Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Saat Hamil Muda

Tak perlu pencahar, cukup ikuti beberapa cara ini

29 September 2019

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Saat Hamil Muda
Freepik/jcomp

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh para ibu hamil adalah susah buang air besar atau sembelit. Apalagi saat sedang hamil muda, saat buang air besar jadi perjuangan tersendiri.

Apa masalah yang terjadi pada ibu hamil muda yang sembelit? Salah satu alasan utamanya adalah karena perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan. 

Hormon progesteron meningkat saat hamil. Hormon inilah yang membuat banyak otot dalam tubuh jadi lebih rileks, termasuk otot di bagian saluran cerna. Sehingga proses pencernaan lebih lambat dan konsistensi feses atau kotoran jadi lebih keras.

Jika sudah seperti itu, momen buang air besar akan terasa menyiksa. Tenang, Popmama.com telah mengumpulkan cara-cara untuk mengatasi sembelit saat hamil muda.

1. Perbanyak minum air putih

1. Perbanyak minum air putih
Freepik/Yanalya

Saat hamil, dibutuhkan asupan air putih lebih banyak dari biasanya. Jika sedang tidak hamil, asupan air putih yang cukup adalah 8 gelas atau 2 liter per hari.

Sedangkan saat hamil, Mama setidaknya harus minum sebanyak 12 gelas sehari. Saat tubuh kekurangan air, maka proses pencernaan jadi terganggu sehingga sembelit jadi makin parah. 

Ketika sembelit terasa sudah sangat mengganggu, jangan ragu meminum banyak air putih. Tak apa sampai merasa kembung. 

Karena efek dari air yang masuk ke tubuh bisa langsung terasa ke pencernaan dan pembuangan kotoran tubuh. 

Editors' Picks

2. Perbanyak makan serat

2. Perbanyak makan serat
Freepik

Pepaya dikenal sebagai buah yang mujarab untuk pengganti obat pencahar. Bagaimana tidak, buah ini mengandung banyak air dan serat. Sekali makan, bisa dapat dobel manfaat. 

Selain pepaya, mengonsumsi aneka buah dan sayur kaya serat dan air mampu menghalau sembelit yang sedang mengganggu Mama. Untuk ibu hamil, setidaknya dibutuhkan 25-30 gram serat per hari untuk pencernaan yang lancar, ya.

Meski makan buah dan sayur mungkin jadi tantangan tersendiri bagi sebagian ibu hamil muda, namun harus tetap dikonsumsi demi kelancaran pencernaan. Pilih buah atau sayur yang paling disuka dan buatlah menjadi makanan favorit seperti salad atau smoothies.

3. Perbanyak gerak atau olahraga

3. Perbanyak gerak atau olahraga
Freepik/katemangostar

Saat hamil muda, rasanya malas sekali bergerak. Rasanya ingin tiduran dan malas-malasan saja. Belum lagi rasa kantuk yang selalu datang, rasanya ingin tidur saja. 

Padahal kurang gerak bisa jadi salah satu penyebab ibu hamil jadi sulit buang air besar. Oleh karena itu, usahakan untuk bergerak aktif selama hamil.

Gerakan ringan atau olahraga ringan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan pencernaan tubuh. Beberapa contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan ibu hamil adalah jalan santai, berenang, atau senam ringan. 

Memilih menggunakan tangga daripada lift atau memilih berjalan kaki untuk tujuan yang dekat bisa jadi opsi gerak harian Mama. Namun pastikan untuk mendengarkan kebutuhan tubuh, ya. Jika lelah, jangan dipaksakan untuk terlalu banyak gerak karena bisa berefek negatif untuk ibu dan janin.

4. Hindari terlalu stress

4. Hindari terlalu stress
parenting.firstcry.com

Beberapa Mama merasa terlalu khawatir saat tidak bisa buang air besar setiap hari. Terlebih saat hamil, karena banyak yang mengindari mengejan saat buang air besar. 

Perasaan khawatir seperti ini malah menyulitkan Mama untuk buang air besar. Jadi lebih baik hindari stress berlebihan dalam menghadapi masalah ini. 

Daripada memikirkannya secara berlebihan, lebih baik mencari tahu solusi terbaik. Dengan begitulah, otak bisa merespon positif untuk menyuruh tubuh mengeluarkan kotoran.

Sulit buang air besar saat hamil muda adalah hal yang umum. Tinggal bagaimana Mama menyiasatinya untuk terbebas dari sembelit. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.