Baru Tahu di Trimester Kedua, Ibu di Sukabumi Melahirkan Bayi Kembar 3

Fisik yang naik turun hingga sempat kecarunan makanan buat ibu hamil ini sempat kritis saat lahiran

9 Februari 2021

Baru Tahu Trimester Kedua, Ibu Sukabumi Melahirkan Bayi Kembar 3
Unsplash/dragos126

Ibu hamil yang melahirkan bayi kembar tiga secara caesar di Sukabumi sempat viral di internet. Cerita suaminya yang menyebut istrinya sempat kritis setelah melahirkan pun mengundang orang ingin tahu lebih jauh mengenai keluarga ini.

Mama tersebut bernama Puti Ayu dan masih berusia 23 tahun ketika melahirkan bayi kembar tiganya. Sebelumnya, ia dan suaminya, Feri Ferdian (34) sudah memiliki anak perempuan yang kini berusia 5 tahun. 

Berikut Popmama.com rangkum berita selengkapnya mengenai ibu melahirkan bayi kembar tiga di Sukabumi

Editors' Picks

1. Melahirkan bayi laki-laki kembar 3 secara caesar

1. Melahirkan bayi laki-laki kembar 3 secara caesar
Unsplash/Christian Bowen

Puti Ayu dan Feri Ferdian dikaruniai bayi laki-laki kembar tiga yang diberi nama Raka Putra Fernando, Riki Putra Fernando dan Riko Putra Fernando. Anak kembar tiga ini merupakan persalinan kedua yang dihadapi oleh Puti.

Puti melahirkan bayi kembar tiganya di RSUD Sekarwangi Sukabumi dengan metode persalinan caesar. Proses persalinan berlangsung lancar meski Puti sempat harus mendapat pertolongan hingga dibawa ke ruang ICU pasca melahirkan.

Untuk menyusui ketiga putranya itu Puti melakukannya secara bergantian. Melihat hal ini Feri sebagai suami ingin memberikan alat pompa ASI agar istrinya tidak kelelahan ketika menyusui semua putranya.

2. Baru tahu kembar tiga saat usia kehamilan 6 bulan

2. Baru tahu kembar tiga saat usia kehamilan 6 bulan
Unsplash/Daiga Ellaby

Feri menceritakan jika istrinya sempat kaget mengetahui bahwa ia hamil bayi kembar tiga. Rupanya, kabar itu baru didengar keduanya di usia kehamilan sang Istri yang menginjak enam bulan. Suami Puti yang berusia 34 tahun itu menyebut istrinya sempat murung dan menjauhi keramaian karena hal ini.

Ia menceritakan awal periksa melalui USG di bulan ketiga kehamilan janin masih ada satu. Lalu, ketika periksa lagi di usia kehamilan lima bulan, janinnya bertambah menjadi dua. Baru di usia kehamilan enam bulan, Feri mengetahui kalau ada tiga janin dalam perut Puti.

Puti yang merupakan warga Kecamatan Cisolok ini mengaku sempat drop dan tidak mau berkomunikasi dengan siapa pun. Ia sempat tak mau keluar kamar dan sempat malu karena akan punya banyak anak.

Dikutip dari Healthline, ibu hamil yang melahirkan anak kembar tiga memiliki risiko lebih tinggi melahirkan satu anak di antaranya dengan kecacatan. Oleh karenanya, kontrol dan diskusi dengan dokter kandungan mengenai keadaan kehamilan ini sangat perlu dilakukan oleh ibu hamil. 

3. Naik berat badan ekstrem hingga sempat keracunan sebelum melahirkan

3. Naik berat badan ekstrem hingga sempat keracunan sebelum melahirkan
Pexels/Jonathan Borba
joker with card

Tak hanya sang Istri, Feri sebagai suami pun kaget dengan fakta akan memiliki bayi kembar tiga sekaligus. Feri juga melihat perubahan fisik istrinya selama hamil yang membuatnya iba.

Diceritakan Feri jika istrinya memiliki berat badan awal 43 kilogram naik drastis menjadi 79 kilogram. Selama hamil, Puti memiliki kondisi fisik yang tidak stabil. Sebelum melahirkan, kondisi Puti melemah dan sering pusing serta muntah-muntah, dokter menyebut karena keracunan makanan. 

Karena hal itu, Feri sempat panik. Belum lagi rumah sakit yang jadi rujukan pertamanya menutup ruang operasi karena Covid-19. Akhirnya ia membawa istrinya ke RSUD Sekarwangi dan langsung ditangani.

Puti melahirkan bayi kembar tiganya dalam keadaan yang cukup kritis. Badan Puti sempat kejang sampai bola matanya ke atas. Ia pun langsung dilarikan ke ICU untuk mendapatkan perawatan. Untungnya, hari ke hari kondisinya semakin membaik dan akhirnya diperbolehkan pulang. 

Itulah tadi berita mengenai kelahiran bayi kembar tiga di Sukabumi. Semoga Mama dan keluarga dari bayi ini sehat selalu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.