Cari Tahu 5 Tanda Hamil saat Menyusui

Apakah Mama merasa haus yang berlebihan?

9 Januari 2022

Cari Tahu 5 Tanda Hamil saat Menyusui
Freepik

Saat ini si Kecil masih menyusui secara eksklusif?

Tentu dalam hal itu ibu menyusui harus menyuplai nutrisi dan menjaga kualitas ASI untuk sang anak. 

Namun selama menyusui, beberapa perempuan sudah merencanakan kehamilan. Tapi sebagian masih punya kekhawatiran tersendiri. Bahkan mungkin tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Agar lebih waspada, selalu perhatikan 5 tanda hamil saat menyusui. Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya:

1. Sering alami peningkatan rasa haus

1. Sering alami peningkatan rasa haus
Freepik

Mama sering alami rasa haus yang ekstrem selama menyusui?

Bahwa peningkatan rasa haus adalah salah satu tanda awal kehamilan saat menyusui. Terutama setiap trimester kehamilan, kondisi ini termasuk hal biasa dan umum terjadi.

Perempuan yang mengalami rasa haus meningkat, penyebabnya karena tubuh Mama hanya membutuhkan cairan ekstra untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Jadi penting buat Mama tetap terhidrasi, ya.

Editors' Picks

2. Merasa seolah-olah tidak pernah kenyang

2. Merasa seolah-olah tidak pernah kenyang
Freepik/nakaridore

Mama tidak bisa mengendalikan rasa lapar yang tak terpuaskan selama menyusui?

Bahwa keinginan makan yang terus-menerus, kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan saat menyusui. Merasa seolah-olah Mama tidak pernah kenyang adalah hal biasa. Terutama pada trimester kedua ketika mual di pagi hari memudar.

Diwartakan dari Healthline, perubahan hormon juga dapat mempengaruhi tingkat rasa lapar. Fluktuasi estrogen dan progesteron mendorong peningkatan nafsu makan, sehingga menambah kudapan makanan.

3. Adanya perubahan puting payudara yang lebih lembut

3. Ada perubahan puting payudara lebih lembut
Freepik/jcomp

Beberapa perempuan yang sedang menyusui sang bayi, mungkin mengalami perubahan pada payudaranya. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan saat menyusui. 

Hal tersebut karena kehamilan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh Mama. Hormon-hormon itu memainkan peran penting dalam mempersiapkan payudara untuk menyusui dan bertanggung jawab atas banyak perubahan yang mungkin dialami.

Anita Arora, Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional yang berbasis di Oakville, Ontario mengatakan kepada Todaysparent bahwa saat bayi menyusu dan selama menyusui mungkin melihat puting terasa lebih lembut dari biasanya.

4. Mengalami penurunan pada produksi ASI

4. Mengalami penurunan produksi ASI
Freepik/cookie_studio

Mama merasa telah memproduksi lebih sedikit ASI daripada sebelumnya?

Bahkan membuat si Kecil menjadi rewel ketika mereka melihat perubahan itu. Jawaban sederhananya adalah bisa saja Mama mengalami salah satu tanda kehamilan saat sedang menyusui.

Pada kehamilan selama menyusui, payudara mungkin mulai terjadi pengurangan ASI.

Sedangkan kondisi ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, Ma.

5. Mengalami kelelahan dan tubuh yang lesu

5. Mengalami kelelahan tubuh lesu
Freepik/user18526052

Mama baru saja melahirkan dan menyusui si Kecil?

Sebagian pikiran ibu menyusui mungkin dipenuhi dengan segudang pertanyaan saat Mama sering mengalami kelelahan. Bahkan perubahan hormonal yang terjadi di tubuh dapat membuat Mama merasa mual dan emosional.

Ketika tubuh Mama menjadi lelah dan lesu, kondisi ini juga bisa salah satu tanda kehamilan. Terutama dalam 12 minggu pertama atau lebih. Apalagi ketika bayi semakin besar, mungkin sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Demikianlah 5 tanda hamil saat menyusui. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan kebutuhan bayi dan janin di dalam kandungan Mama tetap terpenuhi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.