Waspada! Hindari Konsumsi 5 Buah Ini selama Kehamilan

Jenis-jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama masa kehamilan

9 November 2020

Waspada Hindari Konsumsi 5 Buah Ini selama Kehamilan
unsplash/TomBrunberg

Salah satu hal terpenting dalam masa kehamilan adalah pola dan menu makanan. Tentu saja, asupan makanan selama masa kehamilan akan memengaruhi kesehatan mama dan janin. Untuk itu, perlu kehati-hatian ekstra dalam memilih asupan makanan yang baik untuk menunjang kehamilan.

Buah adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Namun, tahukah Mama bahwa tidak semua buah-buahan baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan karena dapat memberi dampak buruk bagi janin?

Berikut Popmama.com berikan daftar buah-buahan terlarang saat hamil yang sebaiknya tidak Mama konsumsi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Asam Jawa

1. Asam Jawa
pexels/TheRaj

Mama mungkin terkejut melihat asam jawa dalam daftar ini. Meski umum digunakan sebagai pereda mual selama kehamilan, asam jawa tidak terlalu baik untuk kandungan karena sangat kaya akan vitamin C. Asupan vitamin C berlebih dari asam jawa dapat menekan produksi hormon progesteron yang sangat penting dalam menunjang kehamilan.

Kekurangan progesteron dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, hingga kerusakan sel pada janin. Jadi, usahakan untuk tidak mengonsumsi buah asam jawa selama kehamilan, terutama pada trimester pertama ya, Ma.

Editors' Picks

2. Nanas

2. Nanas
pexels/AlizeeMarchand

Telah sejak lama dipercaya dapat menggugurkan kandungan secara sengaja, nanas memiliki kandungan enzim bromelain tinggi yang bekerja dengan menguraikan protein dan melemahkan serviks. Sehingga dapat memicu kontraksi dini bahkan keguguran.

Tidak hanya itu, Mama yang menderita penyakit diabetes juga perlu ekstra hati-hati karena nanas mengandung gula yang tinggi.

3. Pare

3. Pare
freepik/lifeforsctock

Buah dengan cita rasa pahit yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, bahkan sering ditemukan dalam hidangan jajanan seperti siomay.

Tapi, pastikan Mama menghindari mengonsumsi pare karena buah yang satu ini mengandung zat-zat kuinina, saponic glycosides, dan morodicine yang ketika diserap tubuh dapat menyebabkan mual, ruam, diare, dan nyeri perut.

4. Pepaya

4. Pepaya
pexels/alleksana

Meski kaya nutrisi dan vitamin A, B, serta C yang baik bagi tubuh, pepaya sebenarnya sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah ini kaya akan latex dan papain yang dapat memicu kontraksi rahim, perdarahan, bahkan keguguran.

Kandungan papain di dalamnya juga kerap menimbulkan reaksi alergi dan merusak proses perkembangan janin, terutama pada trimester ketiga hingga akhir masa kehamilan.

5. Pisang

5. Pisang
Unsplash/louishansel

Sejatinya, pisang tidak terlalu berbahaya bagi kehamilan. Namun tetap memiliki potensi untuk berdampak buruk dalam kondisi tertentu.

Perlu diketahui bahwa suhu tubuh yang terlalu tinggi selama kehamilan tidak baik bagi Mama maupun janin. Pisang mengandung chitinase, zat latex yang mudah memicu reaksi alergi dan menaikkan suhu tubuh. Selain itu, buah yang satu ini juga tinggi akan gula sehingga sangat perlu dihindari oleh Mama yang memiliki penyakit diabetes.

Itulah lima buah terlarang saat hamil yang sebaiknya Mama hindari. Semua buah di atas tetap memiliki manfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah sedikit, namun lebih baik dihindari karena potensi dampak negatif yang dapat ditimbulkannya.

Silakan konsultasikan lebih lanjut mengenai porsi buah yang baik untuk Mama konsumsi selama masa kehamilan dengan dokter kepercayaan mama, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.