10 Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

Bayam sangat baik bagi ibu hamil karena kaya akan mineral, vitamin, zat besi, dan protein

25 Februari 2019

10 Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil
Pexels/rawpixel.com

Saat hamil, tubuh kamu akan membutuhkan ekstra nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Bayam, jadi salah satu sayuran yang sangat cocok untuk dinikmati saat khamil karena berbagai nutrisi ada di dalamnya.

Bayam merupakan tanaman dari keluarga Amaranthaceae, didalamnya terdapat kandungan mineral, vitamin, zat besi, dan protein yang diperlukan. Kandungan ini dianggap baik untuk kesehatan tulang, rambut, dan kulit.

Terdapat beberapa manfaat bayam yang sangat baik bagi ibu hamil lho. Check it out!

1. Dapat minimalisir anemia

1. Dapat minimalisir anemia
Pexels/kaboompics.com

Jantung ibu hamil biasanya bekerja lebih keras untuk memberikan makanan yang cukup bagi bayi dalam kandungan.

Ketika hamil, volume darah dalam tubuh naik 30 hingga 50% dengan mengambil lebih banyak zat besi dan asam folat.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Mengonsumsi bayam secara teratur adalah cara alami untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Cobalah untuk menikmati sayur bayam yang segar untuk memberikan nutrisi ini.

2. Mengatur tekanan darah

2. Mengatur tekanan darah
Pexels/kaboompics.com

Saat hamil, kamu akan mengalami tekanan darah tinggi dan rendah. Peningkatan kadar kalsium dapat menyebabkan tekanan darah rendah, sedangkan kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan hipertensi pada kehamilan. Pada bayam kamu akan mendapatkan kebaikan dari kalsium yang membantu menjaga kadar tekanan darah pada kehamilan.

3. Meringankan rasa sakit

3. Meringankan rasa sakit
Pexels/Sydney Troxell

Daun bayam mengandung sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-proliferasi yang membantu dalam menghilangkan rasa sakit selama kehamilan.

4. Memperkuat gigi dan tulang

4. Memperkuat gigi tulang
Pexels/Daria Shevtsova

Ibu hamil membutuhkan kalsium yang cukup untuk gigi dan tulang yang kuat. Mengonsumsi bayam selama kehamilan dapat membantu memenuhi kalsium. Bayam juga dikenal untuk meningkatkan fungsi otot, saraf, dan peredaran darah. Wah, super lengkap ya nutrisinya!

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pexels/esigie

Bayam jadi sumber vitamin A dan C, vitamin tersebut dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh selama kehamilan. Ini juga membantu dalam mengembangkan penglihatan dan sel-sel bayi. 

Editors' Picks

6. Cegah kelainan kelahiran

6. Cegah kelainan kelahiran
Pixabay/ponce_photography

Seperti kita ketahui bahwa folat sangat penting selama awal kehamilan untuk perkembangan bayi dan untuk mencegah kelainan seperti spina bifida.

Bayam mengandung folat yang sangat alami, ini sangat baik untuk kehamilan dan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

7. Bantu mengobati asma

7. Bantu mengobati asma
Pexels/Lisa Fotios

Mengonsumsi antioksidan yang rendah dalam kehamilan dapat menyebabkan alergi dan asma. Bayam adalah sumber vitamin C dan karoten yang baik yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah masalah pernapasan.

Jika Mama memiliki asma, mengonsumsi bayam dapat menjadi pilihan yang baik.

8. Baik untuk perkembangan janin

8. Baik perkembangan janin
Pexels/Rodolfo Quirós

Ibu hamil membutuhkan vitamin A untuk pemeliharaan jaringan dan perkembangan janin. Kekurangannya dapat meningkatkan kemungkinan morbiditas bayi dan perkembangan yang lebih lambat. Makan bayam saat hamil dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kehamilan yang aman dan bayi yang sehat.

9. Berfungsinya sistem saraf janin dengan benar

9. Berfungsi sistem saraf janin benar
almanac.com

Mengonsumsi bayam selama kehamilan membantu ibu hamil mendapatkan vitamin B yang memadai, yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

10. Mengurangi penyebab konstipasi

10. Mengurangi penyebab konstipasi
Pixabay/Evitaochel

Ibu hamil mungkin mengidap wasir, yang merupakan penyebab umum konstipasi. Bayam bisa jadi pilihan untuk meringankan konstipasi. Wasir dapat diatasi dengan mengonsumsi serat yang terdapat pada bayam.

Meskipun bayam baik dikonsumsi ibu hamil, sebaiknya konsumsi bayam sekitar setengah cangkir perhari. Konsumsi bayam yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan efek samping tertentu.

Yuk Ma, konsumsi bayam saat hamil!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!