Benarkah Makan Kurma Bisa Bantu Lancarkan Persalinan?

Temukan fakta mengenai pengaruh kurma terhadap proses persalinan di sini

21 September 2020

Benarkah Makan Kurma Bisa Bantu Lancarkan Persalinan
Freepik

Selain buah segar, buah kering seperti kurma juga kerap menjadi salah satu camilan favorit ibu hamil. Apalagi camilan ini sangat mudah ditemui. Manis dan legit alami, kurma dianggap bisa juga memberikan manfaat bagi ibu hamil jelang persalinan.

Kurma diyakini mampu membantu melancarkan persalinan, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester ketiga.

Sebenarnya seperti apa manfaat kurma bagi ibu hamil dan benarkah kurma bisa membantu melancarkan persalinan? Berikut ini informasinya seperti dirangkum oleh Popmama.com:

Peran Kurma untuk Persalinan

Peran Kurma Persalinan
Freepik/Wavebreakmedia

Pohon kurma adalah tanaman asli Timur Tengah yang telah lama diyakini memiliki manfaat terapeutik (antiinflamasi, antioksidan, dan anti tumor). Selain itu, kurma juga dipercaya bisa meningkatkan energi dalam tubuh.

Itulah sebabnya, konsumsi kurma saat hamil dipercaya dapat membantu membuat tubuh mama tetap berenergi saat persalinan bahkan tanpa induksi.

Dalam sebuah studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam PubMed Central, dilakukan perbandingan antara 69 ibu hamil yang makan kurma selama empat minggu menjelang perkiraan persalinan, serta 45 ibu hamil yang tidak makan kurma.

Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ibu hamil yang makan kurma memiliki waktu persalinan yang lebih pendek.

Selain itu, 96 persen ibu hamil yang makan kurma juga mengalami persalinan spontan, dibandingkan dengan 79 persen pada ibu hamil yang tidak makan kurma.

Berdasarkan temuan ini, peneliti percaya bahwa makan kurma dapat mengurangi kebutuhan untuk induksi persalinan tambahan. Meski diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi tidak ada salahnya bila Mama mengonsumsi kurma untuk menjaga kesehatan tubuh mama.

Editors' Picks

Manfaat Makan Kurma selama Kehamilan

Manfaat Makan Kurma selama Kehamilan
Freepik

Kurma memiliki beberapa manfaat nutrisi bagi ibu hamil. Selain itu, buah kering ini juga memiliki gula alami yakni fruktosa. Oleh sebab itu, konsumsi kurma dapat memberikan Mama tambahan energi untuk mencegah kelelahan saat hamil.

Kurma juga mengandung serat untuk menjaga sistem pencernaan ibu hamil tetap sehat dan lancar. Sembelit pun bisa dicegah terjadi pada ibu hamil.

Selain serat, kurma juga mengandung folat yang membantu mengurangi kemungkinan risiko terjadinya cacat lahir. Salah satunya karena kurma kaya akan zat besi dan vitamin K.

Zat besi bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Sedangkan vitamin K dapat membantu janin yang sedang bertumbuh untuk memiliki tulang yang kuat, serta fungsi otot dan saraf yang optimal.

Yang tak boleh dilupakan, kurma juga menjadi sumber kalium yang tinggi. Mineral elektrolit ini dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menstabilkan tekanan darah.

Aturan Aman Makan Kurma saat Hamil

Aturan Aman Makan Kurma saat Hamil
Freepik/whatwolf

Kurma tidak hanya sehat, tetapi juga aman dikonsumsi selama kehamilan. Dikutip dari Healthline, sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kurma memiliki efek negatif selama trimester pertama, kedua, atau ketiga kehamilan.

Justru sebaliknya, makan kurma dapat memberikan efek positif dan membantu Mama merasa lebih baik, terutama saat Mama sedang merasa lelah atau bermasalah dengan sembelit.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Salah satunya yakni jika ada riwayat alergi dengan kurma. Perhatikan tanda dan gejala alergi yang muncul seperti kesemutan, gatal, atau bengkak di sekitar mulut atau lidah setelah makan kurma. Jika gejala-gejala ini berkembang, segera hentikan makan kurma dan konsultasikan pada dokter.

Perlu diingat pula bahwa kurma tinggi karbohidrat dan kalori, jadi jangan mengonsumsi kurma secara berlebihan. Agar lebih aman, batasi konsumsi harian kurma maksimal lima butir saja.

Konsumsi Buah Kering Lain selama Kehamilan

Konsumsi Buah Kering Lain selama Kehamilan
Freepik/luis_molinero

Kurma bukan satu-satunya buah kering yang bisa Mama konsumsi selama kehamilan. Kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi lainnya, buah kering selain kurma pun bisa Mama konsumsi juga. Buah kering mampu membuat Mama kenyang dan berenergi lebih lama.

Namun demikian, ingatlah untuk tetap membatasi jumlah porsi buah kering sehari-hari, ya. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah kering juga bisa dijadikan topping pada smoothies atau bubur sereal favorit Mama.

Demikian fakta dan jawaban mengenai manfaat kurma untuk melancarkan persalinan. Mama bisa menjadikannya salah satu pilihan buah untuk dikonsumsi setiap hari.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.