Berapa Lamakah Air Susu Ibu (ASI) Bisa Disimpan?

Perhatikan kondisi ini agar ASI tidak rusak, Ma.

12 Maret 2019

Berapa Lamakah Air Susu Ibu (ASI) Bisa Disimpan
Popmama.com/Novy Agrina

Mama yang bekerja tentunya harus meluangkan waktu untuk memompa atau memerah Air Susu Ibu (ASI) dan menyimpannya dengan benar agar tidak rusak saat diberikan kepada si Kecil.

Pemompaan dan penyimpanan ASI bahkan bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum mama bekerja. Bisa jadi saat Si Kecil berusia dua bulan, agar persediaan ASI melimpah.

Sebenarnya, seberapa lamakah ASI bisa disimpan? Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama yang masih menyusui.

1. Di dalam ruangan

1. dalam ruangan
Pixabay/Qimono

Mama punya waktu selama enam jam, agar ASI agar tetap segar di suhu ruang. Namun, syaratnya adalah ASI harus dijauhkan dari sumber-sumber panas seperti terik matahari, kompor atau benda-benda lainnya yang memiliki energi panas.

Hindari menaruh ASI yang sudah di dalam wadah dekat dengan jendela. Ini juga bisa terpapar panas matahari lho Ma.

2. Di dalam kulkas, bukan freezer

2. dalam kulkas, bukan freezer
parents.com

Mama perlu ingat, bahwa pada suhu kulkas (di bagian penyimpanan makanan dan air, bukan di freezer), ASI yang tidak membeku akan bertahan dengan baik selama 48 jam.

Beri cacatan pada plastik atau wadah tempat menyimpan ASI secara lengkap, tanggal dan jamnya. Mama bisa memakai ASI yang lebih dulu disimpan sesuai catatan tersebut.

Editors' Picks

3. Di dalam bagian freezer, pada kulkas satu pintu

3. dalam bagian freezer, kulkas satu pintu
amazon.com

Jika Mama menyimpan ASI di freezer yang berada di bagian atas, pada kulkas satu pintu, maka ASI akan tetap segar selama seminggu, paling lama dua minggu. Mengapa hanya hitungan minggu?

Suhu freezer di kulkas satu pintu tidak stabil, karena tentunya pintu kulkas sering dibuka untuk mengambil makanan lainnya di bagian non freezer.

4. Di bagian khusus freezer pada kulkas dua pintu

4. bagian khusus freezer kulkas dua pintu
Pixabay/Shadowfirearts

Pada kulkas dua pintu, freezer atau bagian pembekuan terletak di bagian yang terpisah dengan penyimpanan makanan tidak beku lainnya. Karena itu, ASI bisa bertahan selama tiga bulan di tempat seperti ini.

5. Pada freezer khusus untuk meyimpan daging beku dengan bukaan atas

5. freezer khusus meyimpan daging beku bukaan atas
Flickr/Cofee Danube Still Life Photos

Di dalam freezer khusus untuk daging beku (chest freezer), tempat suhu dapat dipertahankan dengan baik, ASI bisa bertahan selama enam bulan.

Jika membutuhkan tempat penyimpanan seperti ini, Mama tak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Banyak tempat penyewaan chest freezer yang melayani khusus untuk penyimpanan ASI, yang bisa disewa per bulan dengan harga terjangkau.

Itulah cara menyimpan ASI sesuai dengan tempat penyimpanannya. Pastikan Mama menyimpan ASI di tempat yang tepat agar masih segar saat dihidangkan kepada si Kecil, ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!