7 Rekomendasi Merek Nipple Shield yang Aman untuk Ibu Menyusui

Pilihlah nipple shield yang tepat dan aman saat digunakan untuk menyusui

25 Februari 2021

7 Rekomendasi Merek Nipple Shield Aman Ibu Menyusui
Freepik/boggy

Menyusui merupakan suatu keistimewaan yang bisa Mama lakukan setelah melahirkan anak. Dalam proses menyusui si Kecil, setiap perempuan memiliki ketakutan tersendiri di dalam dirinya. Beberapa hal yang sering ditakutkan, yaitu kelancaran ASI, rasa sakit di puting saat menyusui, hingga permasalahan puting yang rata.

Rasa khawatir saat menyusui merupakan hal yang wajar bagi seorang perempuan setelah melahirkan. Bagi Mama yang mengalami permasalahan tersebut bisa diatasi dengan menggunakan nipple shield atau pelindung puting saat menyusui.

Nipple shield merupakan suatu alat berbahan silikon yang berfungsi untuk melindungi puting ketika si Kecil menyusui. Menggunakan pelindung puting menjadi salah satu alternatif agar bayi lebih mudah mengisap ASI dan melindungi puting yang terluka.

Saat ini nipple shield banyak dijual di pasaran. Namun, Mama perlu berhati-hati saat membelinya untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bayi pada saat menyusui.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi nipple shield yang aman untuk ibu menyusui.

1. Ardo Tulips Nipple Shield

1. Ardo Tulips Nipple Shield
Tokopedia.com

Ardo Tulips berfungsi sebagai pelindung puting saat si Kecil menyusu. Jika puting mama sedang terluka, Mama bisa menggunakan nipple shield ini untuk mengurangi rasa sakit. Hal ini dikarenakan nipple shield terbuat dari bahan silikon yang aman untuk puting mama.

Selain itu, bagi Mama yang memiliki permasalahan puting yang rata tentunya mengalami kesulitan untuk mendapatkan posisi latch-on saat menyusui. Dengan menggunakan nipple shield, Mama akan mudah dalam mencari posisi tersebut. Jika sudah menemukan posisi latch-on dalam beberapa hari kemudian, Mama bisa menghentikan penggunaan nipple shield.

Desain nipple shield yang lembut dan tipis, membuat bayi merasakan seperti menyusu dari puting asli mama. Selain itu, setelah menghentikan menggunakan nipple shield, si Kecil tidak akan merasakan perbedaan.

Mama bisa membeli Ardo Tulips Nipple Shield dengan harga Rp 150.000 hingga Rp 220.000 di e-commerce.

2. Dr Brown Nipple Shield

2. Dr Brown Nipple Shield
Tokopedia.com

Nipple Shield produksi Dr Brown merupakan pelindung puting yang bebas dari BHA, sehingga aman untuk kesehatan bayi saat menggunakannya. Pelindung ini terbuat dari bahan silikon yang lembut dan memiliki terkstur elastis. Dr Brown Nipple Shield dapat mengatasi permasalahan ibu menyusui, seperti puting datar.

Dr Brown Nipple Shield dilengkapi dengan 13 lubang yang memudahkan aliran ASI untuk keluar. Dengan adanya lubang tersebut, ASI yang keluar dapat terhindar dari penggumpalan di ujung pelindung. Selain itu juga dapat menjaga kelembapan permukaan puting, sehingga tetap kering.

Di bagian ujung nipple shield terdapat lekukan yang berguna untuk memudahkan bayi ketika ingin menyentuh payudara mama. Sehingga, bayi akan tetap nyaman walaupun Mama menggunakan nipple shield.

Mama bisa membeli Dr Brown Nipple Shield dengan harga Rp 170.000 hingga Rp 250.000 di e-commerce.

Editors' Picks

3. Little Baby Silicone Nipple Shield

3. Little Baby Silicone Nipple Shield
Tokopedia.com

Little Baby Silicone Nipple Shield terbuat dari bahan silikon yang lembut, sehingga akan membuat Mama dan si Kecil merasa nyaman saat digunakan. Nipple shield ini memiliki dua lengkungan yang dapat digunakan untuk ukuran payudara kecil dan besar.

Nipple shield merek Little Baby ini dipercaya efektif untuk membantu Mama saat menyusui dalam jangka waktu pendek. Jika Mama mengalami permasalahan, seperti puting terluka, puting datar, dan kering bisa menggunakan nipple shield.

Alat pelindung ini dilengkapi case untuk menjaga kebersihan nipple shield saat tidak digunakan. Mama bisa membeli Little Baby Nipple Shield dengan harga Rp 35.000 hingga Rp 50.000 di e-commerce.

4. MAM Nipple Shield

4. MAM Nipple Shield
Tokopedia.com

MAM Nipple Shield berfungsi sebagai pelindung puting saat Mama menyusui. Alat ini dapat membantu Mama agar terhindar dari puting yang terluka dan lecet. Nipple shield merek MAM berbahan silikon dengan kualitas yang baik, sehingga aman untuk digunakan si Kecil.

Alat ini tersedia dua ukuran yang berbeda, yaitu nipple shield 1 untuk puting kecil dan nipple shield 2 untuk puting besar. Nipple shield MAM dilengkapi dengan case yang berguna untuk menyimpan alat ini, sehingga tetap aman dan steril.

Mama bisa membeli MAM Nipple Shield dengan harga Rp 85.000 hingga Rp 110.000 di e-commerce.

5. Medela Contact Nipple Shield

5. Medela Contact Nipple Shield
Tokopedia.com

Medela Nipple Shield dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan puting datar pada ibu menyusui. Pelindung ini didesain dengan bentuk yang unik, sehingga bayi dapat bersentuhan secara langsung dengan payudara mama. Hal ini akan membuat bayi merasakan seperti mengisap ASI langsung dari payudara mama.

Nipple shield merek Medela ini bebas dari bahan BPA yang aman untuk digunakan oleh si Kecil. Alat ini juga tersedia dalam tiga ukuran yang berbeda, yaitu S, M, dan L.

Kelebihan dari nipple shield ini terdapat case atau box yang memudahkan Mama untuk membawanya kemana-mana dengan keadaan tetap higienis.

Mama bisa membeli Medela Nipple Shield dengan harga Rp 120.000 hingga Rp 200.000 di e-commerce.

6. Ninio Silicone Nipple Shield

6. Ninio Silicone Nipple Shield
Tokopedia.com

Ninio Nipple Shield terbuat dari 100 persen food grade silicone yang aman dan bebas BPA, DEHP, anti jamur, dan anti bakteri sehingga aman digunakan untuk menyusui. Nipple shield ini dapat digunakan untuk menghadapi permasalahan pada puting, seperti puting menonjol ke dalam dan terdapat luka.

Pelindung ini cenderung tipis, sehingga dapat membuat si Kecil merasakan menyusu seperti dari puting asli mama. Uniknya dari alat ini, yaitu mampu tahan panas hingga 200 derajat celcius.

Mama bisa membeli Ninio Nipple Shield dengan harga Rp 17.000 di e-commerce.

7. Pigeon Natural Fit Nipple Shield

7. Pigeon Natural Fit Nipple Shield
Tokopedia.com

Pigeon nipple shield terbuat dari bahan yang lentur dan lembut. Pelindung ini dapat mengatasi permasalahan menyusui, seperti puting datar dan terluka hingga iritasi.

Bentuk nipple shield dari Pigeon ini mengikuti ukuran puting, sehingga si Kecil dapat bersentuhan langsung dengan kulit mama. Pada ujung nipple shield ini terdapat lubang yang menyerupai dengan bentuk asli puting.

Pelindung ini terdapat dua pilihan bahan yang aman, yaitu rubber dan silicone. Kedua bahan tersebut sudah bebas dari BPA.

Mama bisa membeli Pigeon Nipple Shield dengan harga Rp 85.000 hingga Rp 110.000 di e-commerce.

Itulah beberapa rekomendasi merek nipple shield yang aman untuk ibu menyusui. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu Mama saat memilihnya ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.