Manfaat Buah Stroberi untuk Ibu Hamil

Dibalik rasanya yang segar, tersimpan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mama dan janin

15 November 2021

Manfaat Buah Stroberi Ibu Hamil
Freepik/KamranAydinov

Mengonsumsi buah-buahan bisa menjadi salah satu cara paling sehat untuk mengatasi rasa lapar selama kehamilan. Selain lezat, buah-buahan juga mengandung banyak cairan dan tidak menambah kalori yang berlebihan. 

Salah satu jenis buah yang sangat terkenal dengan kelezatan dan kesegarannya adalah stroberi. Mama mungkin pernah mengidam buah stroberi karena rasanya yang segar. Lantas, apakah stroberi aman dikonsumsi ibu hamil? Jika aman, apa saja manfaatnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum informasi seputar mengonsumsi stroberi selama kehamilan, dilansir dari Mom Junction

1. Apakah buah stroberi aman dikonsumsi ibu hamil?

1. Apakah buah stroberi aman dikonsumsi ibu hamil
Freepik/kroshka__nastya

Wajar saja jika ibu hamil selalu waspada dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan apa yang Mama makan selama kehamilan akan sangat berpengaruh pada kondisi janin di dalam perut.

Lantas, apakah stroberi aman untuk ibu hamil? Jawabannya adalah stroberi baik untuk ibu hamil karena dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Menurut UC Davis Health System, California, stroberi kaya akan vitamin C yang dapat membantu perkembangan bayi dan juga membantu Mama menyerap zat besi yang diperlukan dari makanan. Tak hanya itu, buah stroberi adalah sumber karbohidrat yang baik untuk memberi Mama energi instan.

Editors' Picks

2. Kandungan buah stroberi

2. Kandungan buah stroberi
Pixabay/AllNikArt

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah stroberi ukuran kecil setara dengan 7 gr. Secangkir buah stroberi iris bisa mencapai 166 gr, yang bisa memberikan nutrisi sebagai berikut:

  • 53 kalori 

  • 12,75 gr karbohidrat

  • 27 mg kalsium

  • 22 mg magnesium

  • 40 mg fosfor

  • 254 mg potasium

  • 40 mikrogram folat

  • 97,6 mg vitamin C

Dengan segudang nutrisi tersebut, stroberi dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi ibu hamil.

3. Manfaat buah stroberi selama kehamilan

3. Manfaat buah stroberi selama kehamilan
Freepik

Buah stroberi dapat membantu Mama memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari berbagai nutrisi. Berikut adalah manfaat yang bisa Mama dapatkan dari mengonsumsi buah stroberi:

  • Asam folat

Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Asam folat juga dapat membantu Mama dalam memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG).

  • Vitamin C 

Penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko Mama mengalami anemia. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik untuk membentuk sel darah merah.

  • Mineral

Kandungan vitamin C dan mineral pada stroberi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat menjaga Mama terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan janin.

  • Kalium

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan kalium, yaitu 2.600 hingga 2.900 mg per hari. Mama bisa mendapatkan nutrisi kalium pada stroberi yang dapat membantu menjaga tekanan darah, kesehatan otot, fungsi saraf, dan pengaturan elektrolit.

  • Nutrisi lainnya 

Stroberi juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6 dan serat. Meski dalam jumlah yang lebih sedikit, mengonsumsi buah secara rutin dapat membantu menjaga hormon, pertumbuhan janin, dan mencegah gangguan pencernaan.

4. Kemungkinan efek samping buah stroberi selama kehamilan

4. Kemungkinan efek samping buah stroberi selama kehamilan
Freepik/diana.grytsku

Meski memiliki banyak sekali manfaat, Mama harus tetap hati-hati dalam mengonsumsi buah-buahan apa pun, termasuk stroberi.

Jika Mama memiliki alergi terhadap buah stroberi, tentu saja Mama harus menghindari buah ini. Reaksi alergi biasanya termasuk peradangan dan gatal di tenggorokan atau mulut.

Selain itu, stroberi adalah salah satu makanan yang mengandung pestisida dalam jumlah tinggi. Jadi, alangkah baiknya jika Mama memilih stroberi organik untuk dikonsumsi.

5. Tips mengonsumsi stroberi di masa kehamilan

5. Tips mengonsumsi stroberi masa kehamilan
Pixabay/AllNikArt

Selain dikonsumsi langsung dan utuh, masih ada cara lain yang bisa Mama coba untuk mengonsumsi buah stroberi. Mama bisa membuat selai, sirup, dan jeli dari buah stroberi segar. Stroberi juga cocok dinikmati dengan roti, pancake, dan muffin.

Selain stroberi utuh, stroberi kering juga nikmat untuk ditambahkan ke salad buah. Mama juga bisa menambahkan stroberi iris ke yoghurt tawar. 

Terlepas dari cara Mama mengonsumsinya, stroberi segar dan utuh dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih maksimal.

Nah, itulah informasi seputar mengonsumsi buah stroberi selama kehamilan. Pastikan Mama telah mencucinya dengan bersih sebelum mengonsumsinya. Konsultasikan dengan dokter jika Mama ragu mengonsumsi buah stroberi selama kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.