7 Tips Berhubungan Seks setelah Operasi Caesar yang Aman dan Nyaman

Sebaiknya tunggu hingga fisik dan mental siap, agar hubungan seks lebih nyaman

21 November 2021

7 Tips Berhubungan Seks setelah Operasi Caesar Aman Nyaman
Freepik/master1305

Memulai kembali berhubungan seks, jadi satu hal yang dikhawatirkan terutama untuk Mama yang  baru menjalani operasi caesar.

Alasannya beragam, seperti rasa sakit dan nyeri pasca melahirkan, kekhawatiran akan bekas luka operasi, pendarahan vagina, serta masalah mental atau emosional. Selain itu, Mama juga harus mempertimbangkan kondisi kesehatan, dimana berhubungan seks membutuhkan stamina yang optimal.

Padahal pasca melahirkan baik itu normal maupun caesar, tubuh sama-sama membutuhkan waktu untuk beristirahat, guna mempercepat proses pemulihan.

Pasca operasi caesar, umumnya Mama membutuhkan waktu kurang lebih enam minggu untuk pemulihan. Dimana dalam enam minggu tersebut, rahim kembali ke ukuran normal, serviks akan menutup, dan sayatan operasi berangsur-angsur membaik.

Tapi, apakah ini artinya Mama sudah siap untuk melakukan hubungan seks kembali?

Nah kali ini Popmama.com akan memberikan 7 tips berhubungan seks setelah operasi caesar yang aman dan nyaman, dilansir dari Flo Health.

Meskipun setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk proses pemulihan, nggak ada salahnya coba tips berikut ini sebelum mulai berhubungan seks ya, Ma!

1. Jangan berharap hubungan seks akan sama seperti sebelum melahirkan

1. Jangan berharap hubungan seks akan sama seperti sebelum melahirkan
Freepik/cookie_studio

Setiap perempuan tentu akan merasa khawatir jika tidak bisa memuaskan pasangan ya, Ma. Tapi dalam kondisi ini Mama harus menyadari bahwa, melakukan hubungan seks setelah operasi caesar tidaklah mudah.

Untuk itu, jangan berharap terlalu tinggi kalau hubungan seks yang dilakukan akan sama seperti saat sebelum melahirkan.

Karena, biasanya setelah melahirkan kita tidak melakukan hubungan seks selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Jadi butuh waktu dan kesiapan juga nih Ma, baik fisik maupun mental untuk menyesuaikan diri dengan semua perubahan yang terjadi setelah melahirkan.

2. Buat diri sendiri nyaman dengan hubungan seks yang akan dilakukan

2. Buat diri sendiri nyaman hubungan seks akan dilakukan
Freepik/ArthurHidden

Setelah melahirkan biasanya keinginan kita untuk berhubungan seks cenderung akan menurun.

Ternyata ini ada penjelasan ilmiahnya lho! Setelah melahirkan biasanya kita kurang tidur, alhasil tubuh jadi kurang istirahat dan terjadilah penurunan kadar hormon di dalam tubuh secara tiba-tiba, termasuk hormon seks. Hal ini yang menyebabkan libido atau gairah seks kita menurun pasca melahirkan.

Jadi, rasa tidak ingin melakukan hubungan seks pasca melahirkan adalah kondisi yang normal terjadi. Apabila Mama mengalami hal ini, buat tubuh senyaman mungkin dan jangan menyalahkan diri sendiri ya.

Editors' Picks

3. Ingatlah bahwa tubuh memerlukan waktu untuk mulai terbiasa dengan hubungan seks setelah operasi caesar

3. Ingatlah bahwa tubuh memerlukan waktu mulai terbiasa hubungan seks setelah operasi caesar
Pexels/Vlada Karpovich

Setelah operasi caesar, beberapa hal di dalam hidup Mama mungkin akan terasa berbeda, termasuk kehidupan seksual.

Untuk bisa menikmati hubungan seks yang nyaman pasca melahirkan, Mama membutuhkan kesabaran ekstra nih. Karena apa yang bisa dinikmati sebelum melahirkan, mungkin tidak senyaman sekarang.

Sebaiknya, tunggu sampai Mama benar-benar siap melakukan hubungan seks setelah melahirkan ya. Sebagai gantinya, Mama bisa coba beberapa teknik baru sambil mencari tahu posisi seks mana yang nyaman untuk dilakukan, setelah operasi caesar.

4. Apapun yang dirasakan, usahakan untuk saling terbuka dengan pasangan

4. Apapun dirasakan, usahakan saling terbuka pasangan
Freepik/jcomp

Pada dasarnya, melakukan hubungan seks harus sama-sama nyaman ya, Ma. Tidak hanya pasangan, Mama juga harus menikmatinya, agar kegiatan seks jadi lebih maksimal.

Dalam melakukannya, sikap saling terbuka sangatlah dibutuhkan. Terlebih lagi jika kondisi Mama masih dalam pemulihan pasca operasi.

Apapun yang dirasakan saat berhubungan seks, baik itu nyaman, terangsang, menyakitkan atau menyenangkan, bicarakan semuanya kepada pasangan. Tentunya pengertian dari pasangan sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu bicarakan semuanya dengan terbuka ya.

5. Gunakan pelumas yang aman untuk berhubungan seks setelah operasi caesar

5. Gunakan pelumas aman berhubungan seks setelah operasi caesar
Freepik/User788993

Jika ingin berhubungan seks setelah melahirkan, Mama sangat disarankan untuk menggunakan pelumas. Bahkan ini sebaiknya dilakukan, meskipun Mama merasa tidak membutuhkannya.

Pelumas akan mengurangi gesekan pada organ vagina, serta meminimalkan rasa sakit dan iritasi saat melakukan aktivitas seksual.

Setelah melahirkan, ada kemungkinan tubuh tidak dapat menghasilkan pelumas alami yang cukup. Untuk itu, Mama bisa menggunakan pelumas alternatif berbahan dasar air yang bisa dibeli di pasaran, guna meningkatkan kenyamaan saat berhubungan seks pasca melahirkan.

6. Jangan ragu untuk menghentikan kegiatan seks, jika merasa tidak nyaman

6. Jangan ragu menghentikan kegiatan seks, jika merasa tidak nyaman
Pexels/anetelusina

Ketika sedang melakukan hubungan seks, nggak ada salahnya jika Mama ingin berhenti dengan alasan tidak nyaman.

Perlu diingat bahwa berhubungan seks harus didasari oleh rasa nyaman, baik untuk Mama maupun pasangan.

Jadi jangan ragu untuk menghentikan kegiatan seks, selama hal ini dibicarakan baik-baik dengan pasangan. Jangan khawatir ya Ma, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk saling memuaskan tanpa adanya penetrasi.

7. Tunggu persetujuan dari dokter mengenai kapan boleh berhubungan seks setelah operasi Caesar

7. Tunggu persetujuan dari dokter mengenai kapan boleh berhubungan seks setelah operasi Caesar
Freepik/Wavebreakmedia_micro

Jika Mama merasa ragu kapan bisa mulai berhubungan seks setelah operasi caesar, sebaiknya mintalah arahan atau persetujuan dokter.

Saat berkonsultasi, tanyakan mengenai hal ini ke dokter ya Ma. Dokter atau tim medis lainnya, akan memberikan saran terkait kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks pasca melahirkan.

Tentunya ini berdasarkan pertimbangan medis, agar Mama bisa terhindar dari risiko cedera atau infeksi pasca operasi caesar. Jika dokter mengizinkan, tentu kondisi tubuh Mama pun sudah lebih siap.

Nah, itulah tadi 7 tips berhubungan seks setelah operasi caesar yang aman dan nyaman.

Melakukan hubungan seks memang diperlukan untuk keharmonisan rumah tangga. Namun, dalam melakukannya juga harus memperhatikan kesiapan fisik dan mental ya. Apalagi jika hubungan seks dilakukan pasca melahirkan. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.