Hamil Muda, Zaskia Sungkar Curhat Alami Mual Parah hingga Muntah

Zaskia Sungkar merasakan mual sepanjang hari hingga muntah selama trimester pertama kehamilannya

17 September 2020

Hamil Muda, Zaskia Sungkar Curhat Alami Mual Parah hingga Muntah
Instagram.com/irwansyah_15

Setelah menanti momongan hampir 10 tahun, Zaskia Sungkar berhasil hamil dengan metode IVF atau bayi tabung. Saat ini Zaskia tengah menikmati dirinya yang sedang hamil muda.

Usia kandungan Zaskia kini diperkirakan memasuki 10 minggu. Namun, bukan tanpa kendala ternyata Zaskia kerap mengalami mual dan muntah. Hal itu ia ceritakan kepada penggemar lewat vlog pribadinya dengan sang Suami, Irwansyah.

Bagaimana cara Zaskia menghadapi kehamilan di trimester pertamanya? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Zaskia Sungkar mual sepanjang hari dan muntah

1. Zaskia Sungkar mual sepanjang hari muntah
Instagram.com/irwansyah_15

Layaknya banyak ibu hamil di trimester pertama kehamilan, Zaskia Sungkar ternyata mengalami mual dan muntah. Sayangnya, ia tak hanya sekedar mengalami morning sickness atau mual di pagi hari.

Diungkapkan dalam vlognya bersama Irwansyah, perempuan yang akrab disapa Kia ini mengalami mual sepanjang hari.

“Parah mual, alhamdulillah. Biasanya itu mualnya pagi aja kan, aku tuh kedapatan mualnya sampai lama, Masyaallah alhamdulillah disyukurin,” ujar Zaskia Sungkar dalam video Youtubenya pada Kamis (10/9/2020) lalu itu.

Ia menyebut kondisi mualnya itu belum ada tanda-tanda membaik. Justru memburuk beberapa hari terakhir dibandingkan sebelumnya.

"Ini lagi parah-parahnya. Aku biasanya kemarin sempat pagi doang. ini sampai siang masih mual juga," kata Zaskia Sungkar.

Editors' Picks

2. Setiap satu jam perut Zaskia merasa lapar

2. Setiap satu jam perut Zaskia merasa lapar
Instagram.com/irwansyah_15

Hamil muda tidak hanya membuat Zaskia mual-mual dan muntah. Ia juga kerap merasa lapar. Karena kondisinya ini membuat perut Zaskia harus sering diisi makanan sedikit-demi sedikit. 

"Aku sejam sekali laper, harus diisi," ujar Zaskia.

Diungkapkan Zaskia Sungkar kalau perutnya juga terasa perih seperti sakit mag. Namun, di satu sisi ia tetap merasa mual. Untuk menghibur sang Istri, Irwansyah pun berusaha memenuhi segala kebutuhan dan keinginan Zaskia.

3. Meski seharian mual, Zaskia tetap bahagia dan bersyukur

3. Meski seharian mual, Zaskia tetap bahagia bersyukur
Youtube/The Sungkars Family

Kondisi Zaskia tersebut dibenarkan oleh sang Suami, Irwansyah. Laki-laki yang menikah dengan Zaskia Sungkar pada tahun 2011 lalu ini mengungkapkan bahwa mual-mual Zaskia sudah ada sejak pagi hari.

“Jadi, Zaskia bangun-bangun tidur itu udah 'Aduh aku mual' segala macem,” jelas Irwansyah.

Meski begitu, Zaskia sebagai calon mama tetap bahagia dan bersyukur. Mengingat ketika ia mencoba riset sendiri, kondisi mual-mual umum terjadi pada masa kehamilan awal.

Zaskia justru merasa bahagia sebagai Mama karena melewati proses ini.

“Aku baca berapa persen ibu hamil di awal kehamilan itu pasti muntah sama mual. Nah ada yang morning sickness doang, ada yang all day. Terus gue kedapatan yang mual seharian, sampai muntah-muntah," Zaskia Sungkar.

4. Penyebab mual dan mutah selama hamil muda

4. Penyebab mual mutah selama hamil muda
Pexels/Andrea Piacquadio

Kondisi mual dan muntah pada ibu hamil di trimester pertama memang umum dirasakan. Hal ini karena setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Biasanya ibu hamil mengalami setidaknya morning sickness atau mual di pagi hari. Namun, perlu diketahui kalau mual dan muntah pada ibu hamil bisa dialami kapan saja.

Berikut beberapa penyebab mual saat hamil muda, yang bisa Mama alami: 

  • Adanya peningkatan kadar hormon estrogen.
  • Sensitivitas ibu hamil terhadap tubuhnya menjadi meningkat. 
  • Terlalu lelah dan terlalu memaksakan diri untuk menjalani berbagai aktivitas.
  • Kesiapan tubuh yang masih kurang ini terutama terjadi saat kehamilan pertama.  
  • Sensitivitas terhadap aroma atau bau tertentu, sehingga meningkatkan rasa mual. 
  • Kekurangan vitamin B6 di dalam tubuh. Vitamin B6 yang cukup selama hamil mampu mengatasi permasalahan anemia, mencegah risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol tinggi, hingga mengurangi morning sickness.

Asam lambung juga bisa memicu terjadinya rasa mual pada ibu hamil. Seseorang yang mengalami asam lambung biasanya mengalami gejala seperti bersendawa dan batuk akibat refluks asam, sehingga menyebabkan rasa mual dan muntah

5. Cara mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil

5. Cara mengatasi mual muntah ibu hamil
Freepik

Keluhan mual dan muntah hampir dirasakan semua ibu hamil. Ini menjadi tantangan saat hamil muda. Menurut dr. Marjorie Greenfield, ahli kandungan dan penulis The Working Woman's Pregnancy Book, sekitar 70 persen perempuan mengalami mual di awal kehamilannya, dan sekitar 50 persen mengalami muntah.

Frekuensi mual dan muntah setiap ibu hamil berbeda. Jika Mama sedang hamil dan mengalami hal yang sama seperti Zaskia Sungkar, Mama bisa melakukan cara ini untuk mengurangi mual dan muntah:

  • Menghindari hal yang membuat mual
  • Mencium aroma wewangian segar
  • Cukupi kebutuhan cairan
  • Makan sedikit demi sedikit
  • Konsumsi jahe atau permen jahe
  • Cukup istirahat
  • Lakukan pijat lembut di bagian telapak tangan bagian sela-sela ibu jari dan telunjuk
  • Hindari segala asupan makanan yang berlemak dan mengandung banyak gula

Itulah tadi curhat Zaskia Sungkar yang mengalami mual dan muntah selama hamil muda anak pertama. Masalah yang dialami Zaskia masih umum dirasakan ibu hamil. Namun, jika bertambah parah atau membuat Mama kesulitan beraktivitas maka bisa segera konsultasi ke dokter, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.