TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Minuman Pelancar BAB untuk Ibu Menyusui

Yang pasti bukan kopi ya, Ma

6 Maret 2022

7 Minuman Pelancar BAB Ibu Menyusui
freepik.com/yanalya

Masalah buang air besar kadang jadi masalah bagi ibu yang sedang menyusui. Untuk solusinya, bisa menggunakan beberapa minuman ini. 

Perubahan tubuh karena hormon, konsumsi makanan, siklus tidur, dan efek menyusui itu sendiri memengaruhi banyak hal, termasuk siklus BAB. Seringnya, Mama yang sedang menyusui merasa lebih sulit untuk buang air besar. 

Sedangkan untuk mengatasinya pun bisa dilakukan beberapa hal, mulai dari makan banyak serat, hingga memilih minuma yang tepat. 

Untuk minuman, Popmama.com akan merangkumkan beberapa minuman yang ampuh untuk melancarkan BAB ibu menyusui. 

1. Air putih sebagai hal yang paling mudah

1. Air putih sebagai hal paling mudah
Freepik

Air putih yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh tetap terjaga. Inilah kenapa minum air putih bisa membantu melancarkan BAB. 

Seringnya, kesulitan buang air besar dikarenakan usus besar yang kekeringan, demikian menurut Healthline. Bagi ibu menyusui, minum air yang cukup adalah sekitar 2,5 liter sampai 3 liter per hari. 

Dengan air putih yang cukup, tak hanya melancarkan BAB saja tapi juga melancarkan ASI jadi lebih deras. 

2. Jus plum yang sangat baik untuk fungsi pencernaan

2. Jus plum sangat baik fungsi pencernaan
Freepik

Buah plum baik yang segar maupun yang kering memiliki banyak serat dan kandungan lain yang baik untuk pencernaan. Sedangkan jus buah plum mengandung sorbitol, magnesium, dan potassium yang semuanya itu membantu meningkatkan fungsi pencernaan, demikian dilansir dari Medical News Today

Untuk membuat jus plum, kamu bisa mencari plum segar dan mencampurkannya dengan air dan yoghurt untuk membuanya lebih nikmat. 

Sedangkan jika menggunakan plum kering, maka bisa merendamnya terlebih dahulu sebelum melumatkannya menjadi jus. 

Editors' Picks

3. Jus apel yang tinggi serat dan pektin

3. Jus apel tinggi serat pektin
Freepik/mdjaff

Menurut data, 1 buah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gr serat. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C, kalsium, vitamin A dan banyak nutrisi baik lainnya. 

Apel juga mengandung pektin, serat yang larut dalam air dan mampu meningkatkan pergerakan usus besar. Meski di pasaran sudah banyak jus apel kemasan, namun untuk melancarkan BAB usahakan membuat jus dari apel segar yang bisa dicampur dengan yoghurt atau buah lain yang juga tinggi serat. 

Beberapa campuran yang bisa dicoba antara lain buah beri, wortel, dan pepaya. 

4. Air lemon yang tinggi vitamin C

4. Air lemon tinggi vitamin C
Freepik/user18526052

Lemon dikenal sebagai buah yang tinggi vitamin C dan antioksidan yang bisa menarik air ke pencernaan. Dengan begitu, pencernaan memiliki cukup air yang bisa melembutkan feses dan memicu pergerakan usus besar, demikian dilansir dari Medical News Today. 

Untuk Mama yang tidak terlalu suka dengan rasa air putih bisa menambahkan perasan air lemon ke dalam minuman sehari-hari. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan juga flaxseed agar pencernaan makin baik dan BAB makin lancar. 

5. Teh jahe yang mampu merangsang kontraksi usus besar

5. Teh jahe mampu merangsang kontraksi usus besar
Freepik/jcomp

Jahe sendiri mengandung 2 senyawa yaitu gingerol dan shogaol. Kedua senyawa ini dikatakan bisa membantu merangsang kontraksi dan pengosongan lambung. Sehingga, banyak orang terdahulu membuat jahe sebagai obat untuk mengatasi sembelit, muai, kram, hingga kembung. 

Membuat teh dengan jahe pun bisa memiliki efek yang mirip. 

Kamu bisa membuat teh jahe dengan campuran lemon dan madu, kemudian rasakan sendiri mudahnya proses untuk BAB, demikian dilansir dari News.com.au. 

6. Teh dandelion yang melancarkan aliran makanan

6. Teh dandelion melancarkan aliran makanan
Freepik/stockking

Menurut penelitian, ekstrak bunga dandelion bisa memicu kontaksi otot dan meningkatkan proses pencernaan. Bunga ini juga bisa melancarkan alur makanan dari lambung ke usus kecil dan berlanjut sampai ke usus besar. 

Untuk mengonsumsi dandelion, kamu bisa mencari teh dandelion. Teh ini merupakan campuran dari daun teh dan bunga dandelion. Minum dengan porsi sewajarnya sebagai selingan dari minuman pelancar BAB lainnya dan kamu pun bisa mendapat efek yang sama baiknya. 

7. Teh hitam yang bisa meredakan gejala sembelit

7. Teh hitam bisa meredakan gejala sembelit
Freepik/8photo

Seringnya, teh berwarna merah tua atau coklat pekat. Ada lagi teh hitam yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Tanaman ini sering diseduh bersama earl grey. 

Kandungan senyawa di dalam teh hitam seperti thearubigins mampu meredakan gejala sembelit. Sering diklaim sebagai pelancar BAB, ekstrak teh hitam bisa meningkatkan pengosongan lambung yang tertunda dan memicu masalah pencernaan. 

Kamu bisa mengonsumsi teh hitam sesekali dan merasakan sendiri lancarnya buang air besar. Usahakan tidak setiap hari karena teh mengandung kafein sedangkan ibu menyusui masih harus membatasi konsumsi kafein. 

Itu dia beberapa minuman yang bisa Mama konsumsi untuk mengurangi gejala sulit BAB yang sering dialami ibu menyusui. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk