Calcium Lactate untuk Ibu Hamil: Manfaat dan Efek Samping

Cocok dikonsumsi ibu hamil yang memiliki intoleransi laktosa

4 Juni 2023

Calcium Lactate Ibu Hamil Manfaat Efek Samping
Shopee.co.id

Selain asam folat, mengonsumsi kalsium di masa kehamilan juga penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Terdapat banyak manfaat yang perlu Mama ketahui di balik setiap tablet kalsium yang Mama konsumsi.

Beberapa di antaranya seperti menjaga kesehatan tulang dan gigi mama hingga menjaga kemampuan pembekuan darah bayi. Melansir What to Expect, setiap ibu hamil perlu mengonsumsi sekitar 1.000 mg kalsium setiap harinya.

Salah satu sumber kalsium untuk ibu hamil bisa didapat dari suplemen Calcium Lactate. Lalu, bagaimana Calcium Lactate membantu masa kehamilan? Apa saja yang harus diperhatikan saat mengonsumsi Calcium Lactate?

Berikut ini Popmama.com rangkum mengenai suplemen Calcium Lactate untuk ibu hamil. Yuk, kita simak!

1. Calcium Lactate, suplemen kalsium tanpa laktosa

1. Calcium Lactate, suplemen kalsium tanpa laktosa
Tokopedia.com

Calcium Lactate merupakan salah satu suplemen kalsium yang aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, terutama jika Mama memiliki intoleransi laktosa. Pasalnya, suplemen kalsium ini adalah suplemen kalsium yang tidak mengandung laktosa.

Selain itu, Calcium Lactate juga diketahui dapat dikonsumsi oleh anak, dewasa, ibu hamil, hingga lansia karena memiliki kandungan baik di dalamnya.

Editors' Pick

2. Beragam manfaat mengonsumsi Calcium Lactate untuk ibu hamil

2. Beragam manfaat mengonsumsi Calcium Lactate ibu hamil
Bhinneka.com

Mengonsumsi kalsium memiliki banyak manfaat terutama untuk Mama yang sedang menjalani masa kehamilan. Selain membantu memelihara tulang dan gigi, ada banyak manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi kalsium dengan baik di masa kehamilan.

Beberapa di antaranya, seperti:

  • Mengoptimalkan perkembangan tulang, saraf, otot, dan gigi janin
  • Mengurangi risiko terjadinya preeklampsia
  • Mencegah terjadinya hipertensi pada ibu hamil
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah bayi lahir prematur
  • Mencegah terjadinya komplikasi

3. Dosis dan cara tepat mengonsumsi Calcium Lactate

3. Dosis cara tepat mengonsumsi Calcium Lactate
Shopee.co.id

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari Calcium Lactate, Mama butuh mengonsumsi 1-2 tablet kalsium ini 3x sehari. Dalam satu dusnya terdapat 10 blister masing-masing terdiri dari 10 tablet.

Dalam setiap tablet Calcium Lactate memiliki dosis 500 mg. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan selama masa kehamilan ada baiknya Mama mengonsumsi sebanyak 2 tablet dalam satu hari atau sebanyak anjuran dokter kandungan.

4. Efek samping dan harga Calcium Lactate

4. Efek samping harga Calcium Lactate
Tokopedia.com

Walaupun mengandung banyak manfaat, terdapat beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan ketika mengonsumsi Calcium Lactate.

Beberapa di antaranya seperti mual, muntah, kehilangan napsu makan, sembelit, tenggorokan kering. Sehingga, ada baiknya lakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi atau saat merasakan efek samping dari suplemen ini.

Jika Mama ingin membelinya, Mama bisa mendapatkannya di apotek atau e-commerce mulai dari harga Rp 20.000.

Nah, itulah tadi penjeasan tentang Calcium Lactate untuk ibu hamil. Semoga membantu!

Baca juga:

The Latest