Demam Hingga Dilarikan ke UGD, Ini Cerita Citra Kirana Alami Mastitis

Citra Kirana mengalami demam hingga 39.6 derajat celsius hingga harus dibawa ke UGD rumah sakit

16 September 2020

Demam Hingga Dilarikan ke UGD, Ini Cerita Citra Kirana Alami Mastitis
Instagram.com/rittarrajagukguk

Citra Kirana sempat dilarikan ke UGD sebuah rumah sakit secara tiba-tiba. Ternyata Mama satu anak ini mengalami mastitis.

Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yang umumnya menyerang ibu menyusui pada 12 minggu pertama setelah melahirkan. Ditemani sang Suami, Rezky Adhitya, mama yang akrab disapa Ciki ini menglami beberapa tanda mastitis seperti demam, mual, dan pusing.

Bagaimana cerita Citra Kirana mengalami mastitis hingga harus ke UGD? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Dilarikan ke UGD pukul 11 malam

1. Dilarikan ke UGD pukul 11 malam
Youtube/Ciky Citra Rezky

Melalui akun Youtube Citra Kirana dan Rezky, pasangan artis ini menceritakan hal yang dialami Ciki tersebut. Diketahui kalau Ciki dilarikan ke rumah sakit pukul 23.00 WIB karena sudah tidak kuat menahan sakit.

“Waktu kemarin aku nggak kuat banget sih,” tutur Citra Kirana

Kemudian, Rezky pun menceritakan kondisi saat istrinya mesti di bawa ke UGD. Ia menyebut bahwa saat itu Rezky baru pulang dari lokasi syuting hampir tengah malam.

“Aku baru pulang syuting jam 11 malam, dia (Ciki) udah merasa ini-itu dan nggak kuat banget,” tutur Rezky.

Akhirnya dari sana mereka sepakat untuk membawa Ciki ke rumah sakit tempat ia bersalin dulu. Saat itu pasangan ini sempat khawatir karena suhu tubuh Ciki sudah di atas 37.5 derajat celsius.

2. Alami demam hingga 39 derajat

2. Alami demam hingga 39 derajat
Youtube/Ciky Citra Rezky

Diceritakan Ciki kalau ia seharian beristirahat di rumah. Namun, badannya tidak kunjung membaik. Bahkan ia tidak menyalakan AC di kamarnya tapi demam yang ia rasakan tidak kunjung mereda.

“Aku demam sampai 39.6 derajat,” tuturnya.

Jelas itu membuat tubuhnya merasa sangat tidak nyaman. Selain demam, Ciki juga merasakan gejala lain seperti mual, pusing, hingga payudaranya sangat sakit.

“Aku pusing banget, panas, mual. Payudaranya sakit banget. Bener-bener nggak kuat aku, sakit banget,” jelas Citra saat berada di UGD rumah sakit.

Rezky menjelaskan bahwa ia tidak tega melihat keadaan istrinya saat itu. Karena pasti sangat tidak nyaman dengan kondisi demam dan segala hal yang dirasakan Ciki. Sebagai suami, Rezky tetap menemani Ciki di UGD rumah sakit.

Untungnya, setelah diberikan obat demam dan vitamin oleh dokter, Ciki sudah merasa tubuhnya semakin membaik.

“Sampai di UGD dan dua jam di rumah sakit sudah lumayan enak habis itu,” jelas Citra.  

Editors' Picks

3. Sempat khawatir dengan keadaan sang Anak

3. Sempat khawatir keadaan sang Anak
Instagram.com/rittarrajagukguk

Karena keadaannya ini, Citra Kirana sempat merasa khawatir dengan sang Anak. Meski ia menitipkan sang Anak kepada orangtuanya.

“Aku kayak jadi takut memberi ASI ke Athar secara langsung. Jadi akhirnya aku pumping. Pokoknya mikir sudah aneh-aneh,” cerita Ciki.

4. Dukungan Rezky sangat penting untuk Ciki

4. Dukungan Rezky sangat penting Ciki
Youtube.com/Ciky Citra Rezky

Ciki menyebut kalau dukungan dari Rezky Adhitya mengenai mastitisnya sangat berarti. Ciki mewanti-wanti suaminya untuk bisa mendukung dirinya dengan cara mengingatkan untuk pumping.

“Kamu kalau di lokasi syuting sekarang suka nanya, ‘udah pumping belum?’,” tutur Ciki.

Dukungan Rezky juga tak hanya sebatas mengingatkan dirinya untuk pumping. Meski kadang Ciki menyatakan kalau suaminya tersebut masih suka mager untuk membantunya pijat oksitosin.

“Sekarang masih suka sakit-sakit sedikit, tapi masih menjalankan pijat laktasi dan pijat oksitosin,” tutur Ciki.

5. Alami mastitis jadi pelajaran untuk Citra Kirana

5. Alami mastitis jadi pelajaran Citra Kirana
Youtube.com/Ciky Citra Rezky

Menurut Ciki, mengalami mastitis jadi bahan pelajaran untuk ke depannya. Ia merasa sebelum mastitis, ia menyepelekan pumping ASI. Padahal hal itu sangat penting dilakukan.

Bahkan karena hal ini ia sempat kena omel teman-temannya.

“ASI aku banyak tapi nggak aku pompa karena aku ngerasa sudah cukup menyusui ke Athar. Padahal itu nggak boleh karena ASI itu produksi terus. Ternyata yang namanya mastitis nggak enak banget,” cerita Ciki.

Oleh karenanya, ia berpesan kepada Mama di luar sana agar tidak mengalami hal seperti dirinya. Ciki mengungkapkan agar tidak menyepelekan soal pumping ini.

“Aku kemarin jarang pumping padahal itu perlu. Karena itu peting banget, ternyata aku menyepelekan pada saat itu karena sudah merasa cukup. Jadi jangan ditiru ya,” ungkapnya.

Tanda-Tanda Ibu Menyusui Mengalami Mastitis

Tanda-Tanda Ibu Menyusui Mengalami Mastitis
blog.qualfarmacia.com

Mastitis pada masa menyusui umumnya terjadi pada salah satu payudara saja. Namun, tak menutup kemungkinan ada kasus langka yang bisa membuat kedua payudara mengalaminya. Gejala pada mastitis bisa muncul tiba-tiba. Berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai:

  • Payudara memar dan kemerahan,
  • sering gatal di payudara,
  • terasa perih saat menyusui,
  • payudara bengkak,
  • ada benjolan atau bisul pada payudara,
  • sering merasa lelah,
  • ada pembesaran kelenjar getah bening di ketiak,
  • demam,
  • puting mengeluarkan nanah.

Itulah tadi cerita Citra Kirana yang harus dilarikan ke UGD rumah sakit karena mastitis. Meski mastitis ini menjadi penyakit umum yang bisa diderita ibu menyusui. Namun, akan berdampak tidak nyaman terhadap Mama tersebut.

Semoga Citra Kirana segera sembuh dan beraktivitas normal kembali ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.