Manfaat Sehat di Balik Konsumsi Kurma saat Hamil dan Menyusui

Yuk konsumsi kurma, mumpung mudah dijumpai di sekitar kita selama bulan Ramadan

24 April 2021

Manfaat Sehat Balik Konsumsi Kurma saat Hamil Menyusui
Freepik

Saat bulan Ramadan seperti ini, ada satu makanan yang banyak dijual di pasaran yaitu kurma. Buah berwarna coklat dengan rasa manis yang legit ini tak hanya punya rasa yang enak, tetapi juga memiliki serangkaian manfaat yang menyehatkan. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui. 

Nah, mumpung kurma sedang mudah didapatkan di bulan Ramadan ini, yuk konsumsi kurma secara teratur. Berikut Popmama.com merangkum manfaat konsumsi kurma untuk ibu hamil dan menyusui:

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Kandungan Nutrisi Buah Kurma
Freepik/whatwolf

Kurma adalah buah yang memiliki rasa manis. Kandungan gula alami dalam kurma memang cukup tinggi, yaitu sekitar 4,5 gram untuk satu butir kurma. Dilansir dari healthline.com, tak hanya gula, dalam satu buah kurma ukuran sedang ternyata mengandung:

  • Kalori 20 gram,
  • total lemak: 0,03 gram,
  • total karbohidrat: 5,33 gram,
  • serat: 0,6 gram,
  • protein: 0,17 gram,
  • vitamin B6: 0,012 mg,
  • zat besi: 0,07 mg,
  • magnesium: 3 mg,
  • potassium: 47 mg.

Selain itu, kurma juga kaya akan folat dan vitamin K yang baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Nutrisi-nutrisi di atas penting untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Manfaatnya antara lain:

Editors' Picks

1. Sumber energi

1. Sumber energi
Pexels/Riki Risnandar

Selama kehamilan hingga menyusui, Mama butuh lebih banyak energi ketimbang biasanya. Kandungan gula dalam kurma diubah menjadi sumber energi yang mendukung aktivitas Mama sehari-hari. Dengan mengonsumsi kurma saat sahur, berbuka puasa, atau pun di waktu-waktu lainnya, tubuh Mama tidak akan mudah lemas karena gula dalam kurma akan dicerna dengan lebih baik oleh tubuh.

2. Mencegah cacat lahir

2. Mencegah cacat lahir
Freepik/timolina

Dilansir dari momjunction.com, kurma merupakan sumber folat yang baik bagi ibu hamil. Folat bermanfaat untuk mencegah cacat lahir terkait otak dan sumsum tulang belakang. WHO merekomendasikan konsumsi makanan dan suplemen mengandung folat pada wanita yang berencana hamil dan ibu yang sedang mengandung untuk mencegah kecacatan lahir pada bayi.

3. Vitamin K untuk bayi

3. Vitamin K bayi
Pexels/Pixabay

Buat Mama yang saat ini sedang menyusui, konsumsi kurma terbukti dapat mendukung nutrisi dalam ASI mama, terutama kandungan vitamin K. Vitamin K diperlukan bayi untuk perkembangan tulangnya dan mencegah pembekuan darah. Bayi akan mendapatkan vitamin K ini saat ia mengonsumsi ASI mama.

4. Mendukung kesehatan gigi dan tulang bayi

4. Mendukung kesehatan gigi tulang bayi
Freepik/8photo

Magnesium merupakan mineral penting yang membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Mineral ini dipercaya mampu menstabilkan gula darah dan menyeimbangkan tekanan darah. Konsumsi kurma pada ibu menyusui membuat ASI lebih kaya akan magnesium yang dibutuhkan bayi.

Kurma dapat pula mencegah kekurangan magnesium selama kehamilan. Kekurangan magnesium dapat meningkatan risiko hipertensi kronis, preeklampsia, disfungsi plasenta, dan kelahiran prematur.

Meskipun kurma memiliki serangkaian manfaat menyehatkan untuk dikonsumsi Mama yang sedang hamil atau pun menyusui, tetapi tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya, Ma. Konsumsi terlalu banyak kurma dapat menyebabkan berat badan berlebih saat kehamilan, gula darah meningkat, risiko terkena diabetes gestasional, dan kerusakan gigi jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik.

Itu tadi beberapa manfaat konsumsi kurma untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.