5 Tips Memperlancar ASI untuk Ibu Menyusui ala Tantri Namirah

Kalau Mama memiliki masalah ASI nggak lancar, Mama bisa tiru tips dan cara ini dari Tantri Namirah

24 April 2018

5 Tips Memperlancar ASI Ibu Menyusui ala Tantri Namirah
Instagram.com/Tantri Namirah

Tantri Namirah, seorang entrepreneur, model, sekaligus influencer, sekarang bisa tersenyum manis. Jelas saja, saat ini Namirah sedang asyik menjalani peran barunya sebagai seorang Mama.

Khawla Saila Kamil, nama lengkap putri pertama Namirah. Bayi mungil ini biasa dipanggil Khawla, sekarang usianya sudah 3 bulan.

Seperti yang kita tahu, mengurus anak di usia newborn sampai satu tahun itu bukan soal mudah ya Ma. Banyak pengorbanan dari Mama yang dilakukan dalam jangka panjang. Termasuk jam istirahat malam, jam makan dan mengatur waktu antara pekerjaan dan Si Kecil.

Terkadang ada waktunya kita terkendala saat memberikan ASI untuk Si Kecil. Walau sekarang bisa tinggal  pumping dan perbanyak stok, lalu simpan di freezer, terkadang masih saja ada masalah lainnya.

Mungkin masalah ini pernah kamu alami juga, seperti Mama yang mendadak kurang sehat, ASI yang volumenya berkurang atau cara penyimpanan stok ASI yang salah sehingga terpaksa ASI yang tengah dibekukan harus dibuang.

Itu adalah sebagian contoh penyebab ASI dibuang dan pasokan untuk Si Kecil jadi buat Mama deg-degan. "Cukup nggak ya kira-kira.."

Inilah yang sering melintas di pikiran Mama.

Nah berikut ini Namirah berbagi cerita mengenai pengalamannya seputar menyusui, Namirah juga memberikan tips lancar menyusui ASI untuk bayi kecil Mama.

Masalah ibu menyusui: jumlah ASI berkurang

Masalah ibu menyusui jumlah ASI berkurang
Instagram.com/Tantri Namirah

Beberapa waktu lalu volume ASI Tantri sempat berkurang dan ini jadi masalah yang cukup membuatnya kepikiran.

"Kemarin ASI aku sempat berkurang, yang tadinya pompa ASI sehari 3 kali, ini pas dipompa nggak keluar sama sekali, bahkan bisa seharian nggak mompa," cerita Namirah.

Keadaan seperti ini pasti membuat seorang Tantri Namirah sedih. Sama halnya kalau kita mengalami hal serupa, pasti ini jadi tantangan saat kita menjalani ASI eksklusif.

"Itu rasanya sedih banget. Setiap malam aku nangis karena selalu memikirkan Khawla, 'cukup nggak ya ASI aku, bisa nggak ya sampai 2 tahun nanti."

Saat ini Tantri Namirah sedang menjalani diet, mungkin ini yang mempengaruhi jumlah ASI jadi berkurang. Khawla alergi makanan yang membuat dia jadi kholik, perut Khawla bisa sampai melilit dan jadinya diare.

Namirah menyebutkan, "Jadi aku cuma makan daging, buah, sayur dan ayam."

Ibu menyusui jangan patah semangat

Ibu menyusui jangan patah semangat
Instagram.com/Tantri Namirah

"Mengalami hal seperti sekitar 2 minggu lebih, setelah dipompa ASI yang keluar 20 ml, terkadang nggak keluar. Biasanya 160 ml, ternyata aku mengalami payudara tersumbat."

Menghadapi masalah demikian, Mama jangan sedih berkepanjangan ya. Segera lakukan cara yang tepat untuk mengembalikan kondisi ASI lancar lagi. 

Cara Memperlancar ASI

Setelah kamu mengetahui kendala apa yang membuat ASI kamu jadi tidak lancar, sebaiknya kamu segera cari cara untuk membuat ASI lancar kembali. Berikut cara memperlancar ASI dari Tantri Namirah:

Editors' Picks

1. Pijat payudara

1. Pijat payudara
Instagram.com/Tantri Namirah

"Ternyata payudara kiri dan kanan aku ada yang tersumbat dan akhirnya aku dipijat."

Pijatan lembut memang sangat membantu untuk melancarkan ASI. Saat dipijat mungkin sedikit sakit, tapi ini bisa memberi pengaruh baik kok Ma. Terutama untuk menstimul produksi ASI secara alami di payudara Mama. 

2. Mencintai apa yang kita makan

2. Mencintai apa kita makan
Instagram.com/Tantri Namirah

Semua dilakukan semata-mata demi Si Kecil. Melihat pertumbuhannya yang signifikan tentu memberi semangat untuk Mama.

Sebagai ibu menyusui, pastinya banyak makanan bernutrisi yang harus kita makan. Kadang belum tentu makanan yang banyak nutrisinya itu adalah makanan yang kita suka.

Nah, itu dia makanya kadang kita kurang suka dengan makanan yang kita makan.

Padahal mencintai makanan yang kita makan  adalah hal penting. Seperti ungkapan terkenal, "you are what you eat."

Seperti yang diceritakan Tantri Namirah, "Akhirnya aku harus mencintai makanan yang aku makan sambil aku mengatakan ke makanannya, walaupun terkadang aku merasa bosan dan nggak suka."

Namirah makan sambil mengatakan,"Hai semoga kamu bisa menghasilkan ASI untuk Khawla dan menjadi vitamin untuk aku dan Khawla juga."

3. Minum vitamin ASI booster

3. Minum vitamin ASI booster
Instagram.com/Tantri Namirah

Sebenarnya minum vitamin ASI booster tidak berpengaruh langsung pada jumlah ASI yang bertambah, tapi ini bagus untuk menstimulasi tubuh untuk terus memproduksi ASI. Selain itu, kualitas ASI juga lebih bernutrisi untuk Si Kecil.

4. Afirmasi positif untuk Mama saat menyusui

4. Afirmasi positif Mama saat menyusui
Instagram.com/Tantri Namirah

Menurut Namirah, "Sekarang ASI aku mulai banyak lagi. Setiap pompa ASI selalu membayangkan ASI yang keluar deras dan percaya nggak percaya metode itu berhasil."

Afirmasi positif memang memiliki kekuatan yang hebat terhadap mempengaruhi pola pikir kita. Mama bisa mencobanya dan menaklukan pikiran buruk atau pesimis ya Ma.

"Harus berpikir positif kalau akan kembali ke kondisi semula."

Ibu menyusui juga jangan patah semangat, harus berani mencoba hal baik yang bisa mempengaruhi volume ASI agar jadi lebih banyak lagi. 

5. Berteman dengan makanan dan minuman sehat berikut ini

5. Berteman makanan minuman sehat berikut ini
Instagram.com/Tantri Namirah

Inilah yang Namirah lakukan sehari-harinya, semoga bermanfaat ya Ma,

  • Minum sari kurma 2 sendo makan setiap bangun pagi sebelum makan dan minum.
  • Makan sayur katuk pagi dan malam sebelum tidur.
  • Minum air putih 1500 ml per hari.
  • Makan buah yang banyak, bisa pilih pepaya dan makan kurma juga.

Itulah cara melancarkan ASI ala Tantri Namirah yang bagus banget Ma. Bisa Mama ikuti juga ya. Kalau ada kendala saat menyusui sebaiknya tidak dipendam sendiri, apa yang membuat Mama merasa tidak nyaman juga bisa didiskusikan ke pasangan Mama ya. Sehat selalu Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.