TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Skincare yang Mengandung Retinol, Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Sebaiknya Mama menunda dulu menggunakan skincare dengan kandungan retinol saat menyusui ya

15 Agustus 2022

12 Skincare Mengandung Retinol, Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui
Pexels/SHVETS production

Retinol menjadi salah satu kandungan yang banyak dicari karena bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan. Bagi ibu menyusui dan hamil, sebaiknya menghindari senyawa ini. 

Senyawa turunan vitamin A ini bisa mengatasi berbagai permasalahan jenis kulit, mulai dari melawan penuaan kulit, hingga mengatasi jerawat. Sayangnya, retinol merupakan senyawa yang cukup keras dan kuat, sehingga ibu hamil dan menyusui tidak disarankan menggunakannya. 

Menurut FDA, pemberian retinol pada ibu hamil masuk dalam kategori X . Bahkan retinol telah terbukti memiliki efek teratogenik pada janin. Sedangkan pada ibu menyusui, retinol bisa disekresikan ke dalam ASI. 

Agar tidak kecolongan, Popmama.com akan menjabarkan skincare yang mengandung retinol. 

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
avoskinbeauty.com

Inilah salah satu skincare andalan para pejuang jerawat dan kulit yang kenyal seperti bayi. Produk ini mengandung vitamin E, tea tree, aloe vera, dan raspberry yang memberi kesan kulit terlihat lebih kencang dan glowing

Namun yang harus diperhatikan adalah, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule ini mengandung 0,1% hexapeptide, asam ellagic, dan 0,09% retinol. 

Walaupun disebut retinol yang ada di dalam kandungan produk ini termasuk lembut, bahkan termasuk untuk pemula, namun sebaiknya hindari sementara ya. 

2. Breylee Retinol Eye Serum

2. Breylee Retinol Eye Serum
breylee.com

Satu lagi produk untuk mata yang mengandung retinol berasal dari Breylee. Eye serum ini mengandung retinol dan dikatakan bisa menyamarkan garis halus di sekitar mata, menghilangkan kerutan, kantung mata, dan mencerahkan area bawah mata. 

Namun karena mengandung retinol, sebaiknya hindari untuk sementara, ya. 

3. ElsheSkin Eye Serum Eyessential Night

3. ElsheSkin Eye Serum Eyessential Night
shopee.co.id

Saat menyusui, apalagi di 3 bulan pertama, pasti Mama sering begadang dan mata panda pun makin menjadi. Mama boleh saja menggunakan produk krim mata untuk mengurangi penuaan dini di mata dan mengurangi mata panda, namun perhatikan kandungannya. 

Seperti skincare yang satu ini mengandung 1% encapsulated retinol yang dinilai lembut dan mampu memperbaiki masalah pada sekitar mata. 

Selain retinol, di dalamnya terdapat juga ekstrak apel, red algae, vitamin C, peptide, hyaluronic acid, dan polyglutamic acid. 

4. ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum

4. ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum
elsheskin.com

Satu lagi dari produk lokal adalah serum ElsheSkin. Serum ini mengandung encapsulated retinol 1% dan multi-peptide complex. Kandungan tersebut diklaim bisa membantu meregenerasi kulit dan menghilangkan tanda penuaan. 

Mengandung retinol yang cukup tinggi, tentu produk ini tidak disarankan untuk ibu menyusui. 

5. For Skin's Sake Retinol Overnight Cream by FSS

5. For Skin's Sake Retinol Overnight Cream by FSS
forskinssake.com

Skincare berbentuk krim ini merupakan pelembab yang mengandung 0,1% retinol. Besaran kandungan itu dinilai aman untuk pemula. 

Pelembab untuk malam hari ini diklaim bisa meningkatkan produksi kolagen dan membantu meregenerasi kulit. Sst, ibu menyusui jangan dulu, ya. 

Editors' Picks

6. Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Lotion

6. Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Lotion
rohto.co.id

Produk Hada Labo juga punya rangkaian khusus untuk melawan penuaan. Bernama gokujyun, ada salah satu produknya yaitu anti aging lotion yang mengandung retinol. 

Jika digunakan secara rutin, terlihat perubahan signifikan pada wajah yaitu kulit yang tampak lebih muda, halus, dan bercahaya. Ibu menyusui boleh menggunakannya namun setelah selesai masa menyusui, ya. 

7. Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Retinol Oil

7. Neutrogena Rapid Wrinkle Repair Retinol Oil
neutrogena.com

Skincare dari Neutrogena memiliki kandungan retinol yang cukup ramah kulit yaitu 0,3% saja. Meski begitu, kandungan ini diklaim bisa mengurangi garis halus, bintik hitam, dan kerutan dalam kurun waktu pemakaian 1 minggu saja. 

Namun produk ini tidak disarankan untuk ibu menyusui. 

8. Olay Regenerist Retinol 24 Serum

8. Olay Regenerist Retinol 24 Serum
walmart.com

Olay Regenerist Retinol 24 adalah rangkaian produk untuk skincare yang hampir semuanya mengandung retinol. Untuk serumnya, terkandung retinol yang paling tinggi dibanding dengan produk lainnya dalam rangkaiannya. 

Kandungan vitamin B3 dan retinol kompleks di dalamnya diklaim bisa melawan tanda-tanda penuaan. Mama yang sedang menyusui sebaiknya mencari rangkaian lain dari merek ini, ya. 

9. POND'S Age Miracle Facial Treatment Cleanser

9. POND'S Age Miracle Facial Treatment Cleanser
ponds.com

Produk cuci muka yang harus Mama cek lagi berasal dari POND'S. Varian age miracle ini mengandung Retinol-C dan vitamin B3 kompleks yang diklaim bisa mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi kulit. 

Meski sebenarnya, retinol yang hanya kontak sebentar dengan kulit, dalam produk ini adalah facial wash, tidak memiliki efek yang terlalu kentara dibanding serum atau toner. 

Tetap saja, sebaiknya Mama menghindari menggunakannya selama menyusui buah hati, ya. 

10. Pixi Retinol Tonic

10. Pixi Retinol Tonic
pixibeauty.com

Sudah jelas dari namanya yaitu Retinol Tonic, skincare yang satu ini mengandung antioksidan dan dikatakan mampu membantu membantu kulit lebih cerah. 

Meski bebas alkohol, paraben, dan cocok untuk setiap jenis kulit, namun terdapat kandungan retinol di dalamnya. Jadi, tahan dulu ya menggunakan toner yang bisa mengurangi garis halus di wajah ini. 

11. Somethinc 1% Pure Retinol+Squalane

11. Somethinc 1% Pure Retinol+Squalane
somethinc.com

Serum lain dari Somethinc dikatakan bisa membuat kulit cerah, kencang, glowing, dan awet muda. Produk ini juga diklaim cocok digunakan untuk jenis kulit apa saja, mulai dari yang normal hingga berjerawat. 

Produk ini mengandung 10x advanced retinol, yang merupakan versi paling murni dari retinol. Bahkan, produk ini tidak disarankan bagi mereka yang belum pernah menggunakan produk dengan kandungan retinol sebelumnya. 

Jadi, tentu tidak disarankan untuk ibu menyusui, ya. 

12. The Ordinary Retinol 1% in Squalane

12. The Ordinary Retinol 1% in Squalane
shopee.co.id

Skincare dari The Ordinary ini cukup diminati karena water-free, alcohol-free, silicone-free, dan gluten-free. Produk ini diklaim bisa mengurangi tanda penuaan seperti garis halus, noda hitam, dan lainnya. 

Dinilai aman untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi, skincare ini mengandung 1% retinol murni yang tanpa campuran. Produk ini tidak disarankan untuk ibu menyusui dan para pemula karena kandungan retinol yang cukup tinggi.

Itu dia beberapa produk skincare yang mengandung retinol di dalamnya. Demi keamanan si Kecil, perhatikan kembali semua skincare Mama selama masa menyusui, ya. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk