TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Makanan yang Dipercaya Bisa Menginduksi Persalinan

Makanan ini bisa jadi metode alternatif untuk mempercepat kontraksi Ma!

10 Juni 2022

6 Makanan Dipercaya Bisa Menginduksi Persalinan
Pexels/Riki Risnandar

Mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), jika belum ada tanda-tanda kontraksi, biasanya dokter akan menyarankan untuk menginduksi persalinan melalui metode alternatif. Bisa dengan berolahraga, mengonsumsi obat-obatan tertentu, serta berhubungan seks.

Tapi, tahukah Mama kalau mengonsumsi beberapa jenis makanan juga bisa jadi cara untuk menginduksi persalinan?

Berikut Popmama.com rangkumkan 6 makanan yang bisa menginduksi persalinan, dilansir dari berbagai sumber

1. Buah kurma

1. Buah kurma
Freepik/whatwolf

Kurma sudah sejak lama dikenal berkhasiat. Diantaranya kurma tinggi akan kandungan serat dan karbohidrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah kurma bisa membantu menginduksi atau mempercepat persalinan.

Selain itu menurut Healthline, sebuah studi prospektif di tahun 2011 menemukan bahwa perempuan yang makan kurma dalam 4 minggu terakhir sebelum persalinan cenderung tidak memerlukan induksi. Inilah mengapa buah kurma dipercaya sebagai makanan yang bisa menginduksi persalinan.

2. Makanan pedas

2. Makanan pedas
Freepik/jcomp

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2011 menunjukkan bahwa, banyak orang percaya makanan pedas bisa menyebabkan persalinan. Karenanya, hingga saat ini makanan pedas banyak digunakan untuk menginduksi persalinan.

Namun, menurut penelitian di tahun 2014 menjelaskan kalau, makan makanan pedas untuk tujuan menginduksi persalinan sebaiknya dicari tahu lebih jauh.

Sehingga Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai boleh atau tidaknya mengonsumsi makanan pedas. Sebab kondisi tubuh seseorang sangatlah berbeda, terutama dalam menoleransi rasa pedas.

Editors' Picks

3. Buah nanas

3. Buah nanas
Pexels/shvets production

Sejauh ini memang belum ada penelitian khusus mengenai manfaat buah nanas dalam menginduksi persalinan. Namun kandungan enzim bromelain pada nanas dipercaya bisa melunakkan serviks dan memulai terjadinya persalinan, demikian seperti dilansir dari Healthline.

Makan buah nanas juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh lho Ma. Sebab, buah tropis yang satu ini kaya akan vitamin C dan mangan.

4. Buah pepaya

4. Buah pepaya
Pexels/anylane

Dilansir dari Mom Junction, pepaya mengandung enzim yang bernama papain yang dipercaya bisa memicu terjadinya kontraksi di rahim.

Tapi satu hal yang perlu diperhatikan, enzim ini lebih banyak ditemukan pada bagian daun serta buah pepaya mentah.

5. Castor oil atau Minyak buah jarak

5. Castor oil atau Minyak buah jarak
Healthline.com

Sebuah penelitian menunjukan kalau castor oil atau minyak buah jarak bisa menyebabkan terjadinya kontraksi. Hal ini merupakan metode tradisional untuk memulai persalinan, yang telah digunakan selama beberapa generasi.

Castor oil mengandung bahan aktif yang bisa merangsang usus dan otot rahim melepaskan prostaglandin. Dimana ini yang menyebabkan terjadinya kontraksi dalam waktu 24 jam.

Tapi, biasanya dokter cenderung tidak merekomendasikannya Ma. Sebab minyak buah jarak memiliki efek pencahar alami, yang justru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan dehidrasi serius.

6. Teh daun raspberry

6. Teh daun raspberry
Freepik/Tatiana Goskova

Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti, bagaimana teh daun raspberry bekerja untuk menginduksi persalinan.

Namun, sebuah penelitian menemukan kalau mengonsumsi teh daun raspberry bisa bantu Mama mengurangi risiko melahirkan lewat dari HPL.

Nah itulah tadi 6 makanan yang dipercaya bisa menginduksi persalinan.

Meski bisa membantu Mama dalam mempercepat proses persalinan, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya ya. Hal ini dilakukan tentunya demi keamanan serta keselamatan Mama dan bayi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk