10 Cerita Selebriti Indonesia yang Sedang Menyusui, Penuh Tantangan!

Setiap seleb mama ini punya masalahnya sendiri saat menyusui

29 Juli 2021

10 Cerita Selebriti Indonesia Sedang Menyusui, Penuh Tantangan
Instagram.com/dindahw & Instagram.com/zaskiasungkar15

Menyambut pekan ASI dunia 2021, banyak para selebriti Mama yang bangga dirinya menyusui dan memberikan ASI pada anaknya. Meski para selebriti ini punya kesibukan masing-masing, mereka tetap ingin bisa menyusui anak-anak mereka.

Entah dari pengakuan di Instagram atau wawancara, deretan selebriti ini mengaku telah memberikan ASI kepada bayinya. Ada beberapa diantaranya yang tidak ragu membagikan momen intim tersebut.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai deretan selebriti yang sedang menyusui.

1. Alice Norin

1. Alice Norin
Instagram.com/alicenorin

Mama Alice Norin diketahui memberikan ASI kepada anaknya, Alana. Bahkan saat dirinya dinyatakan positif Covid-19 pada akhir Juni 2021 kemarin, Alice tetap mengusahakan anaknya mendapatkan ASI lho. 

Berpisah dengan sang Anak, Alice sempat merasakan sedih. Sebab ia dan Alana hanya bisa melepas rindu dari kejauhan saja. Tetap berjuang memompa ASI untuk anaknya, Alice tidak membeberkan secara jelas proses mengASIhinya dengan Alana saat positif Covid-19.

2. Asmirandah

2. Asmirandah
Instagram.com/asmirandah89

Asmirandah melahirkan anaknya, Chloe di akhir Desember 2020 lalu. Kini, Chloe sudah mulai mencoba MPASI diusianya yang ketujuh bulan. Namun, pemberian ASI juga tak pernah dilewatkan Asmirandah dari Chloe lahir hingga saat ini.

Andah sempat melewati masa-masa sulit karean Chloe hanya mau menyusu di payudara sebelah kiri. Ia pun di awal-awal melahirkan Chloe cukup kaget menyesuaikan diri sebagai Mama baru. Diakui Andah ia jadi sering begadang waktu itu. 

Namun, dari waktu ke waktu Andah dan Jonas pun mulai bisa menyesuaikan. Seiring Chloe yang makin bertumbuh, Andah juga semakin tahu dan bisa menghadapi tantangan di momen mengASIhinya bersama Chloe.

3. Audi Marissa

3. Audi Marissa
Instagram.com/audimarissa

Audi Marissa punya cerita sendiri saat mengASIhi anaknya. Aktris berusia 26 tahun ini menyebutkan produksi ASI-nya sempat sedikit sesaat setelah melahirkan. Salah satu penyebabnya karena ia melahirkan prematur yang membuat kondisi hatinya tak menentu.

Sadar hal itu memengaruhi, Audi pun melakukan sejumlah cara untuk meningkatkan produksi ASI-nya. Selama dua minggu ia memikirkan berbagai cara, sampai akhirnya Audi pun menemukan resep ASI booster yang ampuh yaitu jus daun torbangun seperti yang diungkapkan di Instagramnya.

4. Chelsea Olivia

4. Chelsea Olivia
Instagram.com/chelseaoliviaa

Lewat Instagramnya, Chelsea Olivia pernah membagikan masalah saat dirinya mengASIhi Dante Oliver Alinskie. Chelsea menceritakan kalau ASI-nya sempat tidak keluar saat menyusui anak keduanya itu.

Chelsea mengira saat melahirkan Dante perjalanan mengASIhinya akan lebih lancar. Saking yakinnya, ia bahkan berpikir anak keduanya bisa lancar mendapatkan ASI tanpa hambatan apa pun. Namun, dugaan itu justru salah. 

"Dan aku kira anak kedua pasti sudah nggak ada hambatan karna kalau dipikir pasti kan saluran ASI sudah kayak jalan tol. NO, NO anak pertama ataupun kedua sama saja ya, saatnya sakit yah sakit. I feel you," jelasnya di Instagram.

Editors' Picks

5. Dinda Hauw

5. Dinda Hauw
Instagram.com/dindahw

Lewat Instagram Storiesnya, Dinda Hauw sempat membagikan kisah mengASIhi anak pertamanya dengan Rey Mbayang. Ia pun tak lupa menyebutkan resep ASI booster pilihannya.

Dinda diketahui mengonsumsi daun katuk tiga kali sehari sebagai salah satu ASI Booster. Ia juga megonsumsi suplemen untuk ASI dan rajin pumping nih. 

"Aku makan sayur katuk tiga kali sehari, minum ASI booster, dan rajin pumping," ujar Dinda Hauw.

6. Jennifer Bachdim

6. Jennifer Bachdim
Instagram.com/jenniferbachdim

Dikenal sebagai Mama yang fit dan rajin berolahraga, rupanya Jennifer Bachdim juga punya cerita mengASIhinya sendiri. Pada Maret 2021 lalu, Jennifer membagikan momen dirinya memberikan ASI kepada anak ketiganya, Kiyoji Kaynen Bachdim.

Diakui dirinya, kalau ia sempat merasakan tantangan menyusui bahkan di awal-awal melahirkan. Tak disangkal memang menyusui jadi momen yang indah bagi Jennifer. Namun, sebagai Mama juga harus siap dengan segala tantangannya.

"Menyusui itu indah namun menantang. Saya menghasilkan banyak ASI yang membuat payudara saya bengkak dan sakit. Meskipun Kiyoji menyusu dengan sangat baik, setiap 2-3 jam saya mengalami luka dan payudara nyeri," tutur Jennifer di Instagramnya.

7. Niken Anjani

7. Niken Anjani
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Menjadi Mama baru di tahun 2021 membuat kehidupan Niken berubah drastis. Ia menceritakan kisahnya saat mengASIhi kepada Popmama.com lho. Produksi ASI Niken sempat menurun dan sempat tergoda memberikan susu formula.

Namun, berkat dukungan dari suami dan keluarganya yang membuat dirinya menjadi lebih santai dan tidak terbebani.

"Tapi alhamdulillah itu saya dapat suami yang suportif banget, pokoknya dibawa santai. Ya kalau memang nggak balik (normal) lagi, yaudah susu formula aja, kan susu formula juga bukan racun. Tapi tetap sebaiknya nomor satu ASI, kita usaha dulu, gitu saya dan suami bilangnya," ujar Niken saat wawancara khusus dengan Popmama.com.

8. Tata Janeeta

8. Tata Janeeta
Instagram.com/tatajaneetaofficial

Di Instagram pribadinya, Tata Janeeta juga membagikan cerita mengASIhinya dengan sang Anak. Tak segan membagikan potret intim tersebut, Tata juga menceritakan pengalaman dan hambatannya selama memberikan ASI.

Tata Janeeta mengaku momen menyusui anaknya adalah hal yang membahagiakan. Meski banyak tantangan, ia merasa semuanya terbayarkan setelah melihat wajah anaknya yang sedang menyusui dengan nyaman dan lahap.

"Salah satu kebahagiaan seorang ibu adalah saat menyusui anaknya, rasa perih dan teman-temannya terbayarkan ketika melihat anak minum dengan lahap," jelas Tata.

9. Zaskia Adya Mecca

9. Zaskia Adya Mecca
Instagram.com/zaskiadyamecca

Perjalanan menyusui Zaskia Adya Mecca pun tak lepas dari tantangan. MengASIhi anak kelimanya di tahun 2021, Zaskia sempat mengalami mastitis nih. Pada April 2021, Zaskia membagikan ceritanya di Instagram.

Zaskia mengatakan mastitis yang ia alami karena anaknya, Bhaj Kama Bramantyo, tidak maksimal menyusu. Akibatnya, payudara sebelah kanannya tidak benar-benar kosong dari air susu ibu atau ASI.

Banyak pengikut Zaskia yang menyarankan agar mengompres payudara menggunakan air hangat dan memompa ASI hingga benar-benar kosong untuk mengatasi mastitisnya.

"Sudah dilakukan, emang tinggal sabar basiannya ilang. Makasi sharingnya, mentemen," ujar Zaskia.

10. Zaskia Sungkar

10. Zaskia Sungkar
Instagram.com/zaskiasungkar15

Melahirkan anak pertama setelah penantian panjang membuat kehidupan Zaskia dan Irwansyah makin lengkap dengan adanya Ukkasya. Ia pun bersyukur sekali karena ASI yang dihasilkannya lancar dan banyak.

Hal itu sempat ia ungkapkan di channel Youtube The Sungkar Family. Dokter yang menganinya juga senang melihat produksi ASI Zaskia yang lancar ini. 

"Jadi dari hari pertama dokter sudah senang banget melihatnya. Ini masih kuning gitu kan, kolostrum. Jadi sudah waktunya ASI yang keluar tuh InsyaAllah tambah banyak lagi,” ujar Zaskia Sungkar pada videonya, April 2021. 

Itulah tadi cerita deretan selebriti Indonesia yang sedang menyusui. Perjuangan menyusui buah hati memang tidak gampang, belum lagi ASI ekslusif itu biasanya dijalankan sangat panjang minimal enam bulan. 

Ada beberapa selebriti yang bertekad memberikan ASI hingga dua tahun juga. Kita dukung semoga mereka melewati masa mengASIhi ini dengan baik dan minim tantangan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.