6 Manfaat Buah Matoa untuk Kehamilan yang Perlu Diketahui

Dapat mencegah serangan jantung dan penyakit kanker

20 September 2019

6 Manfaat Buah Matoa Kehamilan Perlu Diketahui
Bibitbunga.com

Menjaga asupan makanan saat hamil, sangat diperlukan dari awal masa kehamilan hingga saat persalinan. Mengontrol makanan yang sehat, untuk menjaga dan merawat kesehatan nutrisi Calon Mama serta si Janin, salah satunya adalah mengonsumsi buah-buahan.

Namun, apakah kamu tahu sebelumnya tentang buah matoa? Buah khas Indonesia yang berasal dari Papua ini, memiliki banyak manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan seseorang baik yang sedang hamil ataupun tidak.

Buah matoa tumbuh pada batang yang cukup tinggi, yaitu sekitar 18 meter. Buah ini merupakan jenis tanaman yang termasuk famili dari Sapindaceae yang memiliki nama latin Pometia Pinnata. Matoa juga memiliki 2 jenis, matoa kelapa dan matoa papeda yang perbedaannya terletak pada bagian tekstur kulitnya.

Jika kamu penasaran dengan manfaatnya, kali ini Popmama.com akan membahas kandungan, manfaat, serta efek samping buah matoa yang dapat membantu kesehatan pada masa kehamilan yang perlu kamu ketahui.

Kandungan yang Terletak pada Buah Matoa

Kandungan Terletak Buah Matoa
Rumahtanaman.com

Buah matoa, memiliki kaya akan kandungan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh serta penting untuk menunjang kesehatan selama masa kehamilan. Beberapa zat gizi yang terkandung dalam buah matoa, adalah Antioksidan, Vitamin C, Vitamin E, Glukosa, serta kandungan mineral seperti kalsium dan kalium.

Selain itu, buah matoa juga memiliki beberapa kandungan senyawa penting yang sangat berguna untuk tubuh, yaitu Flavonoid, Tanin, Saponin, serta Alkaloid. Kandungan zat yang terkandung dalam matoa ini memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh serta wajah selama masa kehamilan.

Yuk, ketahui apa saja manfaat buah matoa di bawah ini!

1. Mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas

1. Mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas
Freepik/Golfcphoto

Terkenal akan kandungan antioksidannya, buah matoa dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan Antioksidan dalam buah matoa ini, dapat menjadi penangkal radikal bebas.

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat jika radikal bebas terbuang dari dalam tubuh. Mengonsumsi buah matoa ini, juga dapat mencegah berbagai penyakit sehingga membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat dan lebih prima.

2. Menekan pertumbuhan sel bakteri dalam tubuh

2. Menekan pertumbuhan sel bakteri dalam tubuh
The-star.co.ke

Senyawa yang terkandung dalam buah matoa, seperti saponin memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus Aureus dan Escherichia Coli, gangguan ini juga dicegah dengan bantuan senyawa tanin.

Tanin, dapat menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat kerja enzim dan DNA yang berpengaruh terhadap bakteri, yang menyebabkan pertumbuhan dan pembentukan sel bakteri tubuh menjadi terganggu.

Selain itu, tanin juga bisa membuat pertumbuhan sel bakteri menjadi rusak karena mengganggu kinerja protein pada lapisan dalam sel bakteri.

3. Dapat mencegah kanker dengan kandungan antioksidannya

3. Dapat mencegah kanker kandungan antioksidannya
Asianscientist.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah matoa memiliki kandungan Antioksidan yang mampu dalam menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan ini juga bisa mencegah penyakit kanker yang dapat berkembang di dalam tubuh.

Penyakit kanker dapat dipicu dari radikal bebas yang masuk ke tubuh bersama makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta udara yang tidak sehat juga dapat menyalurkan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Editors' Picks

4. Dapat mencegah atau mengurangi risiko serangan jantung

4. Dapat mencegah atau mengurangi risiko serangan jantung
Freepik

Kandungan Vitamin C dalam buah matoa, dapat mengurangi risiko ibu hamil terkena serangan jantung. Buah ini, juga dapat dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Dengan memakan buah matoa sebagai kudapan pengganti makanan berminyak atau makanan kemasan, juga dapat membantu dalam mengurangi peningkatan lemak jahat dalam tubuh yang dapat menjadi salah satu risiko penyakit jantung

5. Mengurangi stress yang berdampak pada kesehatan ibu hamil serta janin

5. Mengurangi stress berdampak kesehatan ibu hamil serta janin
Freepik

Buah matoa, dapat membantu dalam mengurangi stress yang diderita oleh perempuan yang sedang hamil. Perempuan yang sedang hamil, cenderung memiliki hormon yang sangat tinggi sehingga lebih sering sensitif serta emosi yang kurang stabil.

Perubahan emosi yang tidak menentu ini, dapat menyebabkan stres bagi ibu hamil dan juga dapat mengganggu kesehatan dari si Janin. Salah satu solusinya, adalah dengan mengonsumsi buah matoa, kandungan Vitamin E memiliki kegunaan untuk menstabilkan emosi dan suasana hati.

6. Buah matoa dapat membantu mengurangi jerawat serta mencerahkan wajah

6. Buah matoa dapat membantu mengurangi jerawat serta mencerahkan wajah
Freepik

Tidak hanya menyehatkan tubuh, buah matoa juga dapat membuat wajah menjadi lebih menawan serta menjaga keindahan kulit akibat perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Karena senyawa yang terkandung dalam buah matoa ini memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, jika dikonsumsi secara teratur, buah matoa dapat mengurangi pertumbuhan jerawat secara perlahan hingga wajah menjadi tampak lebih sehat. Buah matoa dapat membuat kulit tubuh menjadi lebih lembab dan cerah.Kandungan antioksidannya, juga dapat membantu kulit untuk melindungi dari paparan sinar UV matahari yang dapat menyebabkan munculnya noda-noda hitam pada wajah serta risiko terkena kanker kulit.

Efek Samping Buah Matoa pada Kehamilan

Efek Samping Buah Matoa Kehamilan
Freepik

Sayangnya, jika terlalu banyak mengonsumsi buah matoa dalam 1 waktu, dapat memunculkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan. Efek samping yang terjadi adalah dapat membuat kamu menjadi pusing dan terasa seperti mabuk.

Efek samping ini, diakibatkan karena buah matoa juga memiliki kandungan glukosa jenuh yang cukup tinggi. Lebih baik, jika tetap mengonsumsi buah matoa namun tetap mengontrol asupannya agar tidak berlebihan.

Nah tadi merupakan manfaat yang kamu dapatkan jika mengonsumsi buah matoa. Bagaimana, kamu ingin mencobanya?

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!