Kehamilan Minggu Kedua

Inilah yang terjadi pada rahim mama.

5 Desember 2017

Kehamilan Minggu Kedua
www.buzzativ.com

Bagaimana Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Kedua?

Minggu kedua merupakan proses inti dari terjadinya kehamilan. Tubuh kamu mulai siap memasuki tahap pembenihan. Setelah di minggu pertama, kamu sudah melewati periode menstruasi, maka di minggu kedua akan terjadi proses sel telur bertemu dengan sperma.

Cukup dengan bantuan 1 sperma dari sekitar 250 juta dalam sekali rata-rata ejakulasi untuk membuahi sel telur. Setelah itu lapisan rahim akan menebal. Hasil positif sebuah kehamilan bermula dari sini.

Sejak minggu pertama, estrogen dan progesteron mendorong rahim untuk membentuk lapisan jaringan yang mengandung banyak darah. Setelah itu ovulasi terjadi.

Salah satu telur kamu telah pecah dari folikel kemudian disapu ke dalam tuba falopi. Jika ada sperma yang tercampur pada tuba falopi maka ini menjadi sebuah permulaan kehamilan.

Komunikasikan dengan pasangan kamu untuk mempersiapkan diri. Proses ini membutuhkan kerjasama yang baik antara kamu dan pasangan. Proses pembenihan sangat menentukan, lakukan dengan keadaan yang menyenangkan bagi kamu dan pasangan.

Jika kamu benar-benar sangat menginginkan segera memiliki bayi, pastinya kamu sudah siap menghadapi kehamilan. Saat ini pasti akan menjadi minggu yang penuh harap-harap cemas.

Bagaimana Kehamilan Minggu Kedua Mengubah Kehidupan Mama?

Terdapat 46 kromosom yang membangun material genetika dalam tubuh seseorang. Dari keseluruhan, terdapat 2 kromosom yang menentukan jenis kelamin calon bayi kamu. Ini disebut dengan kromosom seks. Salah satu kromosom datang dari sperma dan satunya lagi datang dari telur. Telur hanya memiliki 1 kromosom yang disebut kromosom X, dan sperma memiliki 2 kromosom, yaitu kromosom Y dan kromosom X.

Jika calon bayi kamu dibuahi dengan kromosom XY, maka kamu akan mendapatkan bayi jenis kelamin laki-laki. Jika calon bayi dibuahi dengan kromosom XX, makan calon bayi kamu akan mendapatkan bayi berjenis kelamin perempuan.

Sperma yang dilepaskan saat berhubungan intim akan berenang menuju sel telur kamu. Salah satu sperma yang berhasil melewati fase pembenihan maka akan mebuahkan hasil. Jika kamu melalui tahap ini dengan baik, maka fase ini akan mengubah hidup kamu dan kamu akan segera menjadi mama.

Editors' Picks

Apa yang Dirasakan Saat Kehamilan Minggu Kedua?

Umumnya seorang perempuan belum menyadari kehamilannya di minggu kedua. Mereka akan menyadarinya setelah diatas minggu keempat. Tapi jika kamu sudah siap untuk memiliki bayi, sangat penting untuk menjaga kehamilan di minggu kedua.

Untuk pasangan yang sudah melakukan hubungan intim sehabis masa subur, bisa periksakan kehamilan setelah jeda 1 minggu dari waktu berhubungan intim. Melakukan tes kehamilan  untuk mengetahui apakah kamu positif atau negatif. Segera konsultasikan dengan dokter kandungan kamu.

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu Kedua?

Kamu harus menabung asam folat dalam tubuh kamu. Kamu juga perlu susu perencanaan kehamilan, karena di dalamnya mengandung banyak asam folat dan nutrisi lain yang dibutuhkan pada kehamilan minggu kedua. Perbanyak konsumsi makanan kaya akan nutrisi, mulai dari sayuran, buah-buahan, protein nabati maupun hewani.