7 Menu Makanan Penuh Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda

Asparagus dan ayam cocok untuk mengurangi morning sickness nih!

8 Agustus 2019

7 Menu Makanan Penuh Nutrisi Ibu Hamil Muda
Freepik.com

Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting untuk selalu dijaga serta diperhatikan. Terlebih pada usia kandungan muda yang baru mencapai trimester pertama. Pola makanan yang ibu hamil konsumsi harus lebih diperhatikan lagi.

Saat masa kehamilan, pusat makanan janin adalah makanan yang Mama konsumsi. Jadi penting untuk memperhatikan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa yang harus dihindari. 

Tidak hanya ibu hamil, peran keluarga juga penting dalam mengetahui makanan sehat apa yang baik untuk sang Mama dan janin agar mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain mengonsumsi susu hamil, saat trimester pertama ibu hamil juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, asam folat, dan kandungan baik lainnya. Lalu apa saja ya menu makanan untuk ibu hamil di trimester pertamanya?

Berikut Popmama.com telah merangkumnya buat kamu. Disimak ya!

1. Telur kaya akan vitamin D

1. Telur kaya akan vitamin D
Freepik/pkproject

Seperti yang sudah diketahui bahwa telur memiliki banyak kandungan diantaranya protein, vitamin D, dan kalsium, sehingga salah satu jenis makanan ini bisa menjadi makanan lengkap untuk ibu hamil. Telur juga memiliki kandungan kolin yang mampu mempertahankan perkembangan saraf otak janin dalam rahim.

Telur juga menjadi salah satu bahan serbaguna yang bisa diolah berbagai masakan, agar tidak bosan kamu bisa mencoba berbagai jenis menu masakan untuk tetap mendapatkan manfaatnya. Baik dengan direbus, digoreng, orak-arik, dan lain sebagainya sesuai selera mu.

2. Salmon dapat penuhi kebuthan kalsium ibu hamil

2. Salmon dapat penuhi kebuthan kalsium ibu hamil
Freepik/User14607558

Ibu hamil memang tidak dianjurkan mengonsumsi makanan laut seperti udang atau kepiting, hal ini karena takut akan mengalami alergi.

Tetapi jika kamu menyukai makanan laut, tidak pelru khawatir. Salmon ternyata baik dikonsumsi karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi, asam lemak omega-3, dan vitamin D. Salmon merupakan salah satu makanan laut yang aman untuk ibu hamil trimester pertama.

Kandungan sam lemak omega 3 yang terdapat pada salmon ternyata mampu menunjang perkembangan otak janin sehingga bayi yang dilahirkan nantinya memiliki kemampuan otak yang lebih baik, serta membantu menghindari risiko kelahiran prematur.

3. Ayam penuh dengan zat besi bagus dikonsumsi untuk hamil muda

3. Ayam penuh zat besi bagus dikonsumsi hamil muda
Freepik/Aloutte2019

Daging ayam termasuk salah satu makanan yang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan, sebab daging ayam merupakan sumber protein dan zat besi yang membantu kamu mencukup kebutuhan mineral dan mempertahankan tingkat hemoglobin saat hamil.

Selain kandungan protein dan zat besi, kuah sup kaldu ayam tenyata dapat menjadi obat ketika mulai merasa mual melawan morning sickness, lho!

Banyak sekali menu makanan berbahan dasar daging ayam, kamu bisa mengkreasikannya sesuai selera. Tetapi lebih baik jika dimasak dengan cara direbus atau dikukus tanpa kulit  ya, hal ini untuk mengurangi lemak agar lebih sehat.

Editors' Picks

4. Bayam mengandung asam folat yang dibutuhkan ibu hamil

4. Bayam mengandung asam folat dibutuhkan ibu hamil
Freepik/Lblinova

Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki banyak kandungan diantaranya kalsium, zat besi, dan asam folat yang sangat baik dikonsumsi pada ibu hamil.

Selain kaya akan folat yang baik untuk mempersiapkan persalinan. Pada masa kehamilan trimester pertama banyak ibu hamil yang mengalami anemia karena tubuh membutuhkan zat besi tambahan untuk membantu janin tumbuh. Bayam bisa menjadi pilhan untuk mengatasi hal tersebut.

Yuk, coba kreasikan sayur bayam sesuai dengan selera mu.

5. Asparagus bisa jadi pilihan atasi mual

5. Asparagus bisa jadi pilihan atasi mual
Freepik/Agent_lavender

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, hal ini karena kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sang Mama dan janinnya.

Salah satu kandungan dalam asparagus adalah memiliki banyak vitamin D yang bisa menjadi obat untuk morning sickness. 

Kamu bisa mencampurkan telur dan asparagus sebagai menu sehat yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama mu.

6. Brokoli berperan menangkal radikal bebas

6. Brokoli berperan menangkal radikal bebas
Freepik/gdolgikh

Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang baik dikonsumsi pada saat hamil adalah brokoli

Sayur yang menyerupai kembang kol ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan selama kehamilan, diantaranya kalsium, asam folat, serat, vitamin C, dan antioksidan tinggi yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan melawan berbagai penyakit.

Brokoli juga dpat membantu tubuh menyerap zat besi, menghilangkan rasa sembelit, dan mencegah bayi lahir prematur.

7. Kacang almond jadi andalan cemilan ibu hamil

7. Kacang almond jadi andalan cemilan ibu hamil
Freepik/gdolgikh

Selain sayur dan daging-dagingan, kacang-kacangan juga sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan trimester pertama. Salah satunya kacang almond.

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Kandungan tersebut dapat membantu ibu hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama. Kamu bisa menjadikannya dalam berbagai olahan mulai dari makanan berat hingga sebagai cemilan sehat. 

Itulah 7 menu makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan trimester pertama, tetap perhatikan kandungan nutrisi apa saja yang perlu dikonsumsi agar janin tetap bisa tumbuh kembang secara baik dan sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;