5 Jenis Makanan Kaya Yodium yang Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Yuk, cari tahu jenis makanan apa saja yang kaya akan yodium!

21 Desember 2019

5 Jenis Makanan Kaya Yodium Baik Perkembangan Otak Janin
Freepik

Calon mama membutuhkan nutrisi seimbang guna menjaga kesehatan tubuh serta membantu perkembangan janin dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi selama kehamilan adalah yodium.

Yodium merupakan salah satu mineral esensial yang dibutuhkan tubuh manusia untuk mengubah makanan menjadi energi.

Kekurangan zat mineral ini dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah dan terlihat lesu. Sedangkan bagi calon mama, yodium bermanfaat dalam pembentukan otak serta sistem saraf janin.

Setiap harinya, kebutuhan yodium yang harus dicukupi oleh calon mama sekitar 220 mikrogram atau 0,22 mg. Jumlah ini lebih besar dibandingkan kebutuhan yodium pada orang dewasa pada umumnya, yakni 0,15mg per hari.

Guna memenuhi kebutuhan harian yodium, calon mama bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini.

1. Makanan laut

1. Makanan laut
Pixabay/Yennivance

Makanan laut mengandung kadar yodium yang cukup tinggi. Ikan kod merupakan jenis seafood yang banyak mengandung yodium, yakni 0,99mg/3 ons, disusul dengan udang yang kadar yodiumnya berkisar 0,35mg/3 ons.

Sebelum menyantapnya, pastikan seafood yang Mama makan sudah benar-benar matang ya. Sebab, makanan laut mentah mengandung bakteri dan parasit yang sangat berbahaya bagi kesehatan janin.

Editors' Picks

2. Telur

2. Telur
Pixabay/Stevepb

Kandungan yodium paling banyak di dalam sebuah telur ada pada kuning telur. Satu buah telur mengandung 0,12 mg yodium.

Selain kaya akan yodium, telur juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk perkembangan janin, seperti protein dan zat besi.

3. Susu

3. Susu
Pixabay/Rawpixel

Minum susu tidak hanya baik untuk kesehatan tulang. Bagi calon mama, susu mengandung banyak yodium yang dibutuhkan tubuh.

Jika Mama tidak terlalu suka susu, Mama bisa menggantinya dengan yoghurt. Pasalnya, dalam 250 ml yoghurt mengandung 0,75mg yodium.

4. Plum kering

4. Plum kering
Pixabay/Ponce_Photography

Plum merupakan salah buah yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit serta mampu membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, plum kering ternyata juga kaya akan yodium. Setiap 5 buah plum kering terdapat 0,13 mg yodium yang baik untuk perkembangan janin mama.

5. Stroberi

5. Stroberi
Pixabay/Foundry

Mama hamil sebaiknya rutin mengkonsumsi buah stroberi. Pasalnya selain sebagai anti oksidan dan kaya akan vitamin C, buah stroberi juga banyak mengandung yodium.

Rasanya yang asam manis cocok dibuat menjadi aneka makanan dan minuman lezat, seperti strawberry milkshake atau menjadi topping pancake dan es krim.

Selain mengkonsumsi 5 jenis makanan diatas, kebutuhan yodium bagi calon mama juga dapat dipenuhi melalui suplemen. Namun, tentu saja harus dengan resep dokter ya, Ma.

Meskipun yodium baik untuk kesehatan tubuh Mama dan janin, tetapi jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

Sebab dapat menurunkan jumlah hormone tiroid yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kehamilan Mama

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.