium dan kalsium di dalamnya. 

Berdasarkan kandungan nutrisinya, berikut Popmama.com rangkum manfaat buah ceri untuk kesehatan Mama pasca persalinan. Yuk, cek ulasannya!

1. Melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan

1. Melawan kerusakan sel mengurangi peradangan
Pexels/Анна Хазова

Ternyata konsentrasi tinggi senyawa tanaman dalam buah ceri mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan. Terutama antioksidan dan senyawa antiinflamasi di dalamnya untuk memerangi stres oksidatif maupun berbagai penyakit kronis.

Diwartakan dari Healthline, bahwa ceri membantu menghambat stres oksidatif dan mengurangi peradangan dengan menekan protein inflamasi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan arthritis. 

Bahkan memakan buah ceri segar juga berpotensi melawan kerusakan sel, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan pasca persalinan.

Editors' Picks

2. Melindungi terhadap diabetes dan obesitas

2. Melindungi terhadap diabetes obesitas
Unsplash/Diabetesmagazijn.nl

Bagi Mama yang baru saja melahirkan, alangkah baiknya memakan buah ceri untuk mencegah dari risiko diabetes. Bagi Mama yang minum jus ceri setiap hari selama 6 minggu, ini kemungkinan besar bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah.  

Apalagi buah ceri adalah salah satu kelompok makanan paling sehat dan mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Ini berarti penderita diabetes terbilang cukup aman makan buah ceri, namun tetap memperhatikan beberapa hal untuk mencegah lonjakan gula darah.

Dikutip dari Medicalnewstoday, semua buah dapat meningkatkan kadar gula darah. Tetapi buah ceri memiliki skor GI yang lebih rendah dan mengandung bahan kimia yang disebut anthocyanin. Fungsinya melindungi terhadap diabetes dan obesitas.

3. Menurunkan kolesterol dan mengurangi penyakit jantung

3. Menurunkan kolesterol mengurangi penyakit jantung
Pexels/Ylanite Koppens

Ternyata mengonsumsi buah ceri atau dalam bentuk jus, hal itu bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol jahat pada perempuan pasca persalinan. Bahwa buah ceri dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.  

Dirilis dari Fruitsandveggies, semakin banyak warna merah ceri maka akan menyediakan antioksidan kuat seperti anthocyanin dengan manfaat kesehatan jantung dan mengurangi lemak perut.

Artinya, buah ceri cukup aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ini karena buah ceri kaya akan antioksidan polifenol yang kuat. Termasuk antosianin, flavonol dan katekin yang membantu menjaga kesehatan jantung Mama.

4. Meningkatkan waktu tidur pasca persalinan

4. Meningkatkan waktu tidur pasca persalinan
Unsplash/bruce mars

Makan ceri atau minum jus ceri juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Mama pasca persalinan. Hal itu dikarenakan kandungan melatonin dan konsentrasi tinggi senyawa pada buah ceri.

Dilansir dari Webmd, makan ceri bisa membantu kamu mendapatkan lebih banyak dan lebih baik tidur. Bahwa kamu perlu makan sebanyak 25 ceri sehari. Kamu juga lebih mudah untuk mendapatkan buah ceri dengan meminum jusnya.

Artinya, buah ceri adalah sumber melatonin yang penting untuk mengtasi insomnia. Jadi minumlah 1 cangkir (240 ml) jus ceri sebelum tidur guna meningkatkan waktu tidur hingga 84 menit.

Demikianlah manfaat buah ceri untuk pasca persalinan. Selain menikmatinya buahnya secara langsung, Mama juga bisa menyajikannya sebagai smoothies atau puding buah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk