5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Punggung Pasca Melahirkan

Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup agar nyeri punggung mereda

19 November 2021

5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Punggung Pasca Melahirkan
Freepik/freepik

Apakah Mama pernah merasakan nyeri punggung akibat ketegangan dan kejang otot pasca melahirkan?

Nyeri punggung bisa dialami oleh siapa saja, termasuk Mama yang baru saja melahirkan. Penyebabnya beragam Ma, mulai dari posisi menyusui yang tidak tepat, peningkatkan berat badan setelah melahirkan, pelepasan beberapa jenis hormon, efek samping anestesi, serta kesalahan postur tubuh saat mengangkat dan menggedong bayi.

Umumnya rasa nyeri punggung akan menghilang dengan sendirinya kok, Ma. Tapi, jika dibiarkan terus menerus tentu akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Lalu bagaimana cara mudah mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan? Berikut Popmama.com akan memberikan informasinya untuk Mama, dilansir dari Healthline. Yuk, disimak!

1. Usahakan agar tubuh tidak membungkuk saat mengangkat dan menggendong bayi

1. Usahakan agar tubuh tidak membungkuk saat mengangkat menggendong bayi
Pexels/Anna Svhets

Dalam merawat si Kecil, tentu ada aktivitas dimana Mama harus mengangkat atau menggendongnya. Baik itu dari tempat tidur, car seat, maupun kereta dorong.

Nah, kesalahan saat mengangkat dan menggendong bayi ternyata bisa jadi penyebab nyeri leher dan punggung, Ma.

Untuk mengatasi nyeri punggung setelah melahirkan, Mama sangat disarankan untuk tidak membungkuk saat melakukan hal tersebut. Pastikan postur tubuh tetap lurus ketika harus mengangkat atau menggendong bayi ya.

Jika memungkinkan, mintalah bantuan dari pasangan atau keluarga terdekat yang dipercaya, untuk meletakkan bayi di tempat tidur atau kereta dorong.

Editors' Picks

2. Jaga postur punggung tetap lurus saat menyusui

2. Jaga postur punggung tetap lurus saat menyusui
Freepik/Zilvergolf

Menyusui adalah momen indah bagi setiap perempuan, dimana perhatian, kedekatan, serta kasih sayang tercurah sepenuhnya.

Tapi saat menyusui biasanya Mama terlalu asik menatap wajah si Kecil, sehingga tanpa disadari punggung terus membungkuk ke arah bawah dan menyebabknya nyeri di bagian leher dan punggung.

Oleh karena itu, saat menyusui sebaiknya Mama menjaga postur tubuh tetap lurus ya. Ini untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada leher dan tulang belakang, sekaligus mencegah sakit punggung dan mengurangi rasa nyeri yang ada.

Mama bisa juga lho, mencari tempat baru yang dirasa nyaman untuk menyusui. Tapi pastikan posisi Mama saat menyusui sudah benar ya, agar terhindar dari nyeri punggung.

3. Mandi air hangat untuk meredakan ketegangan otot

3. Mandi air hangat meredakan ketegangan otot
Freepik/Racool_studio

Mandi air hangat dipercaya bisa meredakan ketegangan dan kejang otot yang terjadi di punggung. Selain itu, mandi menggunakan air hangat juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Kalau nggak ada waktu untuk mandi, Mama bisa kok mandi di bawah shower air hangat, atau menggunakan bantal pemanas ya.

Nggak ada salahnya untuk dicoba nih Ma, guna mengurangi peradangan dan nyeri punggung yang dialami. Tapi sebelumnya, pastikan Mama sudah mendapatkan izin dari dokter atau perawat, untuk mandi ya. Terutama jika Mama baru menjalani tindakan operasi caesar.

4. Lakukan peregangan otot dan olahraga ringan

4. Lakukan peregangan otot olahraga ringan
Freepik/pressfoto

Cara lain untuk mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan yaitu, melakukan peregangan otot dan olahraga ringan. Tentunya, Mama boleh melakukan ini setelah mendapatkan persetujuan dari dokter ya.

Mulailah dengan latihan yang ringan seperti yoga atau pilates. Dimana keduanya bisa membantu memperkuat otot perut dan membantu melepaskan ketegangan otot di punggung.

Selain itu, Mama bisa juga melakukan peregangan otot dengan cara berjalan santai di pagi hari, guna meningkatkan sirkulasi udara dan darah di dalam tubuh.

5. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup

5. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat cukup
Pixabay/Claudio_Scott

Dalam merawat bayi, tentu akan ada banyak aktivitas yang harus Mama lakukan. Bergerak terlalu banyak justru bisa memperburuk nyeri punggung lho Ma. Oleh karenanya, Mama harus memberikan kesempatan tubuh, terutama bagian punggung dan kaki untuk berisitrahat.

Jika memungkinkan, Mama bisa tidur di siang hari. Karena biasanya merawat bayi membuat jam tidur kita berkurang atau justru berantakan. Padahal tidur adalah salah satu cara untuk memperbaiki masalah yang ada di dalam tubuh kita.

Demikianlah informasi mengenai 5 cara mudah mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan. Biasanya nyeri punggung bisa sembuh dengan sendirinya, Ma. Namun, jika sudah melakukan beberapa cara di atas dan nyeri punggung tidak juga mereda, sebaiknya lakukan konsultasi medis ya.

Dokter mungkin akan memberikan perawatan dan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengatasi masalah ini. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.