5 Tanda Melahirkan Pembukaan 1 yang Mudah Dikenali

Yuk Ma, kenali tanda pembukaan pertama jelang persalinan normal

1 Februari 2019

5 Tanda Melahirkan Pembukaan 1 Mudah Dikenali
Freepik/rawpixel.com

Bagi ibu hamil yang melahirkan dengan proses persalinan normal, pada umumnya akan mengalami tanda-tanda pembukaan yang serupa. Akan ada banyak drama dan momen tak terlupakan.

Mama pasti berharap memiliki keturunan yang sehat dan semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Agar Mama tidak panik, kira-kira apa saja yang penting untuk diketahui ya Ma?

Tanda-Tanda Melahirkan Pembukaan 1

Tanda melahirkan saat pembukaan pertama adalah fase yang menjadi pengingat bagi ibu hamil dan suami agar terus siaga dan bersiap untuk waktu kelahirang sang bayi. Setelah menantikan selama 9 bulan, akhirnya saatnya tiba. Berikut Popmama.com sebutkan tanda-tanda melahirkan pembukaan pertama yang mudah untuk dikenali:

1. Perut terasa mulas

1. Perut terasa mulas
Freepik/rawpixel.com

Perut terasa mulas, khususnya di bagian perut bawah. Rasanya mulasnya masih terasa ringan. Sesekali datang, menghilang, lalu datang kembali. Rasa mulas pada pembukaan pertama tidak begitu parah jika dibandingkan dengan pembukaan 5 ke atas.

Jika mulas yang datang itu bisa jadi merupakan pertanda jika bunda mengalami pembukaan pertama.

2. Mengalami kontraksi ringan

2. Mengalami kontraksi ringan
motherrisingbirth.com

Kontraksi ringan bisa menjadi tanda melahirkan pembukaan 1. Pembukaan pertama itu artinya jalan lahir akan terbuka sekitar 1 cm. Kontraksi ringan akan mulai terjadi meski terasa datang dan pergi. Ritmenya pun tidak beraturan.

Perlu diingat juga Ma, jika usia kehamilan sudah besar dan mendekati waktu lahir maka sebaiknya Mama memerhatikan jika mengalami kontraksi ringan karena bisa jadi sudah mulai masuk pembukaan satu.

Perhatikan juga jarak kontraksi pertama dengan yang selanjutnya. Ingat-ingat berapa lama jedanya. Bila perlu dicatat ya Ma.

Untuk mengatasi rasa sakit karena kontraksi selama pembukaan berlangsung, Mama bisa berjalan kaki atau menggunakan gym ball.

Editors' Picks

3. Keluar bercak lendir

3. Keluar bercak lendir
Freepik/Dragana_Gordic

Akan ada bercak lendir berwarna coklat kemerahan yang menempel pada pakaian dalam ibu hamil. Ini adalah ciri umum pembukaan pertama. Bercak ini merupakan lendir dari jalan rahim.

Banyak ibu hamil yang tidak menyadari tanda awal menjelang persalinan yang ini karena lendir yang keluar kadang sangat sedikit dan ada juga yang keluar berbarengan saat buang air kecil.

Jangan panik melihat bercak lendir tersebut, Mama tetap bisa berkegiatan seperti biasanya di rumah.

Baca juga: Penting! Ketahui 10 Arti Pembukaan Menjelang Persalinan

Baca juga: Pukul Berapa Biasanya Bayi Akan Lahir? Ini Jawaban Para Ilmuwan!

4. Nyeri di sekitar pinggang

4. Nyeri sekitar pinggang
Freepik/rawpixel.com

Tanda melahirkan pada pembukaan 1 lainnya adalah terasa nyeri di pinggang. Rasa nyeri akan semakin kuat setelah pembukaan bertambah. Setelah pembukaan 5 ke atas maka nyeri di sekitar pinggang akan semakin bertamah dan kesabaran Mama mulai tersita.

Sedikit tips jika mengalami nyeri di sekitar pinggang, Mama bisa duduk di gym ball dan minta suami untuk memegang tangan mama sambil mengusap-usap punggung hingga ke pinggang.

5. Mulai merasa gelisah dan serba salah

5. Mulai merasa gelisah serba salah
Freepik/rawpixel.com

Gelisah, cemas, dan merasa serba salah adalah tanda melahirkan pada pembukaan pertama yang kelima. Jika mulai merasakan hal seperti ini, segera atur napas dan banyak tersenyum.

Dengan cara inilah Mama bisa menikmati setiap kali gelombang cinta (kontraksi) datang.

Itulah 5 tanda melahirkan pada pembukaan 1 yang perlu ibu hamil ketahui. Berjalan kaki dan mengatur pernapasan bisa sedikit mengurangi rasa nyeri. Semangat ya Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;