Pilihan Kaldu Alami untuk Ibu Menyusui, Beri Bahyak Nutrisi!

Kaldu ayam adalah pilihan tepat untuk makanan sehat Mama, nih!

18 Januari 2022

Pilihan Kaldu Alami Ibu Menyusui, Beri Bahyak Nutrisi
Pixabay/likesilkto

Mungkin Mama bertanya-tanya apakah perlu menghindari makanan tertentu untuk mencegah masalah pencernaan pasca persalinan.

Demi menghasilkan kualitas ASI terbaik untuk bayi, maka Mama perlu melakukan diet sehat. Apalagi menyusui menggunakan banyak energi dan nutrisi. 

Oleh karena itu sangat penting memasok asupan protein, kalsium, zat besi dan vitamin dari kaldu alami yang bisa Mama buat di rumah. Nah, berikut Popmama.com berikan pilihan kaldu alami untuk ibu menyusui:

1. Kaldu ayam mengandung vitamin dan mineral

1. Kaldu ayam mengandung vitamin mineral
Pixabay/makafood

Cobalah meluangkan waktu untuk makan dengan baik dan merawat diri sendiri selama masa menyusui, Ma. Salah satunya adalah mengonsumsi kaldu ayam yang bisa membuat Mama merasa lebih sehat dan kuat.

Apalagi kaldu ayam juga membantu Mama tetap nyaman di malam hari dan merupakan obat pilihan pada banyak penyakit. Bahkan makanan rendah kalori ini kaya akan vitamin dan mineral. 

Dilansir dari Livestrong, kaldu ayam mengandung kalsium, magnesium, potasium, zat besi, tembaga, vitamin B12, seng, selenium, niasin dan vitamin E.

Editors' Picks

2. Kaldu ikan sebagai pemberi zat besi dan kalsium

2. Kaldu ikan sebagai pemberi zat besi kalsium
Pixabay/arinaja

Bahwa kehamilan menghabiskan simpanan zat besi Mama. Oleh karena itu, selama menyusui perlu mengisi kembali simpanan zat besi dengan makanan kaya zat besi seperti kaldu ikan.

Sedangkan untuk membuat kaldu ikan, semua jenis ikan bisa Mama jadikan sup. Memakannya akan membuat Mama mendapat tambahan nutrisi dan kalsium sebagai pembangun tulang.

Bahkan manfaat dari kaldu ikan sendiri juga termasuk membantu mengentalkan darah dan melepaskan hormon maupun enzim dalam tubuh di antara fungsi lainnya.

3. Kaldu sapi memiliki cita rasa yang umami

3. Kaldu sapi memiliki cita rasa umami
Pixabay/RitaE

Bahwa selama menyusui membutuhkan kalori ekstra. Secara alami, kalori ekstra ini akan digunakan untuk ASI. Oleh sebab itu Mama perlu mengonsumsi makanan sehat seperti kaldu sapi.

Kaldu sapi pada dasarnya adalah bahan dasar sup dan dibuat dengan merebus tulang sapi yang mengandung banyak nutrisi. Apalagi daging sapi dalam bentuk cair yang mudah dicerna. 

Ditambah lagi, kaldu sapi memiliki kenikmatan lemak yang direbus menghasilkan cita rasa umami. Jadi kaldu sapi sangat cocok dijadikan hidangan menu harian ibu menyusui, ya.

4. Kaldu jamur bersifat anti kanker dan anti virus

4. Kaldu jamur bersifat anti kanker anti virus
Pixabay/LisaRedfern

Apa yang Mama makan saat menyusui dapat mempengaruhi tubuh dan bayi. Nah, pada saat ini Mama pun perlu mengonsumsi kaldu jamur sebagai pilihan menu makanan terbaik selama menyusui.

Melalui kaldu jamur adalah cara sederhana untuk memberi tubuh banyak nutrisi. Apalagi menggunakan jamur untuk khasiat obatnya bukanlah hal baru.

Alasannya karena kaldu jamur memiliki sifat imunologi dan anti kanker tertentu. Bahkan juga menawarkan manfaat kesehatan potensial lainnya. Termasuk mengurangi kolesterol, bersifat anti hipertensi, anti oksidan, anti diabetes dan anti virus.

5. Kaldu udang baik untuk kesehatan sendi

5. Kaldu udang baik kesehatan sendi
Pixabay/raquelpastel

Mama sering membuang kulit udang?

Meski teksturnya yang keras, ternyata merebus kulit udang bisa memberi manfaat kesehatan untuk ibu menyusui. Ini karena kulit udang mengandung asam amino yang sangat istimewa, yakni berupa glukosamin.

Bahwa glukosamin sendiri sangat baik untuk kesehatan sendi dan tulang ibu menyusui. Terutama dapat digunakan sebagai pengobatan osteoarthritis. Pasalnya, sebagian besar nutrisi tersembunyi di cangkang dan kepala udang.

Selain itu, kulit udang bermanfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri. Bahkan bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Jadi apakah Mama akan melewatkan kaldu udang yang memiliki rasa lezat?

Setelah mengetahui 5 kaldu alami untuk ibu menyusui, sebaiknya mulai buat daftar diet sehat harian Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk