5 Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Hamil Muda

Meski pahit, daun pepaya punya banyak manfaat untuk ibu hamil

1 Agustus 2019

5 Manfaat Daun Pepaya Ibu Hamil Muda
Pexels/Miguel Á. Padriñán

Bagi ibu hamil, kebutuhan nutrisi dan gizi harus dipenuhi setiap saat demi mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Mama bisa memperoleh keduanya lewat makan makanan sehat. Ya, makanan sehat harus menjadi sumber energi agar nutrisi dan gizi Mama maupun si Kecil tercukupi.

Salah satunya dengan rajin mengonsumsi makanan yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan. Dalam kedua jenis bahan makanan ini terkandung nutrisi, gizi, dan serat yang bagus untuk kesehatan Mama.

Bahkan, sekalipun Mama konsumsi dalam frekuensi cukup sering, efek sampingnya cenderung minim. Selama pengolahannya tepat, Mama tetap bisa menikmati kandungan vitamin dan mineral sayur dan buah secara optimal.

Bicara soal sayur, daun pepaya boleh jadi bukan pilihan populer bagi sebagian besar ibu hamil. Rasa pahit begitu identik dengan daun pepaya, sehingga tidak semua orang menyukainya.

Padahal, jika diolah dengan benar, daun pepaya enak lho, Ma. Tidak hanya sekedar enak, tetapi juga punya segudang manfaat saat disantap oleh ibu hamil. Kira-kira apa saja ya, Ma?

Kali ini  Popmama.com akan berbagi manfaat daun pepaya untuk ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah ibu hamil mengalami anemia

1. Mencegah ibu hamil mengalami anemia
wellandgood.com

Anemia sering jadi momok bagi ibu hamil. Kondisi ketika seseorang mengalami kurang darah karena kekurangan asupan zat besi dalam tubuh ini bisa membahayakan ibu hamil jika dibiarkan tanpa penanganan.

Selain mengonsumsi vitamin penambah darah sesuai anjuran dokter, menyantap daun pepaya juga bisa jadi solusi praktis, Ma. Rupanya daun pepaya terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sama seperti sayuran berdaun hijau lain.

Apalagi, cadangan zat besi pada wanita hanya 0-300 mg saja.

Nggak heran kalau kekurangan sel darah merah lebih sering dialami perempuan, terutama ibu hamil. Maka, Mama perlu mengonsumsi daun pepaya agar kandungan hemoglobin dalam darah berada pada angka normal guna memperlancar proses persalinan kelak.

2. Berperan dalam pembentukan tulang janin

2. Berperan dalam pembentukan tulang janin
Freepik

Selama masa kehamilan, janin banyak bergantung pada tubuh Mama dalam memperoleh asupan nutrisi dan gizi. Salah satunya berupa kebutuhan akan vitamin D yang bertugas dalam pembentukan tulang janin.

Daun pepaya diketahui sebagai sayuran yang mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua zat ini berperan besar dalam mendukung pembentukan dan pertumbuhan tulang janin.

Plus, Mama yang sedang hamil juga terjaga kekuatan tulangnya, sehingga bisa tetap beraktivitas seperti biasa sekalipun tengah mengandung.

Editors' Picks

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

3.	Meningkatkan metabolisme tubuh
remedypharmacist.com

Daun pepaya juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang mempunyai manfaat penting untuk tubuh. Vitamin C berguna membuat sistem kekebalan tubuh lebih meningkat, sehingga tubuh Mama tidak rentan terkena virus, kuman, atau bakteri.

Apalagi, ada kecenderungan metabolisme tubuh Mama menurun selama hamil. Kalau tidak dibentengi dengan makan makanan bergizi seperti daun pepaya, Mama bakal mudah tertular penyakit.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam daun pepaya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit. Vitamin E mengandung antioksidan yang bagus sebagai perlindungan dan pertahanan tubuh.

4. Mengatasi keluhan sembelit

4.	Mengatasi keluhan sembelit
Freepik/spukkato

Sudah jadi rahasia umum kalau ibu hamil rentan mengalami sembelit. Semua terjadi akibat kondisi hormonal yang berubah-ubah. Walhasil, ini akan berpengaruh pada gerak peristaltik otot usus dan membuat ibu hamil sembelit.

Nah, menyantap daun pepaya ternyata bisa membantu kerja usus, Ma. Daun pepaya bisa memudahkan usus mencerna lemak dan protein, sehingga mengurangi keluhan sembelit yang kerap dirasakan ibu hamil.

5. Meningkatkan nafsu makan

5.	Meningkatkan nafsu makan
Freepik/Nensuria

Sekalipun rasanya pahit, menyantap daun pepaya justru bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi, jika daun pepaya diolah dengan tepat dan bisa mengurangi rasa getirnya.

Mama bisa membuat tumis daun pepaya yang lezat dengan bumbu-bumbu sederhana, plus irisan cabai dan ikan teri. Pilihan lainnya, Mama juga bisa meremas-remas daun lebih dulu, lalu direbus bersama garam hingga layu. Cocok sebagai lalapan teman bersantap ayam penyet atau ikan goreng.

Itulah 5 manfaat daun pepaya untuk ibu hamil yang bisa Mama rasakan sendiri. Namun, perlu diingat, konsumsilah daun pepaya secukupnya alias tidak berlebihan.

Jika disantap berlebihan dalam porsi banyak dan frekuensi sangat sering, salah-salah perut Mama bisa terasa begah dan kembung. Selain itu, kombinasikan juga dengan sumber protein agar Mama bisa mendapatkan asupan gizi seimbang.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;