Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Terbaik Menguruskan Badan setelah Melahirkan

Selagi ada niat, menguruskan badan setelah melahirkan ternyata nggak terlalu sulit banget kok Ma!

22 Januari 2023

6 Cara Terbaik Menguruskan Badan setelah Melahirkan
Pexels/Public Domain Pictures

Usai melahirkan, kegalauan Mama tak hanya seputar cara mengurus anak, tapi juga masalah berat badan. Kekhawatiran bentuk tubuh tidak dapat kembali seperti sedia kala kerap menghampiri para perempuan begitu usai melahirkan.

Bagi Mama yang khawatir dengan hal ini dan berniat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, berikut Popmama.com ulas beberapa cara yang bisa ditempuh.

1. Konsumsi makanan sehat

1. Konsumsi makanan sehat
Freepik/Senivpetro

Tak perlu melakukan diet yang ketat, Mama hanya perlu memastikan bahwa makanan yang Mama konsumsi merupakan makanan sehat. Disarankan untu mengonsumsi makananan yang tinggi akan kandungan protein seperti ayam, daging, dan kacang-kacangan. Jangan lupa pula untuk  mengonsumsi aneka jenis sayuran, produk berbahan susu seperti keju dan yogurt yang tinggi akan kandungan kalsiumnya.

2. Pilih camilan yang sehat

2. Pilih camilan sehat
Freepik/Yanalya

Bagi Mama yang suka nyemil, hindari makanan yang tinggi akan kandungan lemak dan gula yang umum ditemui pada aneka jenis cookies, kue, burger ataupun pizza. Mama lebih disarankan untuk mengonsumsi camilan sehat seperti aneka jenis buah-buahan yang cenderung bernutrisi dan bergizi.

Editors' Picks

3. Perbanyak konsumsi air putih

3. Perbanyak konsumsi air putih
Freepik

Memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap hari merupakan salah satu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang bisa Mama tempuh. Selain mampu menghidrasi tubuh dengan baik, air putih juga dapat membuat Mama menjadi lebih kenyang sehingga keinginan untuk mengonsumsi cemilan yang berkalori tinggi berkurang.

Nah, agar mudah untuk menjalaninya, Mama disarankan untuk membiasakan diri mengonsumsi satu gelas air putih setiap habis menyusui.

4. Tidur yang cukup

4. Tidur cukup
Freepik

Tidur yang kurang rupanya mempengaruhi pertambahan berat badan Ma. Sebuah studi menunjukkan bahwa ibu baru melahirkan yang tidur selama 5 jam atau kurang cenderung akan mendapatkan kesulitan dalam menurunkan berat badan dibandingakan mereka yang tidur selama 7 jam. Jadi usahakan ya Ma tidurnya tercukupi dengan baik.

5. Merawat Si Kecil sendiri

5. Merawat Si Kecil sendiri
Freepik

Merawat Si Kecil tanpa bantuan baby sitter memang bukan perkara yang mudah, tapi cara ini bisa menjadi langkah untuk menurunkan berat badan secara alami. Mama dapat memulainya dengan mengerjakan segala keperluan Si Kecil sendiri mulai dari memandikan bayi, mengganti popok, mengendong, meniduri hingga mengajaknya bermain di waktu senggang. Kegiatan tersebut memang akan menguras energi tapi dibalik itu, ada pula kalori tubuh yang terbakar.  Apabila Mama ingin melakukan ini, ukur juga kemampuan ya Ma. Jangan paksakan tubuh untuk melakukan semuanya ketika sudah lelah karena Mama tetap bisa meminta bantuan kepada suami ataupun kerabat terdekat untuk membantu jika dirasa sudah tak sanggup.

6. Ambil manfaat menyusui

6. Ambil manfaat menyusui
Freepik

Menyusui rupanya turut berperan dalam menurunkan berat badan Mama secara bertahap. Sebab, saat menyusui, sejumlah hormon akan dilepaskan dan hormon-hormon inilah yang akan membantu rahim untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil.

Selain pelepasan hormon, menyusui juga dapat membakar ratusan kalori lho Ma.

Itu dia Ma, beberapa cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang bisa Mama lakukan. Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk