Sayuran dengan Lutein dan Zeaxanthin untuk Kesehatan Pasca Persalinan

Lutein dan zeaxanthin memiliki fungsi antioksidan penting dalam tubuh, lho!

17 November 2021

Sayuran Lutein Zeaxanthin Kesehatan Pasca Persalinan
Pixabay/BarbaraJackson

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan karotenoid kuning yang dikenal sebagai pigmen makula. Kedua antioksidan ini terkonsentrasi di makula, bagian tengah retina Mama,  merupakan lapisan sel peka cahaya di dinding belakang bola mata, seperti dilansir dari Healthline. 

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi mata dari gelombang cahaya berenergi tinggi yang berbahaya seperti sinar ultraviolet di bawah sinar matahari. Studi menunjukkan bahwa tingkat tinggi keduanya di jaringan mata terkait dengan penglihatan yang lebih baik, terutama dalam cahaya redup atau di mana silau menjadi masalah.

Dengan memenuhi dua nutrisi ini dapat membantu mencegah penyakit mata terutama dikarenakan bertambahnya usia. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang makan makanan yang kaya zeaxanthin berpikir "sayuran hijau" seperti bayam, kangkung, dan brokoli, setengahnya bisa menghindarkan dari penyakit katarak. Banyak penelitian menggabungkan dua nutrisi ini dengan yang lain seperti vitamin C dan E. Mungkin campuran nutrisi ini lebih bermanfaat bagi mata daripada salah satunya, dilansir dari, webmd

Nah, buat Mama yang baru melahirkan ada baiknya juga turut menjaga kesehatan mata mama dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Popmama.com akan membahas 5 makanan kaya lutein dan zeaxanthin untuk pasca persalinan. Apa sajakah itu?

1. Asparagus 100 persen aman dikonsumsi selama menyusui

1. Asparagus 100 persen aman dikonsumsi selama menyusui
Pixabay/Peggychoucair

Asparagus adalah sayuran kaya dengan vitamin B6, kalsium dan magnesium yang 100 persen aman dikonsumsi selama menyusui. Asaparagus termasuk sumber makanan alami yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Diinformasikan dari Livescience,  asparagus dapat bertindak sebagai diuretik alami. Ini membantu membersihkan tubuh dari kelebihan garam dan cairan.

Ditambah lagi asparagus juga merupakan sumber vitamin A, C dan K yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan potensial. Termasuk perbaikan pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Gizinya super lengkap ya!

Editors' Picks

2. Bayam mencegah kerusakan akibat radikal bebas

2. Bayam mencegah kerusakan akibat radikal bebas
Pixabay/ThiloBecker

Buat Mama yang sedang menyusui, bayam adalah makanan terbaik untuk kesehatan. Apalagi bayam tinggi lutein dan zeaxanthin.

Bayam dianggap sebagai makanan super. Ini karena bayam kaya akan antioksidan sehat, yakni zat yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, seperti dikutip dari Medicinenet.

Bayam merupakan sumber antioksidan penting seperti vitamin A, vitamin C dan flavonoid di dalamnya. Vitamin C pada bayam sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu mengembangkan resistensi terhadap infeksi pasca persalinan.

3. Kale memberikan efek perlindungan potensial

3. Kale memberikan efek perlindungan potensial
Pixabay/pompi

Satu cup kale matang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi, lho. Dikutip dari Verywellfit, kale menjadi sayuran yang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung 6447 mcg lutein per cangkir yang dimasak. 

Selain itu kale kaya akan vitamin A, C dan K. Bahkan termasuk betakaroten yang memberikan efek perlindungan potensial dari karotenoid. Dalam hal lain, kale adalah ayuran hijau terbaik untuk kesehatan mata dan pembangkit tenaga nutrisi.

4. Labu kuning sangat tinggi lutein dan zeaxanthin

4. Labu kuning sangat tinggi lutein zeaxanthin
Pixabay/stevepb

Mama suka memakan labu kuning?

Ternyata labu kuning sangat tinggi lutein dan zeaxanthin. Bahkan juga tinggi kalium.  Diwartakan dari Healthline, labu kuning merupakan salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik. Dua senyawa ini terkait dengan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak yang lebih rendah. 

Selain itu, labu kuning mengandung vitamin C dan E dalam jumlah baik yang berfungsi sebagai antioksidan.

5. Wortel mendukung pembuluh darah yang sehat

5. Wortel mendukung pembuluh darah sehat
Pixabay/voltamax

Lutein adalah pigmen kuning orange pada wortel yang terkait dengan vitamin A. Wortel menawarkan banyak senyawa karotenoid dengan aktivitas antioksidan kuat yang dikaitkan untuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Termasuk juga bekerja sebagai antioksidan dalam mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung pembuluh darah yang sehat.

Bahkan senyawa lutein dan zeaxanthin pada wortel berkontribusi terhadap penuaan dan menyebabkan perkembangan penyakit.

Itulah 5 sayuran kaya lutein dan zeaxanthin untuk pasca persalinan. Makan makanan seimbang yang mencakup banyak sayuran adalah cara terbaik mendapatkan nutrisi mata.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.