Istri Gilang Dirga Hamil Usai Perjalanan IVF yang Panjang saat Pandemi

Gilang Dirga dan Adiez termasuk pasangan yang menjalani program bayi tabung saat pandemi Covid-19

5 Oktober 2020

Istri Gilang Dirga Hamil Usai Perjalanan IVF Panjang saat Pandemi
Instagram.com/riomotret

Gilang Dirga dan Adiezty Fersa, termasuk pasangan artis yang menjalani programIn Vitro Fertilization (IVF) atau yang populer disebut bayi tabung di tengah pandemi Covid-19.  

Sebagai pejuang IVF, pasangan ini tentu memiliki banyak tantangan termasuk tetap harus menjaga kesehatan satu sama lain. Gilang dan Adiez pun saling mendukung agar hasil yang mereka berdua inginkan bisa terwujud. 

Kabar kehamilan Adiez ini pertama kali diumumkan melalui sebuah video berjudul "Surprise Adiez Kasih Test pack ke Gilang" yang diunggah ke dalam channel YouTube Adiez Gilang.

Video berdurasi 10 menit 19 detik ini memperlihatkan kebahagiaan Gilang ketika diberitahukan kalau istrinya sudah positif hamil. 

Awalnya, Adiez ingin meminta Gilang untuk menyuntikkan obat ke perutnya tanpa bantuan suster. Ketika membuka sebuah kotak yang dikira berisikan suntikan dan obat, namun tiba-tiba saja Gilang terkejut karena melihat test pack yang memperlihatkan kalau sang Istri sudah positif hamil. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa perjuangan dari keduanya sebelum Adiez dinyatakan positif hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak perjuangan dari Gilang Dirga dan Adiez ketika berusaha memiliki keturunan yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Adiez sempat flu dan batuk, sehari sebelum menjalani ET

1. Adiez sempat flu batuk, sehari sebelum menjalani ET
Instagram.com/adieztyfersa

Selama masa-masa program IVF, Adiez ingin semuanya berjalan lancar sesuai dengan keinginan. Hanya saja ketika sehari sebelum merencanakan untuk melakukan ET (Embryo Transfer), Adiez sempat sakit. 

Saat itu, tindakan harus ditunda karena Adiez sakit flu dan batuk. Penundaan ini dilakukan karena ketika proses tindakan berlangsung, calon mama disarankan sedang dalam kondisi yang sehat. 

"Pelajaran juga nih buat yang lagi program IVF, lebih baik sebelum ET/FET juga agak dilonggarin jadwalnya ya," tulis Adiez dalam unggahannya. 

Saat bercerita di Instagram, Adiez mengatakan bahwa promil kali ini memang lebih sering dijalani di rumah. Adiez bercerita kalau cukup melakukan 2-3 kali tatap muka dengan dokter obgyn, lalu stimulasi dapat dilakukan di rumah aja sambil menunggu saat ovum pick up dan embryo transfer

Semua ini dilakukan untuk menjaga kesehatan serta menurunkan risiko paparan virus.  

2. Selama program IVF, Adiez berusaha menjaga kesehatan dan pola makan semaksimal mungkin 

2. Selama program IVF, Adiez berusaha menjaga kesehatan pola makan semaksimal mungkin 
Instagram.com/adieztyfersa

Adiez berusaha menjaga kesehatan dan pola makan semaksimal mungkin agar semua program benar-benar berjalan dengan lancar. 

Melalui Instagram pribadinya, Adiez sempat membagikan beberapa cerita terkait catering khusus program IVF. Adiez tidak khawatir karena menu-menu yang diberikan begitu variatif dan memenuhi gizi seimbang, sehingga dapat menunjang kesuburan dan program IVF selama di rumah. 

Sebenarnya ada beberapa rekomendasi makanan yang bernutrisi tinggi dan bermanfaat selama program IVF, yakni: 

  • Sumber zinc alami yang dikonsumsi selama program dapat membantu menyeimbangkan level hormon. Zinc secara alami dapat bersumber dari produk susu, biji-bijian, kentang, kacang-kacangan serta daging merah seperti daging sapi.
  • Karbohidrat perlu dikonsumsi untuk memasok sejumlah energi ke dalam tubuh agar dapat menjalani berbagai aktivitas. 
  • Asam folat juga diperlukan selama program agar embrio terbentuk sehat dan bebas dari gangguan perkembangan. Asam folat bisa ditemukan dari bayam, brokoli, kiwi, daging unggas dan susu. 
  • Pilihlah jenis lemak yang sehat agar tubuh memiliki cadangan energi.

Selain itu, asupan buah-buahan bernutrisi juga membantu agar program IVF bisa meningkatkan peluang keberhasilan.

3. Adiez memberikan sebuah pujian untuk Gilang Dirga karena telah menjadi suami siaga

3. Adiez memberikan sebuah pujian Gilang Dirga karena telah menjadi suami siaga
Instagram.com/adieztyfersa

Ketika sudah menjalani tindakan embryo transfer tepat di bulan Juli, Adiez sempat bercerita kalau dirinya cukup stres ketika membaca artikel mengenai 2ww. 

Perlu diketahui bahwa 2ww merupakan istilah atau singkatan dari 2 weeks wait. Ketika sedang menjalani prosedur IVF, momen 2 minggu ini dirasa cukup mendebarkan karena calon mama tetap harus santai dan rileks. 

Selama 2ww biasanya tubuh pun sudah mulai diperlakukan seperti orang hamil, sehingga perlu banyak istirahat dan mengonsumsi berbagai macam makanan yang bergizi.

"Mungkin karena bosen harus bed rest, gak bisa aktivitas normal, deg-degan nunggu hasil embrio yang sudah ditanam akan berkembang atau nggak, ditambah jadi super-hormonal karena banyak obat atau vitamin hormon yang kita konsumsi. Jadi, SUAMI ADALAH KOENTJI," tulis Adiez dalam unggahannya.  

Adiez mengubah pola pikirnya bahwa proses yang dijalani tersebut bukanlah usaha sendiri, melainkan usaha bersama dengan sang Suami. 

"Ini usaha bersama untuk punya anak bersama juga, jadi tugas suami nggak selesai setelah donor aja. Tapi juga harus ‘cheer his wife up and sending positive vibes’, plus sabar-sabar kalau istrinya lagi jadi ‘total b*tch’ karena hormon. And I salute you, Sir! @gilangdirga," kata Adiez. 

Berdasarkan pengalamannya sendiri, Adiez memberikan apresiasi kepada sang Suami karena begitu sabar dan mau memenuhi segala kebutuhannya selama menjalani program bayi tabung

Usaha keduanya pun sekarang telah membuahkan hasil, Adiez telah memberikan kabar bahagia kalau ia sudah hamil. 

Semoga kehamilan Adiez kali ini bisa diberikan kesehatan hingga proses persalinan nanti ya, Ma.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.