Apakah Berbahaya Minum Morning After Pill saat Sudah Hamil?

Jika sudah terkonfirmasi positif hamil, sebaiknya hentikan penggunaan morning after pill

21 Oktober 2021

Apakah Berbahaya Minum Morning After Pill saat Sudah Hamil
Freepik/jcomp

Kehamilan merupakan anugerah yang diberikan kepada pasangan suami istri. Namun, tidak semua pasangan ingin segera memiliki anak. Ada beberapa pasangan yang melakukan penundaan kehamilan dengan alasan tertentu.

Perlu diketahui bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunda kehamilan atau yang biasa disebut dengan KB (keluarga berencana). Salah satu cara dalam menjalankan program KB, yakni menggunakan alat kontrasepsi.

Namun, ada beberapa pasangan yang aktif melakukan hubungan intim tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Oleh karena itu, ada yang disebut dengan alat kontrasepsi darurat untuk pasangan yang gagal dalam program KB, contohnya dengan mengonsumsi morning after pill.

Salah satu yang mungkin menjadi pertanyaan sebagian orang, yakni "apakah after pill dapat berbahaya jika diminum oleh ibu hamil?". Kali ini Popmama.com telah merangkum informasi terkait penggunaan morning after pill.

Langsung saja simak rangkuman berikut ini yuk, Ma!

1. Apa itu morning after pill?

1. Apa itu morning after pill
Freepik/freepik

Sebelum membahas lebih jauh mengenai morning after pill, kita perlu mengetahui dulu terkait jenis pil ini dan kegunaannya.

Morning after pill atau pil pencegah kehamilan merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi darurat. Jenis pil ini digunakan untuk mencegah kehamilan bagi perempuan yang baru saja melakukan hubungan intim, apalagi tanpa menggunakan pengaman.

Biasanya morning after pill dikonsumsi ketika ada kondom yang rusak atau tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali. Meski disebut morning after pill, tetapi pil ini dapat digunakan kapan saja, baik siang atau malam hingga lima hari setelah berhubungan seks.

Editors' Picks

2. Cara kerja morning after pill

2. Cara kerja morning after pill
Freepik/karlyukav

Morning after pill merupakan hormon progestin (levonorgestrel) dosis tinggi yang dapat mencegah kehamilan.Morning after pill berbeda dengan pil aborsi. Pil aborsi digunakan setelah perempuan terkonfirmasi positif hamil, sedangkan morning after pill dapat mencegah kehamilan sebelum terjadi. 

3. Efek samping penggunaan morning after pill

3. Efek samping penggunaan morning after pill
Freepik/jcomp

Morning after pill memang dapat mencegah kehamilan sebelum terjadi. Hanya saja, ada beberapa efek samping yang dapat dialami setelah mengonsumsi morning after pill.

Berikut efek samping dari penggunaan morning after pill, antara lain: 

  • Mual
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Payudara sensitif
  • Sakit perut atau kram
  • Tubuh terasa sangat kelelahan

4. Apakah morning after pill berbahaya jika diminum ibu hamil?

4. Apakah morning after pill berbahaya jika diminum ibu hamil
Pexels/Anna Shvets

Dilansir dari Family Planning Victoriamorning after pill tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Mama dapat melanjutkan kehamilan dengan baik, meski sudah terlanjur minum after pill. Namun, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Risiko jika ibu hamil melanjutkan minum morning after pill

5. Risiko jika ibu hamil melanjutkan minum morning after pill
Freepik/tirachardz

Jenis obat hormonal apa pun yang diminum oleh ibu hamil akan sampai ke janin, termasuk pil kontrasepsi. Jadi, memang tampaknya tidak ada risiko yang dirasakan, lebih baik jika sudah hamil perlu menghentikan penggunaan morning after pill.

Nah, itulah informasi terkait morning after pill dan penggunaannya pada ibu hamil. Mama sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi yang memiliki efektivitas yang tinggi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.