Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapan Boleh Melakukan Masturbasi Usai Melahirkan?

Jangan buru-buru, tunggu setidaknya enam minggu pasca melahirkan ya Ma!

7 Desember 2022

Kapan Boleh Melakukan Masturbasi Usai Melahirkan
Unsplash/Taras Chernus

Pasca melahirkan, Mama memang disarankan untuk menunggu setidaknya enam minggu untuk bisa kembali melakukan hubungan seksual. Ini karena, setelah melahirkan tubuh perlu banyak istirahat untuk mendukung proses pemulihan.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit dari Mama yang justru memilih untuk melakukan masturbasi lebih cepat, guna memuaskan hasrat seksual. Masturbasi dipercaya bisa meredakan stres, membuat tidur lebih nyenyak, serta dianggap minim risiko karena tidak terjadi penetrasi secara langsung ke vagina.

Namun ada baiknya, sebelum memutuskan untuk melakukan hal tersebut, ketahui dulu kapan boleh melakukan masturbasi usai melahirkan. Berikut Popmama.com siapkan rangkuman informasi selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber.  

1. Apa itu masturbasi?

1. Apa itu masturbasi
Pexels/Gantas Vaiciulenas

Melansir dari Medical News Today, masturbasi adalah aktivitas merangsang alat kelamin untuk mendapatkan suatu kenikmatan seksual. Selama dilakukan dengan benar, masturbasi dianggap sebagai aktivitas seksual yang normal dan sehat, dengan sedikit efek samping.

Masturbasi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Mama pasca melahirkan. Bahkan sebuah studi di tahun 2013 menyebutkan kalau sekitar 40% perempuan yang baru melahirkan, melakukan masturbasi beberapa minggu setelah melahirkan.

Editors' Picks

2. Masturbasi pasca melahirkan banyak dilakukan karena dianggap minim risiko

2. Masturbasi pasca melahirkan banyak dilakukan karena dianggap minim risiko
Pexels/cliffbooth

Pasca melahirkan Mama memang tidak disarankan untuk memasukkan benda apapun ke dalam vagina, termasuk penis. Sebab, biasanya usai persalinan Mama akan mengalami masa nifas. Dimana dalam prosesnya akan ada darah yang keluar dari vagina, sebagai bagian dari proses penyembuhan rahim.

Larangan ini membuat banyak perempuan memilih untuk melakukan masturbasi. Karena masturbasi bisa dilakukan tanpa adanya penetrasi, sehingga ini dianggap aman dan minim risiko.

3. Kapan boleh melakukan masturbasi usai melahirkan?

3. Kapan boleh melakukan masturbasi usai melahirkan
Freepik/benzoix

Meski dianggap aman, nyatanya Mama juga perlu memperhatikan kapan boleh melakukan masturbasi usai melahirkan.

Melansir dari Romper, seorang dokter obgyn bernama Kyrin Dunston mengatakan bahwa, perempuan memang tidak disarankan untuk melakukan aktivitas seksual selama enam minggu pasca melahirkan. Tapi ada beberapa aktivitas seksual yang dianggap aman dan bisa lebih cepat dilakukan, salah satunya masturbasi.

Dimana menurut dr. Kyrin, masturbasi dengan memberikan stimulasi klitoris baru bisa dilakukan atau dianggap aman sekitar empat minggu setelah persalinan.

4. Masturbasi bisa sebabkan kontraksi rahim

4. Masturbasi bisa sebabkan kontraksi rahim
Freepik/Eddows-animator

Meski masturbasi bisa dilakukan empat minggu pasca melahirkan, Mama tetap harus memperhatikan faktor risikonya ya.

Karena pada umumnya masturbasi bisa membuat seseorang mengalami orgasme, yang berisiko menimbulkan kontraksi di rahim. Ini dapat menyebabkan perut terasa sakit dan kram, sehingga proses pemulihan pasca melahirkan akan semakin lama.

Selain itu, kontraksi rahim juga bisa menimbulkan risiko lain di tubuh Mama. Seperti rasa nyeri di bekas luka persalinan, serta pendarahan postpartum yang menyebabkan vagina dan panggul terasa berat atau nyeri.

5. Penting untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukan masturbasi

5. Penting mengetahui kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukan masturbasi
Pexels.com/MartProduction

Tak bisa dipungkiri kalau setiap orang pasti memiliki hasrat seksual. Tapi karena baru melahirkan, aktivitas seksual harus dilakukan dengan memperhatikan faktor kesehatan tubuh ya.

Karena alasan ini juga, dr. Kyrin Dunston lebih merekomendasikan Mama untuk menunggu selama enam minggu penuh, sebelum melakukan masturbasi. Tapi jika dalam prosesnya Mama tak mampu menahan hasrat seksual, konsultasikan ke dokter mengenai aktivitas seksual yang aman dan bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Selain itu, jangan lupa bicarakan hal ini dengan pasangan ya. Supaya Mama dan Papa bisa sama-sama mengambil bagian dalam keintiman seksual pasca persalinan. Demikian tadi informasi mengenai kapan boleh melakukan masturbasi usai melahirkan. Semoga penjelasan ini bisa membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk